Tak Cuma Tendang Motor, ASN Sinjai Ternyata Tega Berbuat Begini ke Korbannya, Foto Tersangka Disebarkan

Kamis, 15 September 2022 | 11:11
Istimewa

Andi Adi ASN Pemkab Sinjai tak cuma tendang motor wanita ternyata tega berbuat begini ke korbannya. Foto tersangka disebarkan.

Fotokita.net - Oknum ASN Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan bernama Andi Adialias Andi Iswadi Bahar tak cuma tendang motor pengandara wanita di jalan. ASN yang sudah ditetapkan sebagai tersangka ini ternyata tega berbuat begini ke korbannya. Foto tersangka sengaja disebarkan.

Andi Adi berurusan dengan polisi karena menendang pemotor wanita yang masih berstatus siswi SMP di jalan hingga terjatuh. Polisi belakangan telah menetapkan oknum ASN Pemkab Sinjai inisebagai tersangka kasus kekerasan anak.

"Oknum ASN itu sudah kami tetapkan tersangka. Penetapannya tadi siang dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan," kata Kapolres Sinjai AKBP Rachmat Sumekar kepada wartawan pada Rabu (14/9/2022). Tak cuma tendang motor, ASN Sinjai ternyata tega berbuat begini ke korbannya.

Penyidik Polres Sinjai langsung melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap Andi Adi. Hasilnya, oknum ASN Sinjai didugamelakukan kekerasan terhadap anak di bawah umur.Oknum ASN itu pun dikenakan pasal perlindungan anak.

Andi Adi sebagai tersangka kasus kekerasan anak. Tersangka dijerat pasal perlindungan anak dan pasal 360 ayat KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

"Oknum kita kenakan pasal perlindungan anak dan pasal 360 ayat 2 KUHP. Ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara," sebutAKBP Rachmat Sumekar.

Oknum ASN Sinjai yang menjabat sebagai kepala seksi di Dispora Sinjai itu pun langsung ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka. "Kita langsung tahan pelakunya," jelasnya.

Baca Juga: Murka Bupati Sinjai, Aksi Viral ASN Tendang Motor Wanita di Jalan Ternyata Dipicu Masalah Sepele Ini, Foto Tampangnya Disebarkan

Istimewa

Andi Adi ASN Pemkab Sinjai tak cuma tendang motor wanita ternyata tega berbuat begini ke korbannya. Foto tersangka disebarkan.

Aksi ASN Sinjani bernama Andi Adi menendang motor wanita di tengah jalan viral di media sosial. Netizen ramai-ramai mencari tahu sosok pria berseragam ASN itu yang tega berbuat begini ke korbannya. Belakangan pemotor wanita yang ditendang Andi Adi ternyata masih berstatus siswi SMP.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menjelaskan, kelakuan oknum ASN Andi Adi alias Andi Iswadi Bahar yang menendang motor siswi SMP hingga terjatuh. Andi Adi disebut sering berbuat onar bahkan sampai berkelahi dengan rekan kerjanya.

"Andi Adi ini sudah beberapa kali pindah kedinasan. Dari informasi BKPSDM Sinjai, dia tempramen, emosinya tidak bisa terkendali," kata Andi Setokepada wartawan pada Kamis (15/9/2022).

Andi Seto mengatakan, Andi Adi juga kerap berbuat onar di tempatnya bertugas. Berdasarkan informasi yang ia terima, Andi Adi juga bahkan sering terlibat perselisihan dengan keluarganya.

"Ada beberapa kejadian (berkelahi) yang melibatkan dengan sesama ASN maupun teman dan keluarga," jelas Andi Seto.

Istimewa

Andi Adi ASN Pemkab Sinjai tak cuma tendang motor wanita ternyata tega berbuat begini ke korbannya. Foto tersangka disebarkan.

Saat ini, Polres Sinjai sudah menahan Andi Adi. Andi Seto menyebut Inspektorat Sinjai juga tengah mengambil keterangan dari oknum ASN itu. "Sisa menunggu hasil pendalaman dari Inspektorat Sinjai. Informasi dari Polres sudah ditetapkan sebagai tersangka, tentu dia akan dinonaktifkan," sebutnya.

Dia menambahkan, Andi Adi sejauh ini tidak memperlihatkan sikap keteladanan sebagai ASN. Sehingga dia menilai sanksi yang diberikan kepadanya nanti merupakan hasil dari perilakunya selama ini.

"Andi Adi melanggar tidak menunjukkan integritas, sehingga menyebabkan adanya perilaku yang menyimpan. Untuk sanksinya menunggu rekomendasi Inspektorat bisa sampai sanksi berat turun jabatan atau penonaktifan 12 bulan, dan pemecatan," tegasnya.

Baca Juga: Datangi Lokasi Food Estate, Jokowi Terpaksa Bicara Blak-blakan ke Gubernur NTT yang Dikenal Galak: Mohon Maaf...

Istimewa

Andi Adi ASN Pemkab Sinjai tak cuma tendang motor wanita ternyata tega berbuat begini ke korbannya. Foto tersangka disebarkan.

Orangtua korban, Agung mengatakan video yang viral di media sosial tidak menampilkan secara utuh insiden yang menimpa putrinya. Oknum ASN Sinjai Andi Adi diklaimnya menendang anaknya 2 kali.

"Awalnya itu dia ditendang baru terjatuh. Pas dia angkat lagi motornya saat kondisi hidup ditendang lagi. Yang saya sesalkan pelakunya adalah ASN, terlalu arogan," beber Agung kepada wartawan pada Rabu (14/9/2022).

Menurut pengakuan anaknya, Agung mengaku saat itu anaknya sudah berada di jalur jalan yang tepat. Tiba-tiba ada mobil dari arah selatan yang langsung belok.

"Pengakuan anak saya dia dari arah Polres Sinjai mau ke lapangan basket menonton temannya. Tiba-tiba muncul mobil di depannya yang membuatnya kaget dan langsung bertabrakan," tuturnya.

Agung menyayangkan oknum ASN tersebut yang memperlakukan anaknya yang masih di bawah umur dengan kasar usai bertabrakan. Apalagi sampai menendang motor anaknya hingga 2 kali.

"Kami saja orang tuanya tidak pernah bentak anak kami, ini ASN malah memperlakukannya dengan kasar. Yang saya sayangkan kenapa ditendang, apalagi dia ini ASN orang berpendidikan, dan punya jabatan, tetapi kok arogan," terang Agung.

Akibat insiden ini, korban kini menjadi trauma dan tak mau ke sekolah. "Betul, anak saya itu yang kemarin ditendang. Namanya, Haurah Anindia Putri Sanjaya, dia sekolah di SMP Negeri 1 Sinjai," kata Agung.

Istimewa

Andi Adi ASN Pemkab Sinjai tak cuma tendang motor wanita ternyata tega berbuat begini ke korbannya. Foto tersangka disebarkan.

Pemotor wanita yang ditendang Andi Andi ternyata masih berstatus siswi SMP. Akibat insiden itu, Agung menuturkan anaknya belum mau berangkat ke sekolah. Putrinya mengalami trauma usai insiden motornya ditendang oknum ASN hingga terjatuh. "Dia sudah tidak ke sekolah karena trauma," bebernya.

Apalagi selama ini kata Agung, anaknya tersebut tidak pernah ngebut di jalanan saat berkendara."Selama ini anak saya naik motor tidak pernah cepat," jelasnya.

Agung menuturkan oknum ASN Pemkab Sinjai itu bakal dilaporkan ke polisi. Perbuatan oknum ASN tersebut menurutnya tidak pantas dan dia mengaku tidak terima anaknya ditendang saat berkendara hingga terjatuh. "Makanya saya akan melapor ke polres terkait ini. Karena saya tidak terima anak saya ditendang. Saya masih di jalan ini dari Makassar," jelasnya.

Baca Juga: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Kalah di Pilkada 2020, Bupati Jember Dapat Mosi Tidak Percaya dari Wakilnya Sendiri Hingga Seluruh ASN Ikuti Aksi

Istimewa

Andi Adi ASN Pemkab Sinjai tak cuma tendang motor wanita ternyata tega berbuat begini ke korbannya. Foto tersangka disebarkan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya