Follow Us

Kita Kerap Berbuat Keji Pada Orangutan, Padahal Mereka Buktikan Tanaman Ini Mampu Sembuhkan Kanker . Lihat Foto-fotonya!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 14 Agustus 2019 | 06:57
Tergiur dengan buah ara, orangutan Borneo memanjat hingga ke ujung pohon setinggi 30 meter. Dengan
Lutfi Fauziah

Tergiur dengan buah ara, orangutan Borneo memanjat hingga ke ujung pohon setinggi 30 meter. Dengan

Fotokita.net - Semua itu bermula dari kabar penemuan tiga orang siswa SMA asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang berhasil menemukan manfaat tanaman bajakah. Ketiganya berhasil meraih medali emas di Korea Selatan terkait tumbuhan khas Kalimantan Tengah itu.

Belakangan ini tanaman khas Kalimantan Tengah bernama bajakah menjadi sorotan publik. Pasalnya, dalam tanaman Bajakah itu disebut-sebut mampu menyembuhkan kanker payudara.

Ternyata bukan manusia saja yang bisa merasakan manfaat tumbuhan tersebut. Sebuah penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa orangutan juga turut merasakan manfaat tumbuhan bajakah.

Baca Juga: Ssstt, Lomba Foto Satwa dengan Hadiah Ratusan Juta Sudah Dibuka! Begini Cara Gampang Motret Satwa Kata Pakar!

Orangutan kalimantan, populasinya terus terancam dan semakin berkurang.
Citra Anastasia

Orangutan kalimantan, populasinya terus terancam dan semakin berkurang.

Penelitian yang berjudul "Perilaku Zoofarmakognosis Orangutan (Pongo pygmaeus Wurmbii) Di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah, Indonesia" itu meneliti tentang kemampuan orangutan untuk melakukan pengobatan sendiri.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Tropical Life Science itu menunjukkan kemampuan orangutan memanfaatkan metabolit sekunder tanaman dan atau komponen non-nutrisi. Ada tiga orangutan yang diamati dalam penelitian ini, terdiri dari dua jantan yang dominan, yaitu Eboy dan Sander, serta seekor betina dan bayi orangutan.

Tercatat 23 jenis tumbuhan yang menjadi pakan alami atau non-alami dalam studi ini. Di antaranya adalah bajakah kalalawit (Uncaria gambir Roxb), dan kamasulan (Pternandra galeata Ridl.).

Baca Juga: Foto-foto Ini Buktikan Manusia Terus Bertindak Keji Pada Satwa Darat Paling Besar di Bumi. Apa Penyebabnya?

Orangutan mempelajari sebagian besar perilaku yang digambarkan di sini dari induknya, sebelum mencap
Mahandis Yoanata Thamrin

Orangutan mempelajari sebagian besar perilaku yang digambarkan di sini dari induknya, sebelum mencap

Kedua tanaman itu, menurut para peneliti, juga digunakan oleh tabib tradisional setempat sebagai ramuan obat. "Bajakah kalalawit sebagaimana dilaporkan oleh Pambayun et al., (2005) memiliki kandungan phenol dan antibacterial pada beberapa ekstrak yang dicobakan," tulis peneliti dalam makalah tersebut. "Lebih lanjut, Setyowati (2017) menyatakan bahwa spesies ini memiliki komponen aktif, 'catechin'," sambung mereka.

Untuk diketahui, kandungan phenol dan antibacterial itu mempunyai efek penyusutan jaringan ikat dan memperlambat waktu cerna makanan. Sedangkan komponen aktif "catechin" adalah grup senyawa yang menempati posisi tingkat menengah pada hierarki senyawa tanin, dikenal sebagai kelompok catechin-tannin. Meski begitu, manfaat pasti bajakah kalawit terhadap orangutan masih belum terlalu jelas.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest