Follow Us

Aktivis Tuding Ada Kesepakatan Politik Terselubung Jokowi- Prabowo, Politikus Gerindra Bilang Prabowo Pegang Janji Saat Debat Capres 2019...

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 27 Agustus 2019 | 20:10
Desain Ibu kota Baru
The Indonesian Institute

Desain Ibu kota Baru

Fotokita.net - Lahan milik Prabowo di Provinsi Kalimantan Timur rupanya masuk ke dalam wilayah yang ditetapkan pemerintah sebagai ibu kota baru Indonesia. Hal tersebut dibenarkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo ketika dijumpai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Namun, Edhy menegaskan, tidak ada persoalan dengan hal itu. "Saya sudah lihat polemik tentang lahan (Prabowo di Kaltim). Memang kita (Prabowo) punya lahan (di sana). Apa gara-gara ada lahan itu jadi salah? Kan enggak juga. Saya pikir kita tidak akan pernah menanggapi itu karena lahan itu sudah ada sebelum ada rencana pemindahan ibu kota," ujar Edhy.

Baca Juga: Teka-teki Lokasi Ibu Kota Baru Terkuak, Rupanya Ada 5 Negara yang Juga Pernah Punya Rencana Pindahkan Ibu Kota

Ia tidak merinci di mana tepatnya lahan milik Prabowo tersebut berada. Edhy sekaligus menegaskan, tidak ada perjanjian politik mengenai hal itu. "Saya rasa enggak. Pak Presiden (Jokowi) punya pemikiran lebih besar dari itu," ujar dia.

Dahlan Iskan menyebut kawasan bakal dibangunnya ibu kota baru merupakan bekas milik hak ITCI yang kini sudah beralih tangan ke Prabowo Subianto
Kolase gambar KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO dan Dokumentasi Zulfakriza Z via Kompas.com

Dahlan Iskan menyebut kawasan bakal dibangunnya ibu kota baru merupakan bekas milik hak ITCI yang kini sudah beralih tangan ke Prabowo Subianto

Sementara, mengenai apakah Prabowo akan merelakan lahannya untuk ibu kota baru Indonesia, Edhy pun memastikan, Prabowo pasti bersedia.

"Tapi sekalipun, tak ada apa-apanya bagi kami, demi bangsa dan negara kalau diminta lahan kami pun Pak Prabowo pasti mau," kata Edhy.

Aktivis Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kalimantan Timur Pradarma Rupang menuding, ada kesepakatan politik di antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terkait pemindahan ibu kota negara.

"Pemindahan ibu kota ini tidak lebih dari kompensasi politik atau bagi-bagi proyek pasca-pilpres," ujar Rupang, Selasa (27/8/2019).

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, Benarkah Pusat Pemerintahan Bakal Pakai Konsep Kota dalam Belantara demi Lestarikan Hutan Kalimantan?

Luasnya Hampir 3 Kali DKI Jakarta, Jadi Salah Satu Alasan Jokowi Pilih Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Baru
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY

Luasnya Hampir 3 Kali DKI Jakarta, Jadi Salah Satu Alasan Jokowi Pilih Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Baru

Source : Kompas.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest