Follow Us

Kabar Gembira, Minggu Ini Bantuan Rp 600 Ribu Cair Lagi, Kapan Paling Lambat Jadwal Transfer Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 01 September 2020 | 06:14
Ilustrasi Bantuan Rp 600 Ribu
Kompas.com

Ilustrasi Bantuan Rp 600 Ribu

Fotokita.net - Kabar gembira, minggu ini pemerintah kembali mencairkan bantuan Rp 600 ribu untuk karyawan dengan gaji di bawah Rp 5 juta. Lantas, kapan paling lambat jadwal transfer subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan itu?

Dalam proses pencairan bantuan Rp 600 ribu, pekerja yang nomor rekeningnya merupakan nomor rekening swasta, proses pencairannya akan lebih lambat.

Hal ini karena proses transfer dari pemerintah dilakukan oleh bank pemerintah yakni: Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BTN.

Baca Juga: Sudah Cek Nama di BPJS Ketenagakerjaan, Tapi Bantuan Rp 600 Ribu Belum Masuk Rekening, Begini Penjelasannya

Jika rekening pekerja adalah rekening bank swasta seperti BCA, CIMB Niaga, Danamon, Maybank, OCBC NISP, dan Panin, proses pencairannya akan lebih lambat sekitar 1-2 hari.

Hal ini karena bank pemerintah itu akan terlebih dulu mentransfer dana ke rekening penerima di bank swasta.

"Kalau bank non-pemerintah biasanya butuh maksimal 1 sampai 2 hari karena ada proses pindah bank (transfer antar-bank)," kata Kasubag Pemberitaan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Dicky Risyana, Jumat (28/8/2020) sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Hari Ini Terakhir, Perusahan Harus Setor Rekening Karyawan Buat Bantuan Rp 600 Ribu, Pekerja Wajib Lakukan Hal Ini

Cara Cek Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Penerima bantuan Rp 600 ribu dari pemerintah haruslah pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta.

Selain itu, pekerja itu juga harus terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenegakerjaan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest