Bukan Cuma Acha Septriasa, Penyanyi Top Ini Harus Hidup dengan Satu Ginjal, Foto Nikahnya Curi Perhatian

Senin, 04 April 2022 | 12:05
Instagram

Selain Acha Septriasa, penyanyi kondang inin juga harus hidup dengan satu ginjal. Foto nikahnya curi perhatian netizen.

Fotokita.net - Artis cantik Acha Septriasa harus rela hidup dengan satu ginjal. Mantan pacar Irwansyah yang kini tinggal di Australia betul-betul menjaga pola makannya. Bukan cuma Acha, penyanyi top ini juga harus hidup dengan satu ginjal. Foto nikahnya curi perhatian.

Acha Septriasa ternyata hidup dengan satu ginjal bukan karena mendapatkan penyakit berat. Dia sejak lahir memang hanya memiliki satu ginjal.

Saat menjadi bintang tamu di salah satu acara Trans7, Acha mengatakan, dia baru mengetahui kondisinya ketika ia menginjak bangku sekolah menengah atas.

Awalnya Acha sendiri tidak menyadari kalau dirinya hanya punya satu ginjal. Apalagi selama itu, ia tidak pernah mengeluh ada rasa sakit di daerah tertentu pada tubuhnya.

Acha baru mengetahui hidup dengan satu ginjal ketika duduk dibangku SMA. Ketikaitu, ia sedang syuting film tiba-tiba jatuh pingsan. Hal yang lebih mengejutkan, yakni kedua orang tua Acha Septriasa juga tak mengetahui kondisi putrinya itu.

Syukurlah hingga kini kondisi Acha Septriasa baik-baik saja, ia pun menerapkan gaya hidup sehat demi kesehatannya. Saat ini, dia tinggal di Australia bersama suaminya dan anak semata wayang yang menggemaskan.

Ternyata bukan cuma Acha Septriasa, penyanyi top ini juga harus hidup dengan satu ginjal. Bedanya, sang penyanyi sempat mengidap kanker stadium tiga hingga harus merelakan satu ginjalnya diangkat demi menyelamatkan nyawanya.

Baca Juga: Santai Hadapi Susi Latifah, Mawar AFI Justru Murka ke Keluarga Steno Ricardo, Ikut Campur Soal Foto Mesra dengan Hotman Paris

Siapa yang tak kenal dengan kiprah penyanyi top Vidi Aldiano? Nah, Vidi kini harus hidup dengan mengandalkan satu ginjal setelah melewati operasi pengangkatan ginjal.

Pada saat itu Vidi Aldiano divonis menderita kanker ginjal stadium 3 sehingga harus mengambil tindakan tersebut. Vidi Aldiano lalu menceritakan kisah dan perjuangannya yang kini hidup dengan satu ginjal kepada Nikita Willy dan Indra Priawan.

Vidi Aldiano memilih menjadi vegetarian setelah dokter melarangnya mengonsumsi daging merah. Pelantun lagu "Bertahan Lewati Senja" ini harus lebih menjaga asupan makanan setelah ginjalnya diangkat.

"Gue vegetarian sekarang karena gue itu kan sempat sakit, ginjal gue sekarang tinggal satu. So, diet-diet makanan gue semuanya yang enggak memperparah ginjal satu gue ini," kata Vidi Aldiano seperti dikutip dari video Nikita Willy Official, Jumat (4/12/2020).

Plant-based diet akhirnya menjadi pilihan Vidi Aldiano untuk menyesuaikan asupan makanan demi menjaga kondisi kesehatannya.

Vidi Aldiano tak berencana melakukan transplantasi ginjal. Penyanyi berusia 30 tahun ini lebih memilih menjaga pola makan dan gaya hidupnya meski memiliki satu ginjal.

Menurut dokter, manusia masih bisa hidup dengan mengandalkan satu ginjal di dalam tubuhnya. Oleh sebab itu, opsi melakukan transplantasi atau pencangkokan masih tidak terpikirkan Vidi.

Baca Juga: Tuhan Kasihanilah, Mantan Suami Gisel Unggah Foto Duka, Acha Septriasa Hingga Sara Wijayanto Berbela Sungkawa

Instagram

Selain Acha Septriasa, penyanyi kondang inin juga harus hidup dengan satu ginjal. Foto nikahnya curi perhatian netizen.

"Biasanya kalau sudah living with one kidney, makanya banyak yang donor ginjal, karena kalau satu ginjalnya masih sehat, itu enggak apa-apa. So far insya Allah gue jangan perlu (transplantasi ginjal)," ucapnya.

Sejak pertama kali melakukan operasi pengangkatan ginjal, Vidi Aldiano kerap mendapat tawaran donor melalui direct message (DM). Dengan penuh rasa syukur, Vidi Aldiano mengucapkan terima kasih kepada para followers yang berusaha mendonorkan ginjal kepadanya.

"Terima kasih buat semua yang udah nge-DM gue setiap hari, siapapun kalian, siapapun mereka, tapi gue belum butuh dan jangan sampai butuh ginjal lagi," kata Vidi. Beberapa di antaranya bahkan tak meminta imbalan uang saat mendonorkan ginjalnya. Mereka hanya ingin agar Vidi Aldiano tetap sehat dan bisa terus berkarya.

Pada 2020 lalu, Vidi Aldiano menjalani operasi besar di salah satu rumah sakit di Singapura. Diketahui, ia mengidap kanker ginjal stadium tiga.

Kini, pelantun lagu Nuansa Bening itu telah pulih kembali dan tentunya menjalani hidup yang lebih sehat. Berbagai pantangan-pantangan pun dijalaninya, termasuk menjaga manakan yang dikonsumsinya.

Penyanyi solo itu sempat mengurangi konsumsi protein yang berasal dari daging merah. Namun menurut dokter, hal yang dilakukan itu kurang tepat. "Sempat itu aku mengurangi makanan yang berbasis daging merah. Terus diganti sayuran," ungkap Vidi Aldiano dalam video perbincangan yang diunggah di kanal Youtube WAW Entertaiment, Senin (22/11/2021).

"Tapi ternyata aku nggak boleh makan sayur kebanyakan," imbuhnya.Hal yang membuat Vidi Aldiano tidak boleh makan sayur terlalu banyak adalah karena ginjalnya tinggal satu. Ia harus menyeimbangkan kandungan yang berasal dari daging merah dan sayuran.

Baca Juga: Merasa Tak Terima dan Tertusuk Hatinya, Penyanyi Unik Itu Ucapkan Begini dengan Nada Bergetar Buat Artis yang Pernah Bully Dirinya di Medsos

Instagram

Selain Acha Septriasa, penyanyi kondang inin juga harus hidup dengan satu ginjal. Foto nikahnya curi perhatian netizen.

"Jadi kan ternyata aku kan ginjalnya tinggal satu aku harus menjaga keratinin yang berasal dari daging merah atau kedelai," kata Vidi Aldiano. "Jadi protein dari daging merah itu baik tapi kalau kebanyakan nggak," imbuhnya.

Selain menjaga keseimbangan kandungan daging dan sayuran, Vidi Aldiano juga harus menjaga porsi makanan. Ia tidak boleh makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

"Jadi harus mindfull aja makannya. Jadi yang penting nggak kebanyakan aja makannya," ucapnya. "Ditimbang semuanya. Jadi sekarang aku nimbang-nimbang makanan," pungkasnya.

Foto nikah Vidi Aldiano sempat mencuri perhatian. Vidi resmimenikah dengan aktris Sheila Dara pada Sabtu (15/1/2022). Mengawali ijab kabul, ayah Sheila Dara, Rasjwardi Tanjung, menjabat tangan Vidi dan menyampaikan kesediaannya menikahkan anaknya.

“Saya nikahkan anak kandung saya, Sheila Dara Aisha binti Rasjwardi Tanjung kepada engkau dengan mas kawin uang 1.000 dollar Amerika dan 501 poundsterling tunai,” kata ayah Sheila Dara seperti dikutip dari kanal YouTube Vidi Aldiano, Sabtu. Dengan lantang, Vidi Aldiano lalu mengucapkan ijab kabul dengan satu tarikan napas.

“Saya terima nikah dan kawinnya Sheila Dara Aisha binti Rasuwardi Tanjung dengan mas kawin tersebut tunai," ucap Vidi. Setelah itu, penghulu menyatakan bahwa Vidi dan Sheila Dara sah menjadi suami istri.

Setelah mengucapkan ijab kabul dan menandatangani buku pernikahan, Vidi Aldiano dan Sheila Dara diminta untuk foto bersama sebelum mendengarkan ceramah. Awalnya, Vidi Aldiano menyerahkan mahar kepada Sheila Dara.

Baca Juga: Jadi Mualaf, Penyanyi Jadul Ini Lepas Hijab Usai Sang Anak Bunuh Diri, Foto Terkininya Jadi Kontroversi

Instagram

Selain Acha Septriasa, penyanyi kondang inin juga harus hidup dengan satu ginjal. Foto nikahnya curi perhatian netizen.

Sheila kemudian diminta untuk mencium tangan Vidi Aldiano sebagai tanda terima kasih dan hormatnya kepada suaminya. Kocaknya saat Sheila hendak menyalami tangan suaminya, Vidi malah mundur ke belakang.

Sheila lantas langsung tertawa dan menepuk tangan Vidi Aldiano yang juga tertawa. Akhirnya, Sheila mencium tangan Vidi Aldiano sambil tersenyum-senyum. Mereka kemudian saling menyematkan cincin.

Setelah itu, Sheila dan Vidi Aldiano kembali foto bersama memamerkan cincin dan buku nikah mereka.

Setelah menjadi suami Sheila Dara, Vidi Aldiano menerima gelar kehormatan masyarakat Minangkabau. “Izinkan saya atas nama keluarga Vidi Aldiano menyampaikan yang berkaitan diri, pengantin pria. Sesuai adat Minang (kamu diberi nama) Vidi Aldiano. (Setelah menikah kamu kita beri gelar) Sutan Sari Alam dari Bukittinggi. Jadi Vidi Aldiano Sutan Sari Alam,” kata seorang tetua adat Minangkabau di pernikahan Vidi dan Sheila, Sabtu (15/1/2022).

Lalu, MC akad pernikahan kembali menegaskan gelar yang didapat Vidi Aldiano. “Hari ini resmi Oxavia Aldiano bergelar Sutan Sari Alam. Selamat sekali lagi,” ucap MC akad tersebut.

Vidi menjelaskan makna nominal mahar yang dia berikan kepada Sheila Dara. Vidi mengatakan, mengambil mata uang dua negara tersebut karena itu adalah tempatnya menimba ilmu.

Sementara, nominal maharnya sesuai dengan tanggal pernikahan mereka, tanggal 5 bulan 1 atau Januari. “Sesuai tanggal (pernikahan) dan dua mata uang, ini adalah tempat aku kuliah dulu. Itu mewakilkan sekolah aku," ujar Vidi Aldiano dalam jumpa pers virtual, Sabtu (15/1/2022).

Baca Juga: Bernyanyilah Selalu di Surgamu, Andre Hehanussa Unggah Foto Penyanyi Lawas yang Terbaring Lemah, Meninggal Dunia Usai Dirawat

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya