Follow Us

Makna dan Arti 5 Lambang Pancasila yang Menjadi Dasar Negara, Kita Wajib Tahu!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 24 Mei 2021 | 05:15
Petugas membersihkan area Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (30/9/2020). Makna dan arti 5 lambang Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.
ANTARA FOTO

Petugas membersihkan area Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (30/9/2020). Makna dan arti 5 lambang Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Fotokita.net - Berikut makna dan arti 5 lambang Pancasila yang menjadi dasar negara. Sebagai warga negara, kita wajib mengetahuinya.

Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi salah satu pilar kebangsaan Indonesia.

Pancasila menyatukan bangsa Indonesia yang berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke.

Garuda Pancasila merupakan lambang negara bangsa Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang dijadikan sebagai dasar ideologi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Jadi Dasar Negara Indonesia, Inilah Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila yang Wajib Kita Ketahui

Tanggal 1 Juni dikenal sebagai Hari Lahir Pancasila. Dasar tanggal 1 Juni menjadi kelahiran dasar negara kita karena ketika itu Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno tahun 1945.

Diawali, adanya Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang mengadakan sidang pertama, dimulai pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945.

Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara.

Baca Juga: Arti dan Makna 5 Simbol dari Lambang Pancasila Sebagai Dasar Negara

Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepala menoleh ke kanan.

Sebagaimana dikutip situs www.indonesia.go.id, pada bagian dada terdapat perisai yang didalamnya terdapat lima lambang atau sila.

Kelima simbol tersebut adalah bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas. Tahukah kita makna lambang Pancasila itu?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest