7 Aksi Kontroversial Dedi Mulyadi, Yusuf Mansur Sampai Bilang Liar, Foto Suami Bupati Purwakarta Jadi Sorotan

Rabu, 21 September 2022 | 21:15
Istimewa

Inilah 7 aksi kontroversial yang pernah dilakukan Dedi Mulyadi. Yusuf Mansur sampai bilang liar. Foto suami Bupati Purwakarta disorot.

Fotokita.net - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi mengejutkan publik setelah istrinya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Purwakarta.

Saat ini Dedi Mulyadi menjabatsebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Sebelum melenggang ke Senayan, Dedi sempat mendampingi Dedy Mizwar dalam perhelatan Pilkada Jabar 2018.

Sebelum jadi anggota DPR RI,Dedi Mulyadi menjabat sebagai bupati Purwakarta selama dua periode pada 2008-2018. Saat menjadi bupati itu, Dedi kerap mendapatkan sorotan. Ini 7 aksi kontroversial Dedi Mulyadi hingga Yusuf Mansur sampai bilang liar. Foto suami Bupati Purwakarta kini menjadi sorotan.

Kerap muncul di layar kaca, sosok Dedi Mulyadi amat mudah dikenali. Dia juga senang menyapa konstituennya di daerah pemilihannya. Selain itu, Dedi aktif membuat konten di Youtube.

Namun, kabar terkini Dedi Mulyadi membuat publik syok.Humas Pengadilan Agama Purwakarta Asep Kustiwa memberikan konfirmasi atas kabar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menggungat cerai suaminya, Dedi Mulyadi. Surat pemanggilan sidang telah dilayangkan kepada pihak tergugat.

Asep mengatakan, surat dengan nomor register: 1662/Pdt.G/2022/PA.Pwk tertanggal 19 September 2022 itu mengagendakan pemeriksaan para pihak baik tergugat maupun penggugat. "Sudah kami kirim surat, untuk kepastian datang atau tidaknya kami tidak tahu belum ada konfirmasi lagi," kata Asep kepada wartawan pada Rabu (21/9/2022).

Dedi Mulyadi dikenal dengan aksi kontroversialnya yang membuat perbincangan di tengah masyarakat. Berikiut ini 7 aksi kontroversial Dedi Mulyadi hingga Ustaz Yusuf Mansur sampai bilang liar. Foto suami Bupati Purwakarta jadi sorotan.

Dedi merintis karir politik dan pemerintahan dari Purwakarta.Dedi Mulyadi bersekolah SD hingga SMA di kota kelahirannya, Subang. Kesukaannya dengan organisasi sejak SMA membuat dirinya aktif bergabung di organisasi.

Baca Juga: Ternyata Pernah Masuk Bui, Ustaz Yusuf Mansur Malas Cerita Kasusnya, Foto Sang Ulama Betawi di Pengadilan Banjir Komentar

Istimewa

Inilah 7 aksi kontroversial yang pernah dilakukan Dedi Mulyadi. Yusuf Mansur sampai bilang liar. Foto suami Bupati Purwakarta disorot.

1. Bupati Purwakarta 2 Periode

Dedi Mulyadi aktif di dunia politik setelah mencalonkan menjadi anggota DPRD Purwakarta pada Periode 1999-2004 dan langsung di percaya menjabat sebagai Ketua Komisi E. Di tengah perjalanan, tahun 2003 ia didorong maju pencalonan Wakil Bupati Purwakarta Periode 2003-2008 menjadi wakil dari Lily Hambali Hasan.

Sukses mendampingi Lily Hambali Hasan sampai 2008, ia dicalonkan sebagai Bupati Purwakarta periode 2008-2013 berpasangan dengan Dudung B. Supardi. Dia berhasil menjadi Bupati Purwakarta pertama yang dipilih langsung oleh rakyat, tahun 2013 ia maju kembali menjadi Bupati Purwakarta Periode 2013-2018 berpasangan dengan Dadan Koswara.

Menang telak 65% karena salahsatu prestasinya adalah melayani keinginan rakyat untuk mendapatkan pembangunan infrastruktur secara cepat dan pelayanan sosial secara baik.

2. Dituding Musyrik Karena Klenik

Sosoknya yang nyentrik dengan dandanan khasnya, memang sarat dengan dunia klenik. Beberapa kali, Dedi Mulyadi terlihat menjalankan beberapa ritual - ritual aneh yang menjurus pada dunia klenik.

Meskipun warga tidak berani memastikan bahwa Dedi memiliki keterkaitan dengan hal - hal tersebut, namun sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat Purwakarta, sosok Bupati nya itu memang cenderung agak aneh, apalagi yang berkaitan dengan aliran kepercayaan.

“Bagi kita (warga Purwakarta), perilaku beliau yang aneh itu udah jadi rahasia umum. Kita juga gak tahu apa itu maksud dan tujuannya. Ya, seperti adanya kereta kencana dan bau dupa di kantor bupati, banyaknya patung-patung wayang di wilayah perkotaan Purwakarta, kemudian pohon-pohon dibajuan dan perombakan bangunan kantor Pemkab Purwakarta menyerupai kerajaan,” papar seorang warga Kaum, Purwakarta, yang namanya enggan disebutkan.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Bikin Syok Hotman Paris, Sang Ulama Murka Gegara Omongan Ade Armando, Foto Ayah Wirda Mansur Disorot

Istimewa

Inilah 7 aksi kontroversial yang pernah dilakukan Dedi Mulyadi. Yusuf Mansur sampai bilang liar. Foto suami Bupati Purwakarta disorot.

3. Batasi Warga Masuki Taman Sribaduga

Selain menggambarkan kondisi di kantor Bupati, warga Purwakarta juga melihat hal yang ganjil saat Bupati mereka membangun Taman Sribaduga yang dulunya adalah kawasan wisata Situ Buleud. Di Taman itu, Dedi melakukan pembangunan besar - besaran, namun setelah itu, warga diberikan batasan untuk mengunjungi taman tersebut.

“Dulu mah, warga bisa bebas main ke alun-alun dan Situ Buleud. Sekarang mah udah gak bisa. Paling hanya orang tertentu dan hari-hari tertentu kita bisa masuk dan main di sana,” ucapnya, seraya mengatakan, sejak Dedi Mulyadi menjabat menjadi bupati di Purwakarta, banyak perubahan yang terjadi di kabupaten Purwakarta.

4. Pohon Diberi Kain Kotak-kotak Hitam Putih

Memang sejak menjadi Bupati, kota Purwakarta dihiasi berbagai hiasan patung dan pepohonan yang mencirikan hal - hal berbau klenik Sunda dan Jawa. Seperti membuat Kereta Kencana di Pendopo Kabupaten Purwakarta, dan diberi kemenyan serta sesajen setiap hari, lalu dibawa keliling Purwakarta setahun sekali saat acara Festival Budaya, dengan dalih untuk membawa keliling Nyi Roro Kidul buat keberkahan dan keselamatan Purwakarta.

Selain itu, pohon-pohon di sepanjang jalan kota Purwakarta juga diberi kain "Poleng", yaitu kain kotak-kotak hitam putih, bukan untuk "Keindahan", tapi untuk "Keberkahan" sebagaimana adat Hindu Bali, dan Dedi pun mulai sering memakai ikat kepala dengan kembang seperti para pemuka adat dan agama Hindu Bali.

Dugaan masyarakat terhadap perilaku aneh Dedi Mulyadi memang kerap menimbulkan polemik. Saat wartawan menanyakan perihal perilakuknya yang mengarah pada hal - hal klenik tersebut, Dedi beralasan bahwa itu adalah bagian dari kearifan lokal yang menjadi ciri khas masyarakat Sunda.

"Wayang adalah Khasanah Kebudayaan yang melekat dalam tradisi masyarakat Jawa, seperti kita tahu ada beberapa macam wayang di Sunda Wayang Golek, Wayang Cepak. Ada wayang Kulit Cirebon, ada Wayang Ajen, Wayang Catur dan lain - lain," kata Dedi pada Sabtu (28/11/2018).

“Saya tidak melakukan kontroversi, saya melakukan apa yang semestinya saya lakukan, yang orang lain belum pernah ataupun baru melihatnya,” ujar Dedi Mulyadi dengan senyuman hangatnya.

Baca Juga: Halu Tingkat Dewa! Wirda Mansur Tulis Wishlist Mau Foto di Semua Negara, Ahli Grafologi Ungkap Fakta Mengejutkan

Istimewa

Inilah 7 aksi kontroversial yang pernah dilakukan Dedi Mulyadi. Yusuf Mansur sampai bilang liar. Foto suami Bupati Purwakarta disorot.

5. Anjuran Sebut Prabu Siliwangi Saat Lewat Jalan Tol

Dedi Mulyadi dianggap musyrik karena menganjurkan penyebutan nama “Prabu Siliwangi” setiapkali orang melewati jalan tol. Itu sebenarnya candaan, tetapi positif karena pesan dirinya adalah agar berkendara dengan silih asah, silih asih, silih asuh. Maksudnya, berkendara dengan pemikiran yang jernih, jangan mabuk, jangan ngantuk.

Silih asih adalah saling mengasihi diri, mengasihi orang lain, jangan saling lempar amarah; silih asuh yaitu berhati-hati agar tidak melukai pengendara yang lain dan selamat sampai tujuan. Dedi Mulyadi dianggap menikahi Nyi Roro Kidul.

Kenapa hal seperti ini harus dianggap serius. Menurut Dedi Mulyadi, Nyi Roro Kidul itu merupakan gambaran keindahan dan keeksotisan Laut Pantai Selatan. Menikah dengan Nyi Roro Kidul itu punya maksud bahwa kita harus melindungi, merawat, dan mencintai laut beserta kekayaan yang ada di dalamnya.

Ia pun bergurau dengan berkata, “Menteri Kelautan RI, Susi Pudjiastuti adalah sosok yang juga telah menyatu dengan Nyi Roro Kidul, menyatu dengan laut. Dia sudah bersatu dengan Nyi Roro Kidul.

Artinya, dia menjaga laut, merawat isinya, merawat manusia yang menggantungkan penghasilan dari laut, dan melindungi laut dengan cara mengebom kapal-kapal yang mencuri dan merusak laut kita”.

6. Berantas Maksiat dengan Cara Manusiawi

Dahulu Purwakarta sebelum zaman Dedi Mulyadi terkenal dengan sebutan Kota Tasbeh. Tetapi sayangnya, saat zaman tasbeh malah justru banyak maksiat, banyak copet, dan banyak pemalak. Sedangkan di zaman Dedi Mulyadi, semuanya diberantas dengan cara manusiawi. Tidak menimbulkan guncangan. Bahkan, waria saja dimanusiakan dengan diberikan pekerjaan.

Para “Pak Ogah” diberi pekerjaan dengan gaji yang manusiawi. Artinya, Dedi Mulyadi sedang menegakkan syariat Islam karena menjalankan perintah nabi. Islam oke, Pancasila pun jalan. Dedi Mulyadi adalah kaum santri yang lahir dari keluarga Nahdlatul Ulama.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Berutang Nyawa ke Syeikh Baleid, Intip Foto Mushaf Alquran Karya Pendakwah yang Mimpi Berjumpa Rasulullah

Istimewa

Inilah 7 aksi kontroversial yang pernah dilakukan Dedi Mulyadi. Yusuf Mansur sampai bilang liar. Foto suami Bupati Purwakarta disorot.

Ia mengaji sejak kecil di kampung halamannya dan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan keagamaan dari kiai-kiai kampung lazimnya warga NU. Dedi Mulyadi seperti kaum santri suka tirakat. Ia percaya pentingnya mengekang hawa nafsu, pengendalian diri sehingga ia pun rutin berpuasa senin-kamis.

Ilmu keagamaannya memang tidak tinggi, tetapi ia cukup memiliki paham agama yang baik. Cukup untuk bekal ibadah dan muamalah. Bahkan karena ia merasa senang dengan studi pemikiran, ia mendapatkan banyak khazanah keislaman dengan cara otodidak.

Dedi Mulyadi dalam hal pemikiran rendah hati karena itu ia terus belajar. Kesukaannya selain membaca buku, adalah mendekat pada tokoh-tokoh besar. Dedi Mulyadi kagum dengan Gus Dur, Cak Nur, Quraish Shihab, Gus Mus, dan sangat perhatian pada Nahdlatul Ulama.

7. Ustaz Yusuf Mansur Sampai Bilang Liar

Ustaz Yusuf Mansur, mengatakan, kebijakan dan gagasan kepemimpinan Dedi Mulyadi sebagai Bupati Purwakarta selama ini dinilai sangat liar dan berbeda dengan sistem kepemimpinan kepala daerah pada umumnya.

Meski demikian, kebijakannya yang sudah dijalankan di Purwakarta malah langsung dirasakan oleh masyarakat dan menjadi jalan keluar semua permasalahan selama ini. "Kalau bahasa kasarnya, Kang Dedi itu liar. Tapi, gagasan, pemikiran dan kebijakan seperti ini sangat dibutuhkan oleh kita. Pemimpin seperti itu sangat dibutuhkan," ujarnya saat mengunjungi Purwakarta, Jumat (9/2/2018).

Rahasia berbagai gagasan Dedi yang dituangkan melalui kebijakan saat masa kepemimpinannya di Purwakarta ternyata diambil dari pendidikan orangtua dan pengalamannya saat kecil. Yusuf Mansur pun tertarik.

Menurut Yusuf, pengalaman Dedi selama mendapat didikan kedua orangtuanya memang bisa diaplikasikan kepada para pelajar selama ini untuk mencegah terkikisnya kebudayaan sendiri oleh pengaruh luar.

"Saya juga jadi teringat ibu saya sendiri, didikan seorang ibu memang kuat. Saya melihat, pengalaman itu sudah berusaha diterapkan oleh Kang Dedi kepada anak-anak Purwakarta," kata Yusuf.

Baca Juga: Ikut Selamatkan Nyawa Ustaz Yusuf Mansur, Ini Foto Syeikh Baleid Penulis Mushaf Alquran Kerajaan Maroko

Istimewa

Inilah 7 aksi kontroversial yang pernah dilakukan Dedi Mulyadi. Yusuf Mansur sampai bilang liar. Foto suami Bupati Purwakarta disorot.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya