Follow Us

Cari Tahu Kepanjangan PPKI dan BPUPKI, Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 112-122

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 14 Februari 2021 | 23:05
Pembentukan BPUPKI
Via tribunnewswiki.com

Pembentukan BPUPKI

Fotokita.net - Cari tahu kepanjangan PPKI dan BPUPKI, kunci jawaban soal buku tematik kelas 5 SD tema 7 halaman 112, 115, 117, 121, dan 122.

Buku Tematik Tema 7 untuk SD kelas 5 edisi revisi 2017 ini berjudul Peristiwa dalam Kehidupan.

Subtema 2 Pembelajaran 4 dalam Buku Tematik ini berjudul Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 4 di halaman 112, 115, 117, 121, dan 122.

Baca Juga: Peristiwa Apa Saja yang Menunjukkan Terjadinya Peristiwa Menyublim? Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 67

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Ayo kita perhatikan pembahasan kunci jawaban Tema 7 Kelas 5 SD/MI Subtema 2 Pembelajaran 4 mengenai sejarah.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 SD/MI halaman 112, 115, 117, 121, dan 122. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawab soal sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

Baca Juga: Termasuk Suku Apakah Kamu? Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 41-50

Berikut kunci jawaban kelas 5 SD Tema 7 Halaman 112 115 117 121 122 Tematik Subtema 2 Pembelajaran 4 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber lainnya:

Kunci Jawaban Halaman 112

Sebagai negara yang baru lahir, Indonesia belum memiliki undang-undang dasar yang berfungsi untuk mengatur segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Kepala negara dan kepala pemerintahan yang akan menjalankan pemerintahan serta kelengkapannya juga belum ada.

Para pemimpin bangsa segera memanfaatkan dengan sebaik-baiknya lembaga yang ada pada waktu itu, yaitu PPKI yang dibentuk Jepang sejak tanggal 7 Agustus 1945 diketuai Ir. Soekarno dan wakil ketuanya Drs. Moh. Hatta. PPKI menggantikan tugas BPUPKI yang sudah berakhir. BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 April 1945. Apakah kepanjangan PPKI dan BPUPKI?

Baca Juga: Siapakah Pendusta Agama Menurut Surat Al-Maun? Ini Jawaban Soal Agama Islam Kelas 5 SD Halaman 56 dan 57

Ayo Berlatih

Cari tahu kepanjangan PPKI dan BPUPKI, lalu tuliskan pada kotak berikut.

Jawab:

Kepanjangan dari PPKI adalah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, sedangkan BPUPKI adalah Badan Penyelidik Usaha usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 2-16

Sidang pertama BPUPKI
Kompas.com

Sidang pertama BPUPKI

Kunci Jawaban Halaman 115

Ayo Berlatih

Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

  1. Apakah tugas PPKI?
  2. Apa hasil Sidang PPKI pertama?
  3. Apa tujuan pembentukan KNI?
  4. Kapan BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk?
Tuliskan 8 provinsi yang dibentuk sebagai hasil Sidang PPKI pertama!

Jawab:

  1. Tugas PPKI adalah melakukan upaya-upaya untuk persiapan kemerdekaan dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Hasil sidang PPKI pertama, antara lain:
– Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi RI.

Baca Juga: Sudahkah Menerapkan Nilai-nilai Sumpah Pemuda? Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 44-58

– Memilih presiden dan wakil presiden, Ir. Soekarno sebagai Presiden RI dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden RI.

– Tugas Presiden RI untuk sementara waktu dibantu oleh Komite Nasional.

  1. Tujuan pembentukan KNI adalah sebagai penjelmaan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia untuk menyelenggarakan kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan kedaulatan rakyat.
  2. BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk pada tanggal 22 Agustus 1945.
Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 167 169 171 172 174 175 Panas dan Perpindahannya

8 provinsi yang dibentuk sebagai hasil Sidang PPKI pertama yaitu Provinsi Sumatra, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Sunda Kecil, Provinsi Maluku, Provinsi Sulawesi, dan Provinsi Kalimantan.

Kunci Jawaban Halaman 117

Peristiwa sebelum, saat, dan sesudah Proklamasi juga melahirkan tokoh-tokoh yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Dengan jiwa rela berkorban dan pantang menyerah serta gagah berani, mereka berdiri di barisan terdepan untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara. Selain tokoh Dwitunggal, yakni Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta, juga kita kenal Amhad Soebarjo. Dia juga sangat berjasa dalam perumusan dan penyusunan naskah Proklamasi.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 145 147 149 150 151

Ayo Membaca

Ahmad Soebarjo

Ahmad Soebarjo lahir di Karawang, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1897. Beliau dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan bersahaja. Peran yang menonjol adalah ketika beliau ikut menjadi Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.

Beliau juga menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua ketika terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan itu muncul ketika akan menentukan waktu pembacaan Proklamasi.

Baca Juga: Ini Jawaban Soal Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 SD Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 139 140 142 Tentang Cuaca

Ahmad Soebarjo juga dikenal sebagai tokoh perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Beliau diperintahkan oleh Ir. Soekarno untuk mengutip kata-kata dari Piagam Jakarta terutama bagian pembukaannya, yaitu “Atas berkat rahmat Allah maka rakyat Indonesia menyatakannya kemerdekaannya”. Kalimat tersebut diminta untuk dijadikan kalimat pembuka naskah Proklamasi. Pada akhirnya, disepakati kalimat pertama pada teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Kalimat ini berasal dari kutipan alinea ketiga Piagam Jakarta.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.

Jawab:

Ulasan Teks

Judul teks: Ahmad Soebardjo

Bagian yang paling menarik: Ahmad Soebardjo memiliki peran yang penting, yakni ketika beliau ikut serta menjadi salah satu Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 155-162 Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Informasi penting:

- Ahmad Soebardjo lahir pada tanggal 23 Maret 1897 di Karawang, Jawa Barat.

- Beliau ikut menjadi Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.

- Beliau dikenal sebagai tokoh perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

- Beliau juga menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua ketika terjadi perbedaan pendapat.

Baca Juga: Jawaban Soal Agama Islam Kelas 5 SD Arti Iman Menurut Istilah, Yuk Kita Cari Tahu

Pendapat saya tentang teks ini:

Ahmad Soebardjo layak dijadikan teladan. Beliau merupakan sosok yang rendah hati dan bersahaja. Sikap kepemimpinannya juga bisa ditiru, karena mempunyai peran yang besar bagi perjalanan bangsa dan negara Indonesia dalam usaha mencapai kemerdekaan.

Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena:

Saya menyarankan teks ini karena isi dalam teks ini dapat dijadikan teladan dan dapat mengenang perjuangan beliau untuk membantu mencapai kemerdekaan RI.

  1. Jelaskan peran dan perjuangan penting yang dilakukan oleh Ahmad Soebarjo!
  2. Kemukakan hal yang dapat kamu pelajari dari kisah peran dan perjuangan Ahmad Soebarjo!
Jawab:

  1. Peran dan perjuangan penting Ahmad Soebarjo:
- Pada peristiwa Rengasdengklok beliau menjadi penengah antara golongan muda dan golongan tua ketika terjadi perbedaan pendapat.

Baca Juga: Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21-26 Mengenal Letak Geografis Indonesia

- Beliau berperan besar dalam Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945.

- Beliau berperan sebagai tokoh perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

- Pada perumusan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, beliau mengutip kata-kata dari Piagam Jakarta terutama bagian pembukaannya, yaitu “Atas berkat rahmat Allah maka rakyat Indonesia menyatakannya kemerdekaannya”.

  1. Yang dapat dipelajari dari kisah peran dan perjuangan Ahmad Soebarjo adalah beliau sebagai tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau rela berkorban dan pantang menyerah serta gagah berani. Para pahlawan berdiri di barisan terdepan untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Subtema 2 Halaman 63-71 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan

Kunci Jawaban Halaman 121 122

Kamu telah mengetahui unsur-unsur budaya di Indonesia. Keragaman unsur budaya tersebut lahir karena adanya berbagai faktor. Faktor itu seperti faktor biologis (keturunan, ras, suku), geografis (keadaan alam), dan historis (sejarah/ masa lampau), serta keterbukaan terhadap pihak luar.

Ayo Mengamati

Cari tahu dengan mengamati unsur-unsur budaya yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu mengalami kesulitan, baca kembali uraian tentang unsur-unsur budaya di atas. Kemudian, tuliskan nama-nama bagian dari kebudayaan pada suku yang kamu kenal.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 57-62

Jawab:

  1. Unsur Budaya: Kesenian
Nama: Kethoprak

Keterangan: Seni pertunjukan suku Jawa berupa drama tradisional

  1. Unsur Budaya: Religi
Nama: Hindu, Buddha, Islam, Kristen, Katolik, Protestan, dan Konghucu

Keterangan: Agama di Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam ideologi bangsa Indonesia, Pancasila: “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Agama yang diakui di Indonesia ada 6 yakni Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 2-11 Subtema 1 Pembelajaran 1, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

  1. Unsur Budaya: Mata Pencaharian
Nama: Bertani

Keterangan: Bertani adalah kegiatan bercocok tanam. Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian. Bentuk-bentuk pertanian yang diusahakan penduduk Indonesia meliputi kegiatan berladang, bertegalan, bersawah.

  1. Unsur Budaya: Teknologi dan Peralatan
Nama: Dokar, andong, mobil, kereta, kapal, pesawat

Keterangan: Perubahan alat transportasi yang makin modern didukung oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika pada zaman dahulu masyarakat mengenal dokar dan delman sebagai alat angkutan dan transportasi, sekarang masyarakat mengenal mobil, kereta, pesawat, dan kapal sebagai alat angkut dan transportasi.

Baca Juga: Macam-macam Jaringan Fotosintesis yang Ada di Daun, Ketahui Penjelasan Lengkapnya

  1. Unsur Budaya: Pengetahuan
Nama: Pengetahuan akan tanaman

Keterangan: Pengetahuan masyarakat akan tanaman dapat dimanfaatkan untuk membuat obat dan jamu tradisional.

  1. Unsur Budaya: Sistem Kemasyarakatan
Nama: Gotong royong

Keterangan: Suku-suku di Indonesia mengenal gotong royong dengan istilahnya masing-masing, seperti Gugur Gunung di masyarakat Jawa Tengah, Sambatan di Yogyakarta, Nagayah di Bali, dll.

Baca Juga: Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya, Berikut Gambar Organ Manusia yang Memompa Darah

  1. Unsur Budaya: Bahasa
Nama: Bahasa Daerah

Keterangan: Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah masing-masing.

Jawab:

Nama Suku: Jawa

Nama Rumah Adat: Joglo

Nama Pakaian Adat: Kebaya, Jawi Jangkep, Basahan, Beskap

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Halaman 38-42

Nama Senjata Tradisional: Keris

Nama Baju Adat: Kebaya

Nama Tari Tradisional: Tari Gambyong, Tari Beksan Wireng

Ayo Renungkan

Kamu sekarang telah duduk di kelas V. Tentu kamu memiliki banyak teman yang beragam latar belakangnya. Kamu memiliki teman yang sifat, pembawaan, asal usul, kebiasaan, bahkan suku, ras, dan agama yang beragam, bahkan bisa jadi berbeda dengan dirimu. Betapa beragamnya teman dan lingkunganmu. Lalu, apa yang kamu rasakan dengan memiliki teman-teman yang beragam tersebut? Bagaimana kamu harus memperlakukan temantemanmu yang memiliki perbedaan perbedaan itu? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 1-12 Buku Tematik Subtema 1, Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Kerja Sama dengan Orang Tua

Kamu telah berhasil membuat identitas sukumu dengan menyebutkan unsurunsur budayanya. Kamu pun juga telah mengetahui identitas suku temantemanmu di kelas dengan mengenal unsur unsur budayanya. Nah, sekarang, ceritakan kepada orang tuamu dan anggota keluargamu yang lain mengenai identitas suku bangsamu dan suku bangsa dari seorang temanmu!

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribun Pontianak/Rizky Zulham/Tribunnews/Latifah)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest