Follow Us

Jawaban Tentukan Ide Pokok dari Masing-masing Paragraf Bacaan Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 20 Agustus 2021 | 23:30
Harimau sumatera adalah salah satu fauna Indonesia. Ini jawaban tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan beragamnya flora dan fauna Indonesia .
Editor

Harimau sumatera adalah salah satu fauna Indonesia. Ini jawaban tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan beragamnya flora dan fauna Indonesia .

Fotokita.net - Berikut jawaban tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan beragamnya flora dan fauna Indonesia yang menjadi soal buku tematik kelas 5 SD halaman 97.

Tema 1 Kelas 5 SD/MI ini membahas tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia.

Pertanyaan dan soal halaman 97 merupakan materi Pembelajaran 4 Subtema 2 tentang Manusia dan Lingkungan.

Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia

Indonesia sangat kaya dengan keragaman flora dan fauna. Keanekaragaman hayati Indonesia bahkan termasuk tiga besar dunia bersama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika.

Jumlah spesies tumbuhan di Indonesia mencapai 8 ribu spesies yang sudah teridentifikasi dan jumlah spesies hewan mencapai 2.215. Terdiri atas burung, reptil, mamalia, dan kupu-kupu.

Baca Juga: Jawaban Ceritakan Fenomena Alam Angin Muson di Indonesia Kelas 5 Tema 1

Banyak faktor yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia, seperti iklim. Iklim memiliki peranan penting bagi persebaran flora dan fauna di setiap daerah. Dalam iklim terdapat faktor kelembaban, suhu udara, dan angin.

Kelembaban udara dan suhu udara sangat penting bagi pertumbuhan fisik tumbuhan, sedangkan angin dapat mempengaruhi proses penyerbukan pada tumbuhan. Sebagai contoh, tumbuhan yang berada di iklim tropis akan tumbuh subur sepanjang tahun karena memiliki sinar matahari dan curah hujan yang cukup.

Jika tumbuhan dapat hidup dengan baik di suatu daerah maka akan memancing hewan-hewan untuk datang, karena tumbuhan merupakan bahan makanan yang penting bagi sebagian besar hewan.

Bukti dari pernyataan tersebut dapat dilihat dan dibandingkan antara daerah dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia dibandingkan dengan daerah gurun yang curah hujannya sangat kecil. Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan dengan keanekaragaman flora dan fauna daerah gurun.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular