Follow Us

Geliat Zona Megathrust yang Munculkan Gempa M 5,1 di Selatan Jawa

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 11 Agustus 2019 | 06:00
Getaran gempa yang tidak teredam dapat mematahkan struktur bangunan.
iStockphoto

Getaran gempa yang tidak teredam dapat mematahkan struktur bangunan.

Fotokita.net - Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa bermagnitudo 5,1 yang telah membuat goyang zona selatan Jawa, terjadi pada Sabtu (10/8/2019) sekitar pukul 20.26 WIB.

gempa itu adalah dangkal akibat adanya deformasi batuan di bidang kontak antar lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia di Zona Megathrust.

Pusat gempa terletak pada koordinat 8,88 LS dan 110,06 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 113 km arah selatan Kota Wates pada kedalaman 71 km.

Baca Juga: Ratusan Rumah Warga Terdampak Gempa Banten Butuh Bantuan. Dapur Porak Poranda Hingga Kamar Tidur Tak Lagi Punya Dinding dan Atap!

Ilustrasi gempa.
iStockphoto

Ilustrasi gempa.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan pergerakan naik," ujarnya seperti dalam rilis, Sabtu (10/8/2019) malam.

Selain wilayah Bantul dan Kota Yogyakarta, imbuhnya guncangan juga sampai di Pacitan, Purworejo, Semarang, Klaten, Wonogiri, Kebumen, Cilacap bahkan Ponorogo.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut," imbuhnya.

Baca Juga: Gempa Banten Bikin Panik, Warga Jakarta Berhamburan dari Gedung Tinggi Hingga Orang Banten Keluar Bawa Infus. Lihat Rekaman Fotonya!

Gempa Bumi.
iStockphoto

Gempa Bumi.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 20.54 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest