Follow Us

Hore Langsung Cair Mulai Besok Sampai April 2021, Ini Cara Cek Penerima Bansos Rp 300.000, Ada Jatah Buat 10 Juta Warga

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 03 Januari 2021 | 22:04
Ilustrasi bansos pemerintah di tengah pandemi
Pixabay.com/ EmAji

Ilustrasi bansos pemerintah di tengah pandemi

Fotokita.net - Langsung cair mulai besok sampai April 2021, ini cara cek penerima bansos Rp 300.000, ada jatah buat 10 juta warga.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan memimpin peluncuran penyaluran program Bantuan Sosial (Bansos) 2021 pada awal bulan ini.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Tubagus Achmad Choesni mengatakan, rencana peluncuran program bansos tersebut akan dilaksanakan pada 8 Januari 2021.

Baca Juga: Hore! Mulai Cair Besok, Ini 3 Bansos yang Dibagikan Sepanjang Tahun 2021

Paling lambat, kata dia, peluncuran tersebut akan dilaksanakan pertengahan Januari, yakni 14 Januari 2021.

"Peluncuran penyaluran Bansos 2021 akan dilakukan secara offline dan online. Peluncuran ini akan langsung dipimpin Presiden dan diikuti para menteri, kepala lembaga, dan pihak terkait lainnya," ujar Choesni saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Eselon 1 membahas Bansos Tahun 2021 secara daring, dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Minggu (3/12/2021).

Baca Juga: Kabar Gembira, Token Listrik Gratis PLN Diperpanjang Sampai Maret 2021, Ini Cara Dapatnya Lewat WA

Choesni mengatakan, penyaluran bansos yang dilaksanakan awal tahun tersebut dilakukan untuk mengungkit kemampuan ekonomi, daya beli, dan konsumsi rumah tangga masyarakat.

Rencananya, peluncuran bansos tersebut juga dilakukan secara terpadu. Program bansos yang diluncurkan nantinya terdiri dari program reguler dan non reguler.

Baca Juga: Buruan Ambil Sebelum Kehabisan, Ini Link Token Gratis November di www.pln.co.id

Program bansos reguler antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Sembako kepada 18,8 juta KPM yang disalurkan Himbara melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), serta diskon listrik pengguna 450 VA dan 900 VA melalui sistem PLN jika pasca bayar atau pemberian token listrik bila prabayar.

Sementara itu, program bansos non reguler antara lain Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 10 juta KPM yang disalurkan PT Pos dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada 8 juta KPM yang disalurkan pemerintah desa.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest