Follow Us

Diborong Indonesia Hingga Bikin Bangga Jokowi, WHO Ungkap Data Mengejutkan Soal Vaksin Sinovac dari China

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 19 Desember 2020 | 18:02
Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020). Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi Sinovac, China, tiba di tanah air untuk selanjutnya akan diproses lebih lanjut ke Bio Farma selaku BUMN pr
ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO

Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020). Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi Sinovac, China, tiba di tanah air untuk selanjutnya akan diproses lebih lanjut ke Bio Farma selaku BUMN pr

Fotokita.net - Diborong Indonesia hingga bikin bangga Jokowi, WHO ungkap data mengejutkan soal vaksin Sinovac dari China.

Sebanyak 1,2 juta Vaksin Sinovac buatan China telah tiba di Indonesia.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi pun langsung menyampaikan kabar yang ia nilai sebagai kabar baik tersebut.

“Saya ingin menyampaikan kabar baik. Hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020,” kata Jokowi, Minggu (6/12/2020).

Baca Juga: Bahagia Dapat Suntikan Vaksin Covid-19 Gratis, Warganet Langsung Respon Begini ke Jokowi: Yang Diisep-isep Aja Ada Nggak, Pak?

Saat dunia bersiap untuk vaksin tercepat yang pernah dikembangkan, beberapa perusahaan obat telah mengambil rute berbeda untuk memproduksi penangkal pandemi yang telah menyandera dunia sejak Maret tahun ini.

Menurut Johns Hopkins Coronavirus Resource Center, setidaknya 1,3 juta orang telah meninggal akibat dan setidaknya 59 juta orang telah terinfeksi COVID-19 di seluruh dunia.

Dengan ekonomi global yang dipertaruhkan, jutaan orang bekerja dari rumah dan, menurut UNICEF, 463 juta anak di seluruh dunia tidak dapat mengakses pembelajaran jarak jauh, kebutuhan akan vaksin menjadi mendesak.

Baca Juga: Tinggal Tunggu Lampu Hijau BPOM, Menkes Terawan Ungkap Vaksin Sinovac dari China Berbahan Baku Virus SARS-CoV-2

RNA: Kependekan dari ribonucleic acid, RNA adalah salah satu makromolekul penting - molekul yang lebih besar yang terdiri dari protein, lipid dan karbohidrat - untuk kehidupan. Vaksin RNA bekerja dengan memasukkan sekuens mRNA (molekul yang memberi tahu sel apa yang harus dibangun) ke dalam sistem yang diberi kode untuk antigen khusus penyakit.

DNA: Singkatan dari asam deoksiribonukleat, DNA adalah salah satu makromolekul penting bagi kehidupan. Vaksin DNA melibatkan pengenalan langsung ke jaringan yang sesuai dari plasmid - molekul beruntai ganda yang ada di sel bakteri.

Vektor virus: Vaksin ini menggunakan virus hidup untuk membawa DNA ke dalam sel manusia. Ini adalah salah satu cara transfer gen yang lebih efektif untuk memodifikasi jenis sel atau jaringan tertentu untuk tujuan terapeutik.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest