Follow Us

Bikin Ketar-ketir Pentagon, Inilah Alasan China Makin Berani Pamer Kekuatan Militernya di Laut China Selatan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 04 September 2020 | 09:24
Presiden China, Xi Jinping saat menghadiri latihan militer di Laut China Selatan pada Kamis (13/4/20

Presiden China, Xi Jinping saat menghadiri latihan militer di Laut China Selatan pada Kamis (13/4/20

Fotokita.net - Bikin ketar-ketir Pentagon Amerika Serikat, inilah alasan China makin berani pamer kekuatan militernya di Laut China Selatan.

Amerika Serikat (AS) memperkirakan China diperkirakan akan memiliki angkatan laut terbesar di dunia dengan jumlah berlipat ganda dari sekarang.

Melansir Daily Mail pada Rabu (2/9/2020), markas besar Departemen Pertahanan AS, Pentagon, mengklaim saat ini kekuatan angkatan militer China sudah setara atau bahkan sudah melebihi AS di beberapa bidang modernisasi militer.

Dikatakan juga bahwa militer China telah membuat kemajuan besar dalam pembangunan kapal, pengembangan rudal balistik dan jelajah, serta sistem pertahanan udara terintegrasi.

Baca Juga: Perang di Ujung Senjata, Armada Laut dan Jet Tempur China Bidik Kapal Perusak Amerika yang Gerah Lihat Latihan Militer Tiongkok di Laut China Selatan

Laporan Pentagon yang merinci kemampuan militer China tersebut, ditolak oleh kementerian luar negeri negara China pada Rabu.

Hua Chunying, juru bicara kementerian luar negeri China, mengatakan pada jumpa pers bahwa klaim Pentagon dipenuhi dengan bias.

Baca Juga: Armada Perangnya Siaga Perang dengan China, PM Jepang Shinzo Abe Mendadak Tak Bisa Bicara Hingga Harus Jalani Pemeriksaan Selama Berjam-jam, Terinfeksi Covid-19?

Chunying mengatakan klaim tersebut terjadi ketika ketegangan meningkat antara Beijing dan Washington karena beberapa masalah, termasuk aktivitas militer China di Laut China Selatan yang disengketakan, dan di Taiwan yang berpemerintahan sendiri.

Dalam laporan Pentagon disebutkan, "Selama dekade berikutnya, persediaan hulu ledak nuklir China, diproyeksikan setidaknya 2 kali lipat, saat China memperluas dan memodernisasi kekuatan nuklirnya.

Saat ini, diperkirakan jumlah persediaan hulu ledak nuklir China berada di bawah 200.

"Kekuatan nuklir China akan berkembang secara signifikan selama dekade berikutnya karena memodernisasi, mendiversifikasi, dan meningkatkan jumlah platform pengiriman nuklir berbasis darat, laut, dan udara," lanjut laporan tersebut.

Source : Kompas.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest