Follow Us

Apa Saja yang Sudah Diperjuangkannya Bagi Bangsa dan Negara? Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 22 Februari 2021 | 05:05
Apa yang menjadi penyebab peristiwa Rengasdengklok, alasan pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok?
Kompas/JB Suratno

Apa yang menjadi penyebab peristiwa Rengasdengklok, alasan pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok?

Fotokita.net - Apa yang sudah diperjuangkannya bagi bangsa dan negara? kunci jawaban soal buku tematik kelas 5 SD tema 7.

Simak kunci jawaban tema 7 kelas 5 SD/MI halaman 99 selengkapnya sebagai bagian Subtema 2 tentang Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan.

Kunci jawaban tema 7 kelas 5 SD/MI halaman 99 ini ditujukan untuk membantu orang tua mengoreksi jawaban saat anak belajar di rumah.

Baca Juga: Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI, Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 112-122

Berikut Kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 99

5. Apa saja yang sudah diperjuangkannya bagi bangsa dan negara Indonesia?

Jawaban: Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Ayo Membaca

Proklamator

Ir. Soekarno merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) dan Pahlawan Proklamator. Beliau menjadi Presiden RI sejak tahun 1945 sampai dengan 1967. Ir. Soekarno dikenal pandai berpidato dan menguasai beberapa bahasa asing sehingga dijuluki sebagai “Singa Podium”. Ir. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901. Jenjang pendidikannya dimulai dari Indische School (IS) di Tulungagung. Setelah lulus, Soekarno melanjutkan pendidikannya di Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Jawa Timur; Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS), sekarang menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Jawa Barat, dan memperoleh gelar insinyur.

Baca Juga: Peristiwa Apa Saja yang Menunjukkan Terjadinya Peristiwa Menyublim? Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 67

Drs. Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden Pertama RI (1945-1957) dan Bapak Koperasi Indonesia. Beliau juga sangat berperan dalam upaya memperoleh pengakuan dari pemerintah Belanda terhadap kedaulatan RI. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat pada tanggal 12 Agustus 1902. Jenjang pendidikannya ditempuh di Europoesche Lagere School (ELS) di Bukittinggi, Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Padang, dan Handels Middelsbare School (HMS) di Jakarta.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest