Follow Us

Sebut Jokowi Tak Punya Nyali Teruskan Tradisi SBY, Rocky Gerung Malah Geli Saat Dipancing dengan Performa Maruf Amin: Mungkin Itu Juga Alasannya...

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 18 Agustus 2020 | 07:53
Rocky Gerung
Kompas.com/ Walda

Rocky Gerung

Fotokita.net - Pengamat politik Rocky Gerung tertawa melihat kecerdikan rekannya, Hersubeno Arief, yang membandingkan antara mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Wapres Maruf Amin.

Perbincangan soal performa Wapres Maruf Amin dengan pendahulunya, Jusuf Kalla muncul saat Rocky Gerung dan Hersubeno Arief berdiskusi tentang kemampuan politik internasional yang dimiliki Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Jika Jokowi dibanding-bandingkan dengan kiprah Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di dunia internasional, kemampuan Wapres Maruf Amin coba disetarakan dengan mantan Wapres Jusuf Kalla.

Akademisi Rocky Gerung menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) kurang terlibat dalam dunia internasional.

Dilansir TribunWow.com, hal itu ia sampaikan kepada Hersubeno Arief dalam kanal YouTube Rocky Gerung Official, diunggah Sabtu (15/8/2020).

Baca Juga: Cuma Dicetak 75 Juta Lembar, Inilah Cara Dapat Uang Baru Edisi Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia

Awalnya Hersubeno Arief menyinggung keterlibatan Indonesia dalam sidang Persatuan Bangsa-bangsa (PBB).

"Saya ingin menyoroti kecenderungan Presiden Jokowi yang menghindari pertemuan forum internasional," kata Hersubeno Arief.

"Tercatat Jokowi selama lima tahun berturut-turut tidak pernah menghadiri sidang tahunan PBB dan sebagainya," paparnya.

Baca Juga: Terungkap, Alasan Soekarno Tak Jalani Puasa Ramadhan Saat Bacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Jurnalis itu menyinggung saat ini tidak mungkin Indonesia tidak terlibat dalam politik global.

"Postur kita bahkan di Asia Tenggara bahkan hilang. Dulu kita ditakuti di zaman ASEAN, dianggap secara ekonomi kita menentukan pasar ASEAN," kata Rocky Gerung menanggapi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest