Foto Bripda Randy Bagus Di Bui Sengaja Disebarkan, Fakta Novia Widyasari Alami Masalah Berat di Kampus Terungkap, Ini Buktinya

Minggu, 05 Desember 2021 | 20:26
Polda Jatim

Foto Bripda Randy Bagus sudah menjadi hujatan netizen di Tanah Air. Segala jejak digitalnya dikuliti netizen terkait kasus bunuh diri Novia Widyasari.

Fotokita.net - Foto tampang Bripda Randy Bagus, mantan kekasih Novia Widyasari Rahayu yang sudah ditahan di Rutan Polda Jatim sengaja disebarkan. Sikap Randy Bagus disebut-sebut telah mendorong Novia Widyasari mengambil keputusan nekat, bunuh diri dengan menenggak racun di sisi makam ayahnya. Kini fakta Novia sudah mengalami masalah berat di kampus terungkap. Ini buktinya.

Propam Polda Jatim memeriksa Bripda Randy Bagus personel Polres Pasuruan terkait mahasiswi Universitas Brawijaya Novia Widyasari ditemukan sudah tak bernyawa di area pemakaman umum di Desa Japan, Kec. Sooko, Mojokerto,Kamis (2/12) sekitar pukul 15.30 WIB.

Hingga sejauh ini, Novia Widyasari diduga meninggal dunia usai bunuh diri. Ia nekat mengakhiri hidupnya di makam sang ayah yang baru genap 100 hari meninggal. Namun, muncul kabar tewasnya Novia Widyasari ada kaitannya dengan seorang personel Polres Pasuruan yang diketahui merupakan kekasihnya, yaitu Bripda Randy Agus.

Setelah kasus bunuh diri Novia menggema di jagat maya, Propam Polda Jatim bergerak cepat. Terlebih lagi kasus ini sudah mendapatkan perhatian dariDeputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani."Turut memberikan perhatian terhadap kasus meninggalnya mahasiswi warga Mojokerto bernama Novia Widyasari yang diduga melakukan bunuh diri dan adanya keterlibatan oknum aparat keamanan," tulis Jaleswari melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Jaleswari meyakini Kapolri Jenderal Sigit Prabowo sudah mengambil sikap agar kasus ini terungkap. Menurutnya, penegakkan hukum harus dilakukan. "Saya yakin Kapolri telah mengambil langkah-langkah terkait penanganan kasus ini agar fakta dapat diungkap, penegakkan hukum dilakukan, dan rasa keadilan warga tidak terganggu," sebut Jaleswari.

Baca Juga: Foto Tampang Bripda Randy Bagus Digeledah Propam Ramai Dibahas, Respons Kapolri Jenderal Listyo Sigit Bikin Netizen Terkejut

Foto Bripda Randy Bagus sudah menjadi hujatan netizen di Tanah Air. Segala jejak digitalnya dikuliti netizen. Bersamaan dengan itu, berbagai curhat Novia Widyasari yang masih tersimpan di arsip digital juga diungkap.

Dalam perkembangan terkini, Bripda Randy Bagus yang sudah menjadi tersangkakasus aborsi ditahan di rutan Polda Jatim. Foto Bripda Randy Bagus di dalam bui sengaja disebarkan netizen ke media sosial.

Dari foto yang beredar, Bripda Randy Bagus terlihat memakai baju tahanan berwarna oranye. Tangan terikat di dalam bui. Ada dua foto Bripda Randy Bagus di dalam tahanan yang beredar di media sosial.

"Betul, sudah ditahan. Di rutan Polda Jatim," terang Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, Minggu (5/12/2021).

Sebelumnya,Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menyampaikan status Bripda Randy sebagai tersangka di Polres Mojokerto, Sabtu (4/12/2021) malam. Bripda Randy disangka melanggar kode etik kepolisian dan pidana umum terkait aborsi.

Baca Juga: Foto Mahasiswi Brawijaya Disorot Staf Jokowi, Bripda Randy Kekasih Novia Widyasari Resmi Jadi Tersangka

Polda Jatim

Foto Bripda Randy Bagus sudah menjadi hujatan netizen di Tanah Air. Segala jejak digitalnya dikuliti netizen terkait kasus bunuh diri Novia Widyasari.

Brigjen Slamet mengatakan, melalui rilis resmi yang disebarkan, Bripda Randy dikenai sanksi internal karena statusnya masih anggota Polri saat melanggar hukum. Yang dilanggar adalah pasal 7 dan 11 Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011. Sedangkan untuk pidana umum, baru dikenakan pasal aborsi. ”Secara pidana umum, pasal 348 jo 55,” ujarnya.

Brigjen Slamet mengatakan, barang bukti yang dimiliki untuk mendukung sangkaan terhadap Bripda Randy ada dua. Yakni, racun potasium yang ditemukan dekat Novia Widyasari, dan pil aborsi. Dari temuan awal, dikatakan kalau aborsi dilakukan dua kali. Selain itu, dia juga memastikan tidak ada tanda kekerasan fisik pada tubuh Novia Widyasari.

”Kami dapatkan juga satu bukti, bahwa korban selama pacaran sampai kemarin (sebelum bunuh diri), sudah melakukan tindakan aborsi bersama yang dilaksanakan pertama pada Maret 2020 dan Agustus 2021,” katanya.

Brigjen Slamet menceritakan awal mula anggotanya berkenalan dengan Novia. Semua bermula pada perkenalan di distro baju yang berada di Malang pada Oktober 2019. Mereka lantas berpacaran dan melakukan hubungan suami istri. Aborsi pertama dilakukan saat usia kandungan dalam hitungan minggu di kos. Sedangkan aborsi kedua, saat kandungan empat bulan.

Baca Juga: Foto Jasad Novia Widyasari Dipeluk Ibunda di Sisi Makam Ayahnya Viral, Mahasiswi Mojokerto yang Nekat Tenggak Sianida Sempat Istighfar

Facebook

Foto Bripda Randy Bagus sengaja disebarkan. Netizen langsung mengadukan kasus Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya ke Kapolri.

Polda Jatim juga menyangkakan Bripda Randy Bagus turut serta dalam melakukan aborsi karena tindakan itu dilakukan bersama-sama. Berdasarkan KUHP, ancaman untuk melakukan aborsi adalah pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan. Meski demikian, Brigjen Slamet memastikan timnya tidak berhenti pada sangkaan aborsi. Bukan tidak mungkin, Bripda Randy dikenakan pasal lain.

Bukan tanpa alasan Brigjen Slamet mengatakan hal itu. Sebab, masih ada beberapa hal yang perlu didalami. Termasuk, soal motif bunuh diri Novia Widyasari. Apakah berkaitan dengan Bripda Randy atau ada masalah lain. ”Kami akan mendalami lagi terkait penyebab itu. Kami tidak berhenti di situ. Akan dikembangkan lagi. Namun, sementara yang didapatkan bisa menjerat dari sangkaan tadi,” imbuhnya.

Polri tampaknya memang tidak boleh buru-buru dalam menutup kasus ini dengan sangkaan aborsi saja. Sebab, dalam berbagai informasi yang muncul di sosial media dan menjadi pintu masuk dalam munculnya Bripda Randy, ada berbagai informasi. Misalnya, dugaan pemerkosaan, dugaan paksaan aborsi, hingga depresi karena tekanan dari keluarga Randy maupun paman Novia Widyasari.

Bripda Randy memang sudah diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Wakapolda Brigjen Slamet memastikan jika anggotanya adalah anggota aktif yang memiliki tugas umum di Polres Pasuruan Kabupaten. Cepatnya pengungkapan kasus menjadi bukti jika Polri tidak main-main terhadap anggotanya yang melakukan pelanggaran. ”Siapapun anggota yang melanggar, kami tidak akan pandang bulu. Terduga sudah diamankan,” tegasnya.

Baca Juga: Foto Novia Widyasari Bikin Hati Netizen Remuk, Ternyata Kondisi Mahasiswi Brawijaya Sudah Tertekan Sebelum Dihamili Anggota Polisi

Facebook

Foto Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya angkatan 2016 disorot staf Presiden Jokowi, kekasihnya Bripda Randy Bagus jadi tersangka kasus aborsi.

Terlepas dari foto Randy Bagus ditahan di Rutan Polda Jatim disebarkan, fakta Novia Widyasari alami masalah berat di kampusnya terungkap. Buktinya dilaporkan pihak Universitas Brawijaya (UB).

Pihak kampus mengungkap NWR pernah melaporkan pelecehan seksual yang dialami ke fungsionaris fakultas tempat belajar.

"Yang bersangkutan (Novia Widyasari) pernah melaporkan kasus pelecehan seksual yang dialaminya kepada fungsionaris FIB (Fakultas Ilmu Budaya)," kata Dr Lucky Endrawati dari Kantor Layanan Hukum UB saat konferensi pers di Kampus Universitas Brawijaya, Minggu (5/12/2021).

Lucky mengatakan pelaporan kasus pelecehan yang dialami Novia Widyasari terjadi pada awal Januari 2020. Fakultas Ilmu Budaya saat itu langsung cepat menanggapi dan membentuk Komisi Etik untuk menangani kasus tersebut. "Pelaku merupakan kakak tingkat NWR yang juga mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FIB UB dengan inisial RAW," sambung Lucky.

Menurut Lucky, berdasarkan hasil pemeriksaan, RAW terbukti bersalah, dan UB kemudian memberikan sanksi sekaligus pembinaan. "Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap RAW, RAW terbukti bersalah, pihak UB kemudian memberikan sanksi dan pembinaan kepada RAW. Sekaligus pendampingan pada NWR dengan pemberian konseling sesuai dengan aturan yang berlaku," tuturnya.

Baca Juga: Foto Mahasiswi Cantik Jualan Crepes Tanpa Bra Bikin Geger, Begini Nasibnya Usai Ditangkap Polisi

Facebook

Foto jasad Novia Widyasari yang dipeluk sang ibunda di sisi makam ayah mahasiswi Universitas Brawijaya itu viral. Netizen syok baca curhatnya.

Pihak FIB UB sangat menjaga kerahasiaan identitas NWR agar proses akademik tetap berjalan dengan baik. NWR merupakan mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya angkatan 2016.

Peristiwa meninggalnya NWR membawa duka mendalam bagi civitas academica. UB mengapresiasi dan mendukung langkah cepat kepolisian dalam menangani kasus meninggalnya NWR dalam kaitannya dengan hubungan pribadi yang bersangkutan dengan oknum berinisial RB.

UB mengajak seluruh masyarakat untuk menghormati hak-hak pribadi keluarga korban dengan cara memberi informasi yang bijak agar tidak menimbulkan kegaduhan.

Sekaligus menghimbau setiap civitas academica UB dapat menjaga dan menjunjung tinggi nama baik UB di masyarakat dengan menegakkan hukum dan atau etika di masyarakat.

Baca Juga: Mahasiswi Nekat Tenangkan Pedemo di Dekat Istana Negara, Jokowi Malah Blusukan ke Kalimantan, Buruh Meradang: Katanya Presiden dari Rakyat...

"UB tetap konsisten dan berkomitmen melakukan segala upaya untuk mencegah dan menangani setiap tindakan yang dikualifikasi sebagai kekerasan seksual dan perundungan di lingkungan UB berdasar peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegas Dekan FIB Profesor Agus Suman.

Sebuah akun media sosial atas nama Olivia Marveen menulis, Novia pernah cerita kepada dirinya kalau salah satu seniornya pernah hampir memperkosa dia pada tahun 2016/2017.

Katanya, dia sudah melaporkan ke pihak kampus, tapi tidak ada keadilan, justru malah dapat malu hingga dia memutuskan untuk cuti. "Ini adalah bibit-bibit depresinya," tulis Olivia.

Dia sempat takut sama laki-laki, lalu berjumpa R yang sangat amat baik hingga dia bucin. Ternyata R juga adalah malapetaka. Saya masih menyimpan surat dari dekanat/surat daripihak kampus dan chat dari pihak yang meminta kasus ini diselesaikan dengan kekeluargaan karena si pelaku mau lulus.

"Selain R, pelaku yang merupakan senior Novia juga harus diusut!" pungkas Olivia dengan nada geram.

Baca Juga: Foto Haji Lulung Dibuat Koma Sudah Dibantah, Ahok Beri Komentar Begini

Facebook

Foto Novia Widyasari tersebar ke mana-mana. Foto mahasiswi Brawijaya berparas cantik ini sudah membikin hati netizen remuk redam.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya