Follow Us

Hilang Mendadak Usai Kritik Keras Pemerintah China, Ternyata Jack Ma Pernah Diajak Bercanda Jokowi Soal Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 05 Januari 2021 | 09:31
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbincang hangat dengan bos Alibaba Jack Ma pada 1 September 2018.
Biro Pers Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berbincang hangat dengan bos Alibaba Jack Ma pada 1 September 2018.

Fotokita.net - Hilang mendadak usai kritik keras pemerintah China, ternyata Jack Ma pernah diajak bercanda Jokowi soal ini.

Saat kabar hilang pendiri Alibaba dan Ant Group, Jack Ma beredar, sebuah video yang memprediksi "akhir riwayat" sang miliarder apakah akan berakhir di penjara atau mati kembali viral.

Melansir Newsweek, video tersebut diunggah 11 September 2019 di Twitter. Berisi tentang percakapan antara Miliarder China yang diasingkan, Guo Wengui (Miles Kwok) dengan Direktur Investasi Hayman Capital Management, Kyle Bass.

Baca Juga: Hore Langsung Cair Mulai Besok Sampai April 2021, Ini Cara Cek Penerima Bansos Rp 300.000, Ada Jatah Buat 10 Juta Warga

Jack Ma dilaporkan tidak terlihat di publik sejak 2 bulan lalu, termasuk tidak menghadiri acara final TV Show-nya sendiri, Africa's Business Heroes.

Orang terkaya nomor 25 versi Bloomberg's Billionaires Index ini diduga hilang setelah memberikan kritik terhadap pemerintah China.

Kritiknya itu dia sampaikan pada Oktober lalu di Shanghai. Jack Ma mengkritik aturan perbankan di China yang dia samakan seperti pegadaian.

Untuk itu, Ma menginginkan adanya perubahan atau reformasi.

Baca Juga: Kabar Gembira Mulai Cair 4 Januari 2021, Ini Besaran 3 Bansos Pemerintah, Buruan Cek Nama di dtks.kemensos.go.id

"Sistem finansial hari ini adalah warisan dari masa industri," ungkap Ma, "Kita harus membangun sesuatu yang baru untuk generasi selanjutnya dan generasi muda. Kita harus mereformasi sistem saat ini."

Laporan hilangnya Jack Ma dari publik membuat video percakapan antara Miles Kwok dan Direktur Kyle Bass mencuat kembali di Twitter dan telah dibagikan ratusan kali.

Di dalam video itu, Jack Ma diprediksi oleh Miles Kwok hanya akan mengalami 2 akhir hidup.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest