Follow Us

Tradisi Indonesia yang Terus Bertahan dalam Era Industri 4.0

Rahmad Azhar Hutomo - Jumat, 22 Februari 2019 | 23:40
Keturunan wangsa Bonokeling turun dari perahu sampan setelah menziarahi makam leluhur di Adiraja, Jawa Tengah dalam acara adat Mauludan.
Rahmad Azhar Hutomo/National Geographic Indonesia

Keturunan wangsa Bonokeling turun dari perahu sampan setelah menziarahi makam leluhur di Adiraja, Jawa Tengah dalam acara adat Mauludan.

Fotokita.net - Indonesia dengan begitu banyak pulau yang terserak di garis katulistiwa melahirkan beragam budaya dan tradisi.

Leluhur menurunkan tradisi kepada generasi penerus. Arus modernisasi memang telah mengikis budaya turunan itu, tetapi ada banyak pula masyarakat yang menolak untuk melupakan tradisi.

Fotografer National Geographic Indonesia Rahmad Azhar Hutomo merekam tradisi itu.

Baca Juga : Indonesia Masuk Era Industri 4.0, Foto-foto Ini Bikin Kita Yakin Tradisi Leluhur Nusantara Tak Hilang

Nusantara memiliki kekayaan alam dan budaya yang begitu melimpah. Dari Sabang hingga Merauke, terdapat ciri yang beragam. Meski begitu, kita tetap berada dalam naungan Bhineka Tunggal Ika yang selalu mempersatukan.

Perbedaan keyakinan juga membuat negri ini semakin kaya. Seperti keyakinan Bonokeling yang dianut warga sekitar Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah. Keyakinan ini sudah ada sejak nenek moyang beberapa ratusan tahun silam, namun hingga kini tetap lesatari setia dianut para pengikutnya.

Ajaran Bonokeling tak jauh beda pun dengan ajaran keyakinan lain yang selalu mengajarkan kebaikan. Dalam ajaran Bonokeling, kedudukan wanita sungguh sangat dimuliakan

Source : nationalgeographic.co.id

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest