Follow Us

Ledakan Besar Bikin Panik Warga Arab Saudi, Serangan Drone Sekutu Iran Jadi Penyebabnya?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 27 Januari 2021 | 09:20
Pemberontak Houthi Yaman, diduga dalang serangan ke Riyadh
aa.com.tr

Pemberontak Houthi Yaman, diduga dalang serangan ke Riyadh

Fotokita.net - Ledakan besar bikin panik warga Arab Saudi, serangan drone sekutu Iran jadi penyebabnya?

Ledakan keras mengguncang Riyadh pada Selasa (26/1/2021), tiga hari setelah kerajaan itu mencegat proyektil yang ditembakkan di atas ibu kota Saudi.

Tidak ada reaksi langsung dari Arab Saudi, yang telah berulang kali diserang rudal atau pesawat tak berawak.

Serangan yang disebut dilakukan oleh pemberontak Houthi di negara tetangga Yaman, sudah terjadi sejak 2015.

Baca Juga: Bak Panggang Jauh Dari Api, Terus-terusan Diklaim Jokowi, Media Asing Soroti Kondisi Indonesia Usai Lewati 1 Juta Kasus Covid-19

“Ledakan itu mengguncang jendela di ibu kota Saudi sekitar pukul 1 siang waktu setempat (17:00 WIB),” kata saksi mata, melansir Al Jazeera pada Selasa (26/1/2021).

Beberapa warga di media sosial melaporkan mendengar dua ledakan. TV Al Arabiya milik Arab Saudi mengutip laporan lokal tentang ledakan dan video yang beredar di media sosial terkait sebuah rudal yang dicegat di Riyadh.

Baca Juga: Main Sebut Islam Agama Pendatang yang Arogan, Abu Janda Langsung Kena Semprot Ulama Kondang Ini Hingga Diadukan ke Wapres

Televisi pemerintah melaporkan pada Sabtu (23/1/2021), koalisi yang dipimpin Arab Saudi, yang mendukung pemerintah Yaman yang diakui secara internasional melawan Houthi, mengatakan pihaknya menghadang dan menghancurkan "target udara musuh" menuju Riyadh.

Pernyataan singkat itu tidak mengidentifikasi sumber target. Sementara Houthi mengatakan mereka tidak terlibat.

Bandara Internasional Raja Khaled Riyadh mengatakan ada sejumlah penundaan penerbangan setelah insiden Sabtu (23/1/2021).

Baca Juga: Dicopot dari Posisi Menteri Hingga Bikin Kaget Anggota DPR, Wishnutama Mendadak Disebut Jabat Komisaris Utama BUMN Mentereng Ini

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest