Follow Us

Karya Visual Humanis Ini Tercipta di Antara Aksi Anarkis di Jakarta

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 23 Mei 2019 | 13:46
Foto anggota brimob di demo Jakarta yang viral dibagikan di media sosial.
Instagram @masagungwilis

Foto anggota brimob di demo Jakarta yang viral dibagikan di media sosial.

Fotokita.net - Fotografi adalah senjata melawan apa yang salah di luar sana, memberi kesaksian tentang kebenaran. Seuntai kalimat ini telah dilontarkan oleh juru foto kontributor National Geographic Brent Stirton.

Dalam konteks peristiwa, juru foto memang memegang peran penting. Sekalipun pada zaman milenial ini kebanyakan publik lebih menyukai tayangan visual bergerak, rupanya karya visual statis tetap mendapat hati di penggemarnya.

Buktinya, lihat saja karya visual dari jurnalis foto Mas Agung Wilis Yudha Baskoro. Di tengah situasi yang memanas pada Selasa (21/5), di sekitar Bawaslu Pusat, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Mas Agung berhasil momen humanis yang kemudian banyak dibagikan di media sosial itu.

Baca Juga: Deretan Foto Aksi Anarkis dan Pembakaran Kendaraan di Asrama Brimob

Ketika itu, hari beranjak petang, dua pria berseragam Brimob Polri terlihat saling menyandarkan punggung. Seorang memejamkan mata, seorang lainnya memilih "menemui" sang anak di rumah lewat video call di layar ponselnya.

Mereka tengah beristirahat sejenak, di sela tugasnya mengamankan aksi demo sekelompok massa yang tidak menerima hasil rekapitulasi suara yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Unjuk rasa yang sempat diwarnai sejumlah serangan dan pembakaran ini tentu menjadi beban tersendiri bagi para petugas keamanan yang diberi tanggung jawab untuk memastikan semua tetap dalam kendali.

Baca Juga: Foto-foto Efek Serangan Udara Palestina dan Israel yang Kembali Panas

Seperti dilansir dari Kompas.com, Mas Agung menceritakan sekilas tentang foto yang ia dapatkan pada Selasa (21/5/2019) di sekitar Bawaslu Pusat, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat.

"Waktu itu situasi demo memang sedang hampir selesai shalat tarawih. Dua bapak ini sedang istirahat sekitar 10-15 meter di dekat halte bus transjakarta, hampir di depan Kedutaan Perancis,” kata Yudha, Kamis (23/5/2019) pagi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest