Follow Us

Miris! 7 Foto Satelit Ini Rekam Kerumunan Warga Afghanistan di Bandara Kabul, Putus Asa Tak Bisa Kabur dari Rezim Taliban

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 17 Agustus 2021 | 09:55
Ribuan warga Afghanistan menyesaki bandara internasional Hamid Karzai di Kabul. Foto satelit merekam kerumunan warga yang putus asa.
Instagram

Ribuan warga Afghanistan menyesaki bandara internasional Hamid Karzai di Kabul. Foto satelit merekam kerumunan warga yang putus asa.

Fotokita.net - Foto satelit yang baru dirilis oleh Maxar merekam kerumunan warga Afghanistan di bandara internasional Hamid Karzai di Kabul. Ribuan orang itu putus asa tak bisa kabur dari rezim Taliban.

Kerumunan warga Afghanistan yang putus asa mencoba kabur dari rezim Taliban terus bertembah pada Selasa (17/8/2021). Saat ini, wilayah udara Afghanistan dinyatakan ditutup dan jumlah penerbangan pun semakin minim.

Sejak Taliban menaklukan Kabul Minggu (15/8/2021) kepanikan warga terjadi di seluruh negeri. Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pun sudah lebih dulu pergi dari istana mewahnya ke luar negeri. Katanya, ia menghindari pertumpahan darah sesama saudaranya.

Taliban memasuki Kabul pada hari Minggu, setelah menaklukkan seluruh negara dalam beberapa pekan terakhir. Bandara merupakan satu-satunya tempat di mana bendera republik Afghanistan masih berkibar, tetapi Taliban sudah dikerahkan tak jauh dari sana.

Pasukan keamanan Afghanistan dan pekerja Afghanistan lainnya di bandara meninggalkan pos mereka pada hari Minggu. Mereka dibiarkan tanpa makanan atau air, orang-orang yang berlindung di terminal banyak yang tidak memiliki paspor atau pemesanan.

Semua penerbangan sipil telah dibatalkan, sehingga satu-satunya harapan mereka adalah mendapatkan penerbangan yang disewa oleh pemerintah asing dan perusahaan serta organisasi swasta.

Baca Juga: Tragis, Foto Ini Rekam 2 Warga Afghanistan Jatuh dari Pesawat Militer AS Usai Coba Kabur dari Negeri Taliban

Militer AS diketahui mengirimkan 6.000 tentaranya ke bandara Kabul untuk mengamankan evakuasi personel kedutaan AS dan warga-warga Afghanistan yang membantu AS baik sebagai penerjemah maupun dalam peran penting lainnya selama dua dekade terakhir. Sementara yang lainnya tetap siaga di Kuwait.

Bandara Kabul menjadi satu-satunya titik keluar bagi warga Afghanistan di negara yang terkurung daratan yang putus asa untuk melarikan diri dari rezim Taliban.

Sejak Minggu, kondisi bandara Kabul telah kacau. Kerumunan itu menyebabkan kekacauan di bandara karena tak terkendali. Kekacauan ini bahkan membuat 5 orang tewas. Belum diketahui apakah karena ditembak oleh pasukan AS atau karena terinjak-injak.

Kerumunan meningkat pada hari Senin ketika wilayah udara Afghanistan ditutup dan jumlah penerbangan semakin minim. Setidaknya dua orang yang mencoba pergi dengan berpegangan pada sayap pesawat jatuh hingga tewas.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest