Follow Us

Begini Cara Download Vaksinasi Covid-19 Format Baru, Gampang Banget!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 05 Juli 2021 | 14:26
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Cuma pakai KTP kita sudah bisa ikut vaksinasi Covid-19 di mana saja.
Instagram

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Cuma pakai KTP kita sudah bisa ikut vaksinasi Covid-19 di mana saja.

Fotokita.net - Vaksinasi Covid-19 terus digenjot pemerintah. Begini cara download vaksinasi Covid-19 format baru.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mensyaratkan sertifikat vaksinasi Covid-19 bersama hasil tes RT-PCR dan hasil tes swab antigen dalam perjalanan jarak jauh.

Penerapan PPKM Darurat selama 3-20 Juli 2021 memang sudah ditetapkan bersama sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai syarat perjalanan jarak jauh.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, syarat ketat wajib vaksinasi Covid-19 merupakan upaya menekan mobilitas orang.

Baca Juga: Warga Se-Indonesia Tertipu, Dikira Hilangkan Efek Vaksin Minum Air Kelapa Justru Bikin Tubuh Jadi Seperti Ini

Nadia menyebutkan, karena ada persyaratan ketat ini, orang dengan urusan tak terlalu mendesak akan tetap tinggal di tempat dan tidak melakukan mobilitas.

"Prinsip PPKM Darurat mengurangi mobilitas, jadi sebenarnya yang tidak perlu (bergerak) tidak melakukan perjalanan," kata Nadia, Sabtu (3/7/2021).

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Efek Samping Bisa Hilang

Bagi warga yang sudah menerima vaksin Covid-19 dapat mengakses sertifikat bukti vaksinasi melalui SMS yang dikirim oleh 1199.

SMS akan masuk ke nomor ponsel yang didaftarkan saat melakukan vaksinasi, dan berisi link untuk mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19.

Apabila baru mengikuti vaksinasi pertama, akan ditampilkan pula informasi terkait jadwal dan lokasi vaksinasi kedua.

Selain melalui SMS, sertifikat vaksinasi Covid-19 juga bisa diakses melalui website pedulilindung.id atau aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di ponsel.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest