Follow Us

Bak Disambar Geledek, Angka Kasus Covid-19 Terus Melonjak, BMKG Mendadak Minta Warga Waspada Pada 4 Gempa Karena Sesar Aktif di Pulau Jawa

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 04 September 2020 | 18:33
Gempa bumi bisa menimbulkan berbagai kerusakan, salah satunya kerusakan bangunan (ilustrasi).
pixabay.com

Gempa bumi bisa menimbulkan berbagai kerusakan, salah satunya kerusakan bangunan (ilustrasi).

Fotokita.net - Angka kasus Covid-19 terus melonjak, BMKG mendadak minta warga waspada pada 4 gempa karena sesar aktif di Pulau Jawa.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberikan informasi terbaru mengenai jumlah kasus dan data pasien hingga hari ini, Jumat (4/9/2020).

Berdasarkan data, pemerintah memperlihatkan bahwa penularan virus corona masih terjadi di masyarakat, sehingga jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah.

Data hingga Jumat ini pukul 12.00 WIB, diketahui ada 3.269 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan total kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini mencapai 187.537 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

Baca Juga: Jokowi Disebut Sebagai Sosok Penuh Kontradiksi, Peneliti: Makin Lama di Istana, Makin Pudar Janji-janjinya

Belum lagi urusan Covid-19 selesai, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap sembilan wilayah yang menjadi daerah zona aktif gempa pada Agustus dan kemungkinan berlanjut hingga September 2020.

Baca Juga: Kritik Sindiran Puan Maharani Soal Sumatera Barat, Fadli Zon Meradang Saat Disinggung Penghargaan Bintang Mahaputera: Memang Saya Nggak Boleh Ngomong?

Data tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono dalam Rapat Koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (31/8/2020).

"Zona aktif gempa yang bisa jadi bulan depan masih muncul adalah Banda Aceh, Bengkulu, Selat Sunda, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumba, Sigi dan Matano, Sarmi Papua," kata Daryono.

Baca Juga: Bikin Kaget Pendaki Hingga Heboh di Medsos, Sosok Ini Sudah 2,5 Tahun Tinggal di Puncak Gunung Wilis, Kisah Di Baliknya Begitu Mengharukan

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest