Follow Us

Peristiwa Di Wilayahnya Jadi Isu Nasional, Benarkah Pencopotan 3 Kapolda Ini Terkait Itu? Lihat Lagi Foto-foto Kejadian yang Jadi Trending Topic Media Sosial

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 28 September 2019 | 07:29
Kakak Randy histeris saat tahu adiknya tewas ditembak saat demo pada Kamis (26/9/2019) kemarin.
Kompas.com/Kiki Andi Pati

Kakak Randy histeris saat tahu adiknya tewas ditembak saat demo pada Kamis (26/9/2019) kemarin.

Fotokita.net - Setelah sejumlah peristiwa menonjol terjadi di sejumlah wilayah, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian membuat keputusan. Tentu, keputusan ini berkaitan dengan pencopotan kepala kepolisian daerah yang dianggap kurang maksimal dalam penangangan peristiwa itu.

Seperti kita ketahui, isu pencopotan kepala kepolisian daerah itu santer terdengar usai beberapa peristiwa yang muncul di wilayahnya menjadi isu nasional. Kini, keputusan itu telah resmi dikeluarkan Kapolri.

Baca Juga: Dulu Dikenal Ramah dengan Warga, Mengapa Kini Presiden Jarang Berdialog dengan Mahasiswa? Inilah Alasan Mahasiswa Tolak Bertemu Jokowi

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memutasi tiga kepala kepolisian daerah ( kapolda) untuk wilayah Papua, Riau, dan Sulawesi Tenggara, Jumat (27/9/2019). Mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram bernomor ST/2569/IX/KEP.2019 tertanggal 27 September 2019.

Ratusan warga desa sambut kedatangan jenazah Randy, mahasiswa Kendari yang tewas ditembak saat ikuti demo tolak RUU KUHP.
Handout via Kompas.com

Ratusan warga desa sambut kedatangan jenazah Randy, mahasiswa Kendari yang tewas ditembak saat ikuti demo tolak RUU KUHP.

Surat telegram tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo. Ketika ditanya apakah mutasi ketiga kapolda terkait sejumlah peristiwa menonjol di daerah tersebut, Dedi tak menjawab secara pasti.

Menurut dia, mutasi rutin dilakukan termasuk dalam rangka peningkatan kinerja organisasi.

Baca Juga: Sedikitnya Tiga Demonstran Meninggal, Puluhan Luka-luka, Intimidasi Wartawan, Mengapa Polisi Abaikan Perintah Jokowi Hingga Bertindak Keras dalam Aksi Mahasiswa Kali Ini?

Ada banyak hal yang menarik saat kunjungan Presiden Joko Widodo  Riau untuk meninjau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)
Puspen TNI via Tribunnews

Ada banyak hal yang menarik saat kunjungan Presiden Joko Widodo Riau untuk meninjau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

"Mutasi dalam organisasi Polri hal yang biasa dalam rangka tour of duty dan area, serta untuk meningkatkan kinerja organisasi dan dalam rangka binkar (pembinaan karir)," kata Dedi ketika dihubungi, Jumat malam.

Seperti diketahui, kerusuhan sempat terjadi di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat. Terbaru, kerusuhan terjadi di Wamena dan Jayapura, Papua pada Senin (23/9/2019).

Baca Juga: Sambil Menahan Tangis, Musisi Ananda Badudu Ceritakan Pengalamannya Saat Jumpa Mahasiswa Peserta Demo di Kantor Polisi

Source : Kompas.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest