Tunjuk Hotman Paris Urus Pencuri Cokelat, Ini Profil Solihin Bos Alfamart Anak Betawi yang Berani Tanggung Jawab Insiden Toko Roboh, Foto Terkininya Muncul

Selasa, 16 Agustus 2022 | 08:38
Facebook

Ini profil Solihin bos Alfamart anak Betawi yang tunjuk Hotman Paris urus kasus wanita pencuri cokelat. Foto terkininya muncul di jagat maya.

Fotokita.net - SolihinCorporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya mewakili manajemen tela menunjuk pengacara kondang Hotman Paris untuk mengurus kasus wanita pencuri cokelat bernama Mariana Ahong. Setelah terekam mencuri, Mariana melakukan intimidasi terhadap karyawan Alfamart untuk membuat permintaan maaf kepada dirinya.

Kasus Mariana Ahong yang kedapatan mencuri cokelat viral di jagat maya. Sebab, pemilik toko ponsel Boy Cellular ini memaksa karyawan Alfamart yang dituding sudah membuat dirinya dirugikan lantaran video aksi pencuriannya tersebar kemana-mana.

Pihak Alfamart tidak tinggal diam. Bos Alfamart Solihin menunjuk Hotman Paris untuk mengurus kasus pencuri cokelat yang viral itu. Lantas, ini profil Solihin bos Alfamart anak Betawi asli yang berani tanggung jawab insiden toko roboh. Foto terkininya muncul.

Solihin melalui keterangan resminya menyatakan,manajamen Alfamart memastikan kalau ancaman UU ITE yang dilakukan wanita pencuri cokelat terhadap karyawannya adalah benar. "Terkait dengan pemberitaan seorang karyawan Alfamart yang diancam UU ITE oleh seorang konsumen adalah benar," kata Solihin pada Senin (15/8/2022).

Solihin menerangkan, insiden itu terjadi di Alfamart Sampora, Kampung Sampora RT 04, RW 02, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Tangerang Selatan, pada 13 Agustus 2022 pukul 10.30 WIB.

"Karyawan kami menyaksikan kejadian konsumen yang telah mengambil barang tanpa membayar. Setelah dimintai pertanggungjawaban, konsumen baru membayar produk cokelat yang diambilnya. Dari investigasi karyawan pun menemukan produk lain yang diambil selain cokelat," papar Solihin dalam sebuah video yang juga dibagikan melalui akun Twitter Alfamart.

Kata Solihin, Alfamart sangat menyayangkan adanya tindakan lanjutan sepihak dari konsumen dengan membawa pengacara yang membuat karyawan Alfamart tertekan.

"Alfamart sedang melakukan investigasi internal lebih lanjut dan apabila diperlukan Alfamart akan mengambil langkah hukum selanjutnya," sebut Solihin.

Baca Juga: Satu Indonesia Tertawa Puas, Wanita Pencuri Coklat di Alfamart Ternyata Ketahuan Gondol Barang di Supermarket Terkenal, Foto Buktinya Auto Viral

Facebook

Ini profil Solihin bos Alfamart anak Betawi yang tunjuk Hotman Paris urus kasus wanita pencuri cokelat. Foto terkininya muncul di jagat maya.

Alfamart kemudian menunjukHotman Paris untuk mengurus kasus wanita pencuri coeklat itu. Hotman Paris juga memberikan kabar bahwa dirinya menjadi kuasa hukum perusahaan retail itu melaluiunggahan tangkapan layar yang dibagikan di Instagram pribadinya.

"Pak, mau announce untuk Alfamart menunjuk bapak sebagai kuasa hukum untuk ambil tindakan hukum," ungkap Hotman di Instagramnya, Senin (15/8/2022). Lantas, Hotman juga memastikan kalau saat ini, Alfamart sedang mempersiapkan langkah hukum yang tepat.

Terkini, keluarga Mariana Ahong wanita viral yang mencuri cokelat di Alfamart Cisaukmeminta maaf kepada pegawai Alfamart. Keluarga wanita pengambil cokelat Alfamart meminta maaf diwakili anaknya di Mapolres Metro Tangerang Selatan (Tangsel).

"Selamat malam semuanya saya Ivana Valenza putri dari Ibu Mariana memohon maaf kepada seluruh karyawan Alfamart, khusus kepada Amel, Mbak Nisa, Mas Alif, dan manajemen Alfamart secara menyeluruh," ujar Ivana Valenza anak Mariana di Mapolres Metro Tangsel, Senin (15/8/2022).

Dalam hal ini, Ivana juga secara spesifik meminta maaf kepada Alfamart Cisauk. Ia juga mengakui jika ibunya melakukan pencurian tersebut.

"Serta secara spesifik permohonan maaf terhadap Alfamart yang berada di Cisauk, Tangerang, baik dengan ini mengakui bahwa ibu saya telah melakukan pencurian 3 buah cokelat dan 2 buah sampo. Telah melakukan pengancaman terhadap saudari Amelia. Saya mohon maaf dengan sangat kepada saudara Amelia dan keluarganya," papar anak Mariana.

Tunjuk Hotman Paris untuk mengurus kasus wanita pencuri cokelat yang melakukan intimidasi karyawannya, ini profil bos Alfamart anak Betawi asli yang berani tanggung jawab insiden toko roboh. Foto terkininya muncul.

Kalau ada direksi di PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk yang rutin melakukan road show untuk menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan (stakeholder), bisa jadi adalah Solihin. Lelaki kelahiran 5 Mei 1960 ini sejak tahun 2010 lalu memang telah didapuk menjadi Corporate Affairs Director Alfamart.

Baca Juga: Pantas Razman Nasution Tekuk Lutut, Begini Cara Hotman Paris Bikin Wanita Ambil Coklat di Alfamart Terpojok, Foto Pelaku Makin Dibully

Twitter

Ini profil Solihin bos Alfamart anak Betawi yang tunjuk Hotman Paris urus kasus wanita pencuri cokelat. Foto terkininya muncul di jagat maya.

Tugasnya menjembatani hubungan perseroan dengan berbagai pihak baik di luar core bisnis utama hingga pada internal perseroan. Dan, tanpa bermaksud menonjolkan SARA, namun Solihin adalah satu-satunya diresksi pribumi, di antara hegemoni direksi keturunan Tionghoa. Tentu hal tersebut menjadi pencapai membanggakan bagi Solihin.

Karir Suami dari Sukmawati ini di Alfamart memang terbilang moncer. Solihin sendiri anak ketiga dari empat bersaudara buah hati pasangan H Dudung Mukti dan Hj Narimpen ini bergabung bersama Alfamart sejak akhir tahun 2001 dengan posisi sebagai Operational General Manager (GM).

Pelan tapi pasti karir Solihin terus menanjak. Berbagai posisi di perusahaan pun berhasil dia capai mulai dari Franchise Marketing GM, Government Relation Deputy Director, hingga kini sebagai Corporate Affairs Director Alfamart sejak 2010.

Persaingan karir di perusahaan kami tergolong sehat, sehingga parameter kesuksesan lebih diutamakan pada prestasi dan kinerjanya. Sebagai anak Betawi asli, saya tidak merasa terhambat untuk tetap berprestasi dan memberikan kontribusi terbaik, ujar sarjana ilmu Hukum dari STHI (Sekolah Tinggi Hukum Indonesia) Jakarta ini kepada Jakarta Review.

Namun, sejatinya karir suami dari Sukmawati ini bukan di Alfamart. Solihin bercerita awal tahun 1979 lalu, dirinya mengawali karir di Modern Foto Co Film sebagai tenaga pemasar (marketing) dan sempat menjadi Sales Supervisor di Kopi Gelatik di 1986.

Lalu pada 1989, dirinya memulai karir di bidang ritel di PT Indomarco Adi Prima sebagai Franchise Manager hingga tahun 2001. Baru setelah itu, ia lantas melabuhkan diri ke Alfamart.

Kini dengan menempati posisi sebagai Corporate Affairs Director Alfamart, ayah dari Ashari Kurniawan, Dwi Putri Kurnia, serta Trie Alga Kurniawan ini bertugas mengelola hubungan perusahaan dengan berbagai stakeholder. Seperti pemegang saham, masyarakat, media, perusahaan rekanan, bahkan internal karyawan.

Divisi ini, Solihin bercerita, membidangi tiga departemen di dalamnya yakni License, Corporate Communication, dan Loss Prevention (LP). Di mana peran License tak lain mengurus perizinan dan halhal hukum terkait operasional perusahaan, gudang, dan toko.

Kalau Corporate Communication itu mengimplementasikan fungsi dan peran public relations dan menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) yang tujuannya memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat luas, imbuhnya.

Baca Juga: Toko Ponselnya Terlanjur Diserbu Bintang 1, Wanita Ancam Karyawan Alfamart Ngaku Tanpa Sadar Ambil Coklat Karena Kondisi Begini, Foto Tampangnya Sudah Tersebar

Kompas

Ini profil Solihin bos Alfamart anak Betawi yang tunjuk Hotman Paris urus kasus wanita pencuri cokelat. Foto terkininya muncul di jagat maya.

Tugas terakhir yakni Loss Prevention (LP) adalah sebagai departemen atau bagian dari sebuah unit usaha yang berkoordinasi langsung ke bagian risk management di kantor pusat perusahaan.

Singkatnya, personil LP bukan hanya sekedar melakukan tindakan pengamanan, tetapi juga menyentuh aspek keselamatan dan customer service, untuk dapat mencegah sebuah resiko yang mungkin terjadi akibat praktek-praktek kerja yang terdapat dalam sebuah perusahaan.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Corporate Affairs Director Alfamart, Lulusan S2 Hukum di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dengan tesis pada konsentrasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ini bercerita banyak menjumpai beragam pengalaman yang menarik. Salah satunya dapat bertemu dan mengenal berbagai karakter. Penjagaan hubungan dengan berbagai pihak ini membuatnya mengenal beragam karakter.

Solihin menilai, awalnya pemerintah maupun masyarakat banyak yang menanamkan perspektif negatif terhadap bisnis ritel modern. Karenanya Solihin menjalin silaturahmi, menaburkan komunikasi dua arah serta mengajak observasi langsung berbagai program sosial yang dijalankan, maka perspektif tersebut mulai berbuah jadi hal positif.

Berbagai program sosial yang kami jalankan misalnya pelatihan pedagang dan bedah warungnya, serta toko mitra Alfamart. Lalu ada lagi program donasi konsumen untuk membangun rumah layak huni bagi masyarakat pra sejahtera, membangun jembatan antar kampung , membangun sekolah TK di desa, memberikan 30.000 kacamata kepada pelajar dan masih banyak lagi program sosial yang akan kami laksanakan.

“Setelah merasakan manfaat dari berbagai program sosial tersebut, kebanyakan mereka justru berbalik mendukung dan mengapresiasi langkah kami. Ini menjadi pengalaman tersendiri bagi kami untuk tahan terhadap pandangan miring dan menjadikan hal tersebut motivasi positif untuk berbuat lebih baik,” urai Solihin.

Di sisi lain, Solihin sendiri sejak kecil punya mimpi sederhana menjadi tenaga ahli bidang mesin yang akhirnya memilih pendidikan STM (saat ini dikenal SMK) jurusan Mesin. Meskipun akhirnya perjalanan hidupnya berubah dari asa masa lalu, ia tetap bersyukur.

“Saya punya prinsip untuk tetap membumi di mana pun berpijak. Manusia terbuat dari tanah dan akan kembali ke tanah, mengapa harus bersifat langit,” ungkapnya.

Dalam keluarga pun ia menanamkan suka cita serta selalu bersyukur. Hidupnya terasa lengkap. Anak pertama dan keduanya sudah bisa menyelesaikan pendidikan pasca sarjana sebagai bekal awal bergelut dalam karir bekerja. Apalagi, kini sebagai kakek dari dua cucu yang senantiasa membawa ketentraman hati.

Sebagai putera Betawi asli tak pelak Solihin ingin Jakarta kondisinya menjadi lebih baik. Menurutnya, Jakarta dari hari ke hari kian dipoles oleh berbagai perubahan. Harapan Solihin perubahan Jakarta yang modern dan kreatif juga bisa menjaga martabat budaya.

Baca Juga: Ancam Karyawan Alfamart Pakai UU ITE, Mariana Ahong Emak-emak Pencuri Coklat Ternyata Pemilik Bisnis Mentereng di BSD, Foto Tampangnya Dibongkar Habis-habisan

Facebook

Ini profil Solihin bos Alfamart anak Betawi yang tunjuk Hotman Paris urus kasus wanita pencuri cokelat. Foto terkininya muncul di jagat maya.

Dalam hidup ini, ada saatnya kita perlu melihat ke bawah untuk bersyukur. Ada saatnya pula melihat ke atas, agar tidak cepat berpuas diri. Solihin percaya, prinsip itu bisa membawa hasil memuaskan sehingga dirinya menjadi salah satu direksi di Alfamart sebagai perusahaan ritel terkemuka di Indonesia.

Salah satu keikutsertaan PT SAT Tbk, dalam menjaga perubahan Jakarta lewat pengembangan pariwisata. Karena itu Alfamart menghibahkan satu unit bus tingkat Mercedes-Benz sebagai armada tambahan Bus City Tour Jakarta.

Bus tersebut nantinya akan digunakan untuk mengajak warga dan wisatawan keliling spot bersejarah di Jakarta seperti Monas, Museum Gajah, dan banyak tempat dengan biaya cuma-cuma alias gratis.

Bukan cuma tunjuk Hotman Paris buat tangani kasus wanita pencuri cokelat, Solhin bos Alfamart anak Betawi asli itu juga berani tanggung jawab atas insiden toko roboh.

Solihin mengungkapkan, pihaknya mewakili manajemen Alfamart turut berduka cita atas musibah robohnya bangunan Toko Alfamart Jalan A Yani Km 14 Gambut Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

“Saya turut prihatin dan berbelasungkawa atas robohnya bangunan Toko Alfamart secara tiba-tiba,” ucap Solihin dalam keterangannya di Jakarta pada Senin (18/4/2022) malam.

Ia berharap doa dan dukungan semua pihak. “Doa dan dukungannya untuk kami bersama keluarga karyawan dan masyarakat yang tertimpa musibah robohnya bangunan ini,” tambahnya.

Terkait peristiwa tersebut, Ia pun menyatakan, Alfamart akan menanggung biaya pengobatan dan santunan kepada para korban. “Saat ini masih dalam proses evakuasi, dan kami mengucapkan terimakasih atas bantuan Polda Kalsel, TNI, Basarnas, Polres Banjar, BPBD Kalsel, Damkar dan Relawan, serta lainnya,” imbuh Solihin.

Untuk diketahui pada pukul 17.00 wita terjadi runtuh bangunan bertingkat tiga yang dihuni Alfamart dan toko spare part kendaraan di Jalan A Yani Km 14 Gambut Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/4/2022).

Tim Gabungan Relawan, TNI/Polri, BPBD Kalsel, dan sejumlah relawan hingga saat ini masih melakukan evakuasi terhadap korban yang masih terjebak di dalam reruntuhan bangunan. Dan korban diperkirakan belasan orang. Dalam evakuasi tersebut menurunkan sejumlah alat berat.

Baca Juga: Naik Mercy Kepergok Curi Cokelat, Emak-emak Paksa Karyawan Alfamart Minta Maaf Usai Foto Tampangnya Viral, Begini Respons Perusahaan

Twitter

Ini profil Solihin bos Alfamart anak Betawi yang tunjuk Hotman Paris urus kasus wanita pencuri cokelat. Foto terkininya muncul di jagat maya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya