Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 2-11 Subtema 1 Pembelajaran 1, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Selasa, 25 Agustus 2020 | 09:23
Pxhere

Ilustrasi makanan sehat.

Fotokita.net - Inilah kunci jawaban Buku Tematik untuk Kelas 5 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2-11.

Buku Tematik SD untuk Kelas 5 Tema 3 edisi revisi 2017 ini berjudul Makanan Sehat.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Halaman 59-67 Subtema 2 Pembelajaran 2, Manfaat Energi

Sementara untuk Subtema 1 dalam buku ini berjudul Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat: Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2 - 11:

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Halaman 42-48 Subtema 1, Sumber Energi

Freepik/pvproductions

Contoh makanan sehat dan tidak sehat.

Kunci Jawaban Halaman 2

Amatilah gambar di bawah ini!

Apakah kamu selalu makan makanan sehat seperti yang kamu lihat pada gambar?

Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!

Jawaban: Makanan pokok, sayuran, lauk hewani, buah-buahan.

Apakah kriteria dari makanan yang sehat?

Jawaban: Kriteria makanan sehat yakni makanan yang memenuhi kriteria gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna: vitamin, mineral, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, lemak.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD/MI Halaman 51-57 Subtema 2 Pembelajaran 1, Sumber Energi

Kunci Jawaban Halaman 4 - 5

Makanan sehat penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, banyak iklan yang dapat kita temui di tempat-tempat umum yang mengetengahkan tentang makanan sehat.

Iklan memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para pembaca. Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama.

Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 3

Kunci Jawaban Buku Tematik SD Kelas 5 Tema 3 Halaman 4

Kalimat-kalimat yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan.

Amatilah iklan di atas dengan saksama. Tuliskanlah apa yang kamu lihat dalam iklan media cetak tersebut!

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Buku Tematik Halaman 9-16, Rukun dalam Perbedaan

Jawaban: Aku menemukan:

  1. Gambar irisan buah dan tulisan 'Makanan sehat dan bergizi, solusi untuk hidup sehat dan awet muda'.
  2. Gambar seorang anak menyantap buah semangka dan tulisan 'Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak Anda'.
  3. Gambar sayur & buah-buahan, bertuliskan 'Cintailah jantung Anda, konsumsi sayur dan buah segar. Manfaat prima dengan rasa yang dahsyat'.
Berdasarkan tulisan iklan yang kamu baca di atas, diskusikan dengan teman sebangkumu tentang beberapa hal berikut. - Kata-kata kunci dari iklan tersebut. - Ciri-ciri dari sebuah kata kunci. - Alasan kamu memilih kata-kata tersebut sebagai kata kunci.

Jelaskan hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran seperti berikut.

Jawaban: - Kata kunci adalah sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 83 85 86 87 88 89 Buku Tematik Subtema 2 Sumber Energi

- Ciri-ciri sebuah kata kunci adalah (1) Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata, (2) Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah bacaan, (3) Mewakili sebagian besar/ keseluruhan topik/ konsep/ informasi dari sebuah bacaan.

- Kata kunci yang aku temukan dalam iklan adalah pentingnya makanan sehat dan bergizi.

- Alasanku memilih kata tersebut sebagai kata kunci iklan adalah karena kata tersebut mewakili kunci utama atau informasi utama dalam iklan.

Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi kelompokmu tentang kata kunci!

Jawaban: Kata kunci merupakan sebuah kata atau konsep dengan keistimewaan, yang berarti kata apapun yang digunakan sebagai kunci dan kode atau digunakan untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

Ciri-ciri sebuah kata kunci adalah (1) Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata, (2) Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah bacaan, (3) Mewakili sebagian besar/ keseluruhan topik/ konsep/ informasi dari sebuah bacaan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8: Subtema 1 Pembelajaran 1, Selalu Berhemat Energi

Kunci Jawaban Halaman 8

Tuliskan kosakata-kosakata baru yang kamu temukan dalam bacaan di atas!

Selanjutnya, diskusikan dengan guru dan temanmu tentang arti dari kosakata- kosakata tersebut.

Jawaban:

Kosa kata baru yang aku temukan:

- Anaerob, artinya: organisme yang dapat hidup dengan baik tanpa oksigen.

- Protozoa, artinya: jasad renik hewani yang terdiri atas satu sel, seluruh fungsi protozoa dilakukan oleh sel satu tersebut.

- Absorpsi, artinya: penyerapan.

- Fermentasi, artinya: penguraian metabolik senyawa organik oleh mikroorganisme yang menghasilkan energi yang pada umumnya berlangsung dengan pembebasan gas.

Baca Juga: Contoh Cara Tumbuhan Berkembang Biak dengan Tunas, Ternyata Ada Tunas yang Bisa Dimakan Manusia!

Kunci Jawaban Halaman 9

Diagram di bawah ini menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi). Berdasarkan keterangan yang telah kamu pelajari, lengkapilah diagram berikut.

Jawaban:

Rumput dikunyah di mulut >>> Esofagus >>> Rumen, proses pencernaan dengan bantuan mikroba (bakteri) >>> Mulut, proses makanan dikunyah kedua kalinya hingga lebih sempurna >>> Retikulum, proses makanan difermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa >>> Omasum, proses makanan dicerna dengan bantuan enzim percernaan >>> Abomasum, proses makanan dicernaan dengan bantuan enzim pepsin.

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

*) Disclaimer:Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Latifah)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma