Follow Us

Sebut China Mencla-mencle Soal Data Kematian Covid-19, Trump Tambah Geram Sewaktu Terima Laporan Terbaru Ini: Mereka Harus Terima Konsekuensinya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 19 April 2020 | 19:55
Donald Trump menuduh China telah sengaja menciptakan virus corona
AFP/MANDEL NGAN via Kompas.com

Donald Trump menuduh China telah sengaja menciptakan virus corona

Fotokita.net - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menolak tudingan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan mengatakan "tidak ada dasar ilmiah".

Zhao sebelumnya juga sempat menuduh bahwa militer AS yang mungkin telah membawa virus ke China.

Trump juga meragukan laporan resmi China yang menunjukkan negara itu hanya menderita 0,33 kematian per 100.000 orang.

Baca Juga: Sehabis Jokowi Bawa Angin Segar Tentang Perkembangan Covid-19, Kini Ikatan Dokter Indonesia Bilang Virus Corona Bisa Kalah dalam Tubuh: Begini Rahasianya...

"Jumlahnya tidak mungkin," katanya. Itu angka yang mustahil untuk didapat." Amerika Serikat menurut bagan yang ditampilkan dalam briefing, telah memiliki 11,24 kematian per 100.000 orang, sedangkan Perancis 27,92 dan Spanyol 42,81.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan China dapat menghadapi konsekuensi jika "secara sadar bertanggung jawab" atas pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mati-matian Bantah Virus Corona Bukan untuk Kepentingan Senjata Biologi, Lantas Mengapa China Lenyapkan Jejak Peneliti Senior Mereka?

(Ilustrasi) Orang yang terpapar virus corona bisa sembuh sendiri
iStockphoto

(Ilustrasi) Orang yang terpapar virus corona bisa sembuh sendiri

"Itu bisa saja dihentikan di China sebelum dimulai, tetapi tidak," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih pada Sabtu (18/4/2020).

"Dan sekarang seluruh dunia menderita karenanya," lanjutnya dikutip dari AFP Minggu (19/4/2020).

Trump lalu ditanya apakah China akan menderita konsekuensi akibat pandemi virus corona yang dimulai di Wuhan pada Desember, dan telah menewaskan lebih dari 157.000 orang di seluruh dunia.

Baca Juga: Setia Dampingi Sang Suami Sejak Tinggal di Rumah Dinas yang Jadi Sarang Biawak, Tiba-tiba Menantu Presiden RI ke-6 Tuliskan Kalimat Tajam Ini di Instagramnya: Ada Apa?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest