Follow Us

Cair di Bulan Mei, Cara Cek Penerima BPUM 2021 di eform.bri.co.id/bpum, Cukup Pakai KTP dan NIK

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 07 Mei 2021 | 13:56
Program bantuan BPUM masih cair di bulan Mei 2021 yang disalurkan melalui BRI. Cek penerima secara online di eform.bri.co.id/bpum.
Istimewa

Program bantuan BPUM masih cair di bulan Mei 2021 yang disalurkan melalui BRI. Cek penerima secara online di eform.bri.co.id/bpum.

Fotokita.net - Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) kembali cair pada Mei 2021. Melihat kesuksesan program bantuan ini, pemerintah memutuskan untuk kembali mengucurkan pada tahun 2021.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Sunarso telah menegaskan bahwa dan BPUM itu murni dana hibah dari pemerintah, bukan pinjaman bank sejenis KUR dan sebagainya.

Sunarso telah dana BPUM atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bukan pinjaman modal kerja yang harus dikembalikan oleh penerima.

Baca Juga: Cek Data Penerima BPUM 2021 di eform.bri.co.id/bpum, Ini Cara Cairkan Dana BLT UMKM Rp 1,2 Juta

“Yang ramai di masyarakat dan sangat membantu masyarakat yaitu bantuan produktif untuk usaha mikro itu bukan kredit. bener-bener memang bantuan dari pemerintah,” kata dia.

Kata Sunarso, dalam hal penyaluran dana BPUM, BRI hanya bertindak sebatas menyukseskan program hibah pemerintah terhadap kelompok UKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Dengan demikian, penerima BPUM dipastikan tidak memiliki kewajiban untuk mengembalikan modal yang diterima.

Baca Juga: Masih Ada 3 Juta Kuota BLT UMKM, Cukup Siapkan NIK KTP dan Dokumen Ini, Istri PNS TNI dan Polri Boleh Ikut Daftar

“Ini tidak dicatat di neraca bank, bank hanya menyalurkan saja. Itu BPUM, BRI (hanya) menyalurkan,” tegas Sunarso.

Sunarso mengungkapkan, pada tahun 2020 realisasi penyaluran BPUM mencapai Rp 18,6 triliun. Nilai tersebut telah dinikmati oleh 7,7 juta debitur pelaku UMKM.

Kini, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang kembali dikucurkan pada tahun 2021 ini. Untuk mendapatkannya, kita perlu mengecek nama kita di dalam daftar program.

Baca Juga: Kuota Penerima Banpres Masih Jauh dari Target, Ini 5 Solusi Atasi Kendala Saat Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Dijamin Langsung Cair

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest