Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 1-12 Buku Tematik Subtema 1, Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Selasa, 18 Agustus 2020 | 18:45
E+

Udara bersih di dalam rumah

Fotokita.net -Inilah kunci jawaban Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 5 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Udara Bersih bagi Kesehatan.

Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 edisi revisi 2017 memiliki judul Udara Bersih bagi Kesehatan.

Kemudian, pada subtema 1 buku ini berjudul Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 32 33 34 35 36 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran 1 yakni halaman 1 hingga 12.

Inilah kunci jawaban Tema 2 kelas 5 halaman 1-12 Buku Siswa Tematik Subtema 1, Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 83 85 86 87 88 89 Buku Tematik Subtema 2 Sumber Energi

Halaman 1

Buku Tematik Tema 2 kelas 5

Soal Buku Tematik Tema 2 kelas 5 halaman 1

Perhatikan gambar di atas!

  1. Apa saja makhluk hidup yang ada pada gambar di atas?
Jawaban:

Makhluk hidup yang terdapat pada gambar di atas di antaranya manusia, ayam, sapi, bebek dan kambing.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8: Subtema 1 Pembelajaran 1, Selalu Berhemat Energi

  1. Apa saja perbedaan makhluk hidup yang ada pada gambar itu?
Jawaban:

- Perbedaan anggota tubuh.

- Cara berjalan.

- Cara makan.

- Tempat tinggal.

  1. Apa pula persamaannya?
Jawaban:

Persamaan dari makhluk hidup pada gambar adalah membutuhkan makan, berkembang biak, bernafas dan tumbuh.

  1. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?
Jawaban:

Ya, semua makhluk hidup membutuhkan oksigen.

Baca Juga: Contoh Cara Tumbuhan Berkembang Biak dengan Tunas, Ternyata Ada Tunas yang Bisa Dimakan Manusia!

  1. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup?
Jawaban:

Proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup berbeda-beda.

Contohnya, ikan bernafas dengan insang, manusia bernafas dengan paru-paru, dan cacing bernapas melalui permukaan kulit.

  1. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga?
Jawaban:

- Tidak menebang pohon sembarangan.

- Tidak mencemari lingkungan.

- Melakukan penghijauan.

  1. Bagaimana tanggung jawab kita terhadap masyarakat dalam menjaga ketersediaan oksigen?
Jawaban:

Tanggung jawab kita terhadap masyarakat adalah menciptakan lingkungan yang bersih dan banyak menanam tumbuhan.

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

Soal di halaman 2

Dayu dan Ikan Hias

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya.

Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali.

Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Halaman 3

Buku Tematik Tema 2 kelas 5

Soal Buku Tematik Tema 2 kelas 5 halaman 3

Apa nama jenis ikan hias yang dipelihara?

Ikan hias dari jenis ikan mas koki.

Di mana ikan hias itu dipelihara?

Ikan hias dipelihara di akuarium.

Kapan akuarium dibersihkan?

Akuarium dibersihkan seminggu sekali.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Peta Indonesia Diperbaharui, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan-ikah hiasnya?

Dayu memperhatikan ikan-ikan hiasnya saat mereka membuka dan menutup mulut.

Kapan ikan hias itu diberi makan?

Ikan hias diberi makan setiap hari.

Siapa yang memilihara ikan hias?

Dayu yang memilihara ikan hias.

Halaman 12

Apa perbedaan organ pernapasan pada cacing tanah, ikan, katak, ular, belalang, burung, sapi, dan lumba-lumba?

Jawaban:

- Cacing tanah: bernapas melalui permukaan kulit.

- Ikan: bernapas dengan insang.

- Katak: saat masih kecebong bernapas dengan insang, kemudian setelah dewasa bernapas dengan paru-paru dan permukaan kulit.

Baca Juga: Kumpulan Kunci Jawaban Soal Peta Baru Indonesia untuk SD Kelas 4-6 TVRI Rabu 12 Agustus 2020

- Ular: bernapas dengan paru-paru.

- Belalang: alat pernapasannya berupa trakea.

- Burung: alat pernapasannya dengan paru-paru.

- Sapi: alat pernapasannya paru-paru.

- Lumba-lumba: bernapas dengan hidung yang dilengkapi katup.

(Tribunnews.com/Yurika)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma