Follow Us

Warga Se-Indonesia Tertipu, Dikira Hilangkan Efek Vaksin Minum Air Kelapa Justru Bikin Tubuh Jadi Seperti Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 05 Juli 2021 | 09:37
Minum air kelapa untuk menghilangkan efek vaksin Covid-19, dokter ahli justru mengatakan kondisi jadi seperti ini.
Istimewa

Minum air kelapa untuk menghilangkan efek vaksin Covid-19, dokter ahli justru mengatakan kondisi jadi seperti ini.

Fotokita.net - Baru-baru ini kembali muncul kabar orang ramai-ramai minum air kelapa untuk menghilangkan efek vaksin Covid-19. Namun, dokter spesialis penyakit dalam menyebutkan bahwa minum air kelapa justru membikin tubuh jadi seperti ini.

Vaksinasi Covid-19 merupakan vaksinasi terhadap virus Corona yang dapat memberikan kekebalan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut, yaitu covid-19.

Dengan diberikannya vaksin ini, risiko penularan penyakit covid-19 akan menurun, begitu juga dengan keparahan penyakit apabila terjangkit, serta individu yang sudah tervaksinasi ini dapat melindungi populasi rentan yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi.

Baca Juga: Bahaya! Hentikan Kebiasaan Minum Air Kelapa Bila Tubuh Kita Sedang dalam Kondisi Ini, Bisa Mengancam Nyawa

Menurut dokter Talitha Najmillah Sabtiari, pada dasarnya, vaksinasi covid-19 relatif sama dengan vaksinasi penyakit lainnya terutama vaksinasi influenza, seperti efek samping yang muncul, dan interaksi obat lainnya.

Efek samping yang muncul dapat berupa efek samping lokal seperti nyeri pada daerah suntikan, dan efek samping sistemik seperti demam dan menggigil yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Warga Satu Indonesia Tak Tahu, Dikira Bagus Disantap Setiap Hari, Makanan Ini Malah Sebabkan Kemandulan Hingga Kanker

Selain itu, interaksi vaksin dengan obat lain atau konsumsi zat tertentu relatif jarang terjadi, kecuali dengan vaksin influenza dan obat-obatan seperti aminopirin, teofilin.

Dokter Talitha menjelaskan hal itu saat mendapatkan pertanyaan, setelah kita suntik vaksin covid-19 boleh minum air kelapa? "Sehingga, minum air kelapa dapat dilakukan setelah suntik vaksin. Tapi, jangan lupa untuk memonitor efek samping yang terjadi setidaknya 30 menit setelah vaksinasi," tukas dokter Talitha.

Sementara itu, spesialis penyakit dalam Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Edi Hidayat, mengatakan fenomena masyarakat yang meminum air kelapa sebelum atau sesudah menerima suntikan vaksin COVID-19 untuk menetralisasi fungsi vaksin sama sekali tidak benar dan hanya mitos.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Efek Samping Bisa Hilang

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest