Nasi Sudah Jadi Bubur, Foto YouTuber Soul Kuta Lombok Terlanjur Digeruduk Adam Deni, Klarifikasi Tim Ducati Ungkap Reaksi Tak Terduga

Jumat, 12 November 2021 | 11:47
Facebook

Syamsul pemilik kanal Soul Kuta Lombok sudah menyalahi aturan membuat dokumentasi kargo Ducati yang dibuka oleh pihak Bea Cukai.

Fotokita.net - Foto YouTuber Soul Kuta Lombok terlanjur digeruduk Adam Deni di media sosial. Maklum, YouTuber yang bernama Syamsul itu sudah bikin geram Adam Deni lantaran videonya sempat menjadi perbincangan di dunia internasional. Namun, klarifikasi yang dilakukan tim Ducati ungkap fakta tak terduga.

Pada Kamis (11/11/2021) publik sempat dikejutkan dengan adanya pemberitaan media asing Speedweek. Media ini memberitakan kargo tim balap Ducati yang akan berlaga di gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pekan mendatang dibuka secara ilegal.

Speedweek mengaku telah mendapatkan rekaman video dan foto salah satu panitia lokal WSBK Mandalika yang membuka kotak kargo tim Ducati.Tak hanya itu, staf lokal itu juga disebut mengutak-atik motor pembalap Michael Rinaldi.

Masih dalam artikel itu, Speedweek melaporkanDirektur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti dibuat murka atas tindakan yang dianggap lancang itu.

"Paolo Ciabatti bereaksi dengan kebingungan dan kemarahan atas kejadian yang tidak dapat ditoleransi ini," bunyi kutipan dari artikel di Speedweek.

Baca Juga: Foto Tampang YouTuber yang Bikin Tim Ducati Murka Disebarkan, Ternyata Sosoknya Punya Jabatan Ini di Sirkuit Mandalika

"Seperti yang kita ketahui kejadian seperti ini di motorsport hanya terjadi di negara dunia ketiga dan dari masa 40 tahun yang lalu." Asal tahu saja, negara dunia ketiga merupakan istilah lama yang dianggap "kasar" untuk menyebut negara berkembang.

Akibat aksi yang disebut ilegal itu membuat gaduh netizen hingga trending di media sosial. Bukan hanya itu,pihak penyelenggara hingga Bea Cukai sampai harus angkat bicara.

Video yang sempat viral di media sosial memperlihatkan seorang pria berpose dengan motor Ducati tersebut. Bahkan salah seorang YouTuber juga terbawa-bawa dan akhirnya memberi klarifikasi dan meminta maaf di media sosial.

Foto YouTuber yang diketahui bernama Syamsul ini memiliki kanal Soul Kuta Lombok. Dia mengakui telah menyebarkan video yang merekam kargo Ducati dalam kondisi terbuka. Namun, dia menolak disebut membuka kotak kargo itu. Namun, foto YouTuber ini terlanjur disebarkan luaskan di media sosial. Adam Deni pun sampai ikut berkomentar terkait hal ini.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku bagian dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group, meminta maaf atas pembukaan kargo motor Ducati di Mandalika secara ilegal.

Baca Juga: Foto Tampang Ki Soleh Pet Sengaja Disebarkan Adam Deni, Ini YouTuber yang Dihujat Gegara Konten Panggil Arwah Bikin Manajer Vanessa Angel Histeris

Facebook

Syamsul pemilik kanal Soul Kuta Lombok sudah menyalahi aturan membuat dokumentasi kargo Ducati yang dibuka oleh pihak Bea Cukai.

Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah mengatakan secara pribadi telah mendiskusikan hal ini dengan Dorna Sport dan meminta maaf karena dua hari lalu dan mereka dapat mengerti. Pihaknya menawarkan untuk berbicara dengan Ducati guna menjelaskan apa yang terjadi.

"Kami meminta maaf kepada pecinta balap motor tanah air dan Internasional atas insiden yang terjadi," kata Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah dalam keterangan tertulis yang dilansir dari Antara, Kamis (11/11/2021).

Pihak Bea dan Cukai Mataram menekankan video unboxing lain yang ramai di media sosial bukan milik mereka. "Sementara itu, dokumentasi lain yang beredar bukan diproduksi oleh Bea dan Cukai," lanjut pihak mereka yang diwakili oleh Dimas Pratama, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea dan Cukai Mataram.

Pihak Bea dan Cukai juga mengatakan, para personelnya tengah fokus melakukan pemeriksaan terhadap motor sehingga tidak memperhatikan adanya pengambilan video oleh pihak lain. Ia juga menyampaikan alasan pihak Bea dan Cukai melakukan pemeriksaan fisik terhadap motor di luar pelabuhan/bandar udara seperti lazimnya.

Sementara itu, terkait video pembukaan kargo Ducati yang viral, Bea Cukai memastikan video itu bukan dibuat pihaknya. "Sementara itu, dokumentasi lain yang beredar bukan diproduksi oleh Bea-Cukai," tegas Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Foto Pelat Nomor Mobil Rachel Vennya Diolok-olok Adam Deni, Polda Metro Jaya Bongkar Fakta Mengejutkan Sang Selebgram

Facebook

Syamsul pemilik kanal Soul Kuta Lombok sudah menyalahi aturan membuat dokumentasi kargo Ducati yang dibuka oleh pihak Bea Cukai.

YouTuber yang ikut membuat foto dan videounboxing kargo motor Ducati jelang race WSBK di Sirkuit Mandalika adalah Soul Kuta Lombok. Dia memiliki akun Instagram bernama @syamsoul_kuta_lombok. Dia biasa disapa Syamsul. Dalam profil Instagramnya, dia menulis sebagai surveyor team of Mandalika International Circuit. Rupanya, dia punya jabatan itu di Sirkuit Mandalika.

Syamsul sempat memberi klarifikasi dan meminta maaf di media sosial, di Instagram dan kanal YouTubenya. Akun Youtube itu pun telah memberikan klarifikasi di media sosial dan meminta maaf atas kejadian tersebut. Dia juga telah menghapus video yang menampilkan motor Ducati dari kanalnya.

Dalam klarifikasinya, akun itu menyebut motor sudah dibuka lebih dulu oleh pihak bea cukai. Dia mengakui kesalahannya karena tidak tahu aturan mempublikasikan foto dan video sebelum balapan.

"Klarifikasi motor di-unboxing oleh pihak bea cukai untuk mengecek kelengkapan dokumen. Saat pengambilan gambar, motor sudah dalam kondisi terbuka," tulis akun itu dalam tangkapan layar yang beredar luas di media sosial.

"Tapi saya paham ini dunia netizen. Berita pertama pasti dikira fakta. Tapi saya salah telah memvideokan proses pengecekan jadi saya minta maaf sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia yang telah membuat kalian malu," sambungnya.

Baca Juga: Foto YouTuber Bekasi yang Bikin Konten Panggil Arwah Vanessa Angel Ditantang Adam Deni, Adik Bibi Andriansyah Ungkap Fakta Mengejutkan

Facebook

Syamsul pemilik kanal Soul Kuta Lombok sudah menyalahi aturan membuat dokumentasi kargo Ducati yang dibuka oleh pihak Bea Cukai.

"Terima kasih telah mengingatkan & memberi pelajaran yang sangat berharga dalam hidupku. Saya memang tidak tau sama sekali ini tidak boleh dipublikasikan. Video langsung saya privasikan beberapa jam setelah diuplod. Saya norak, saya goblok & Terima kasih Kalian memang luar biasa," pungkasnya.

Nasi sudah jadi bubur. Foto YouTuber Soul Kuta Lombok terlanjur digeruduk Adam Deni dan netizen lainnya. Di satu sisi, Syamsul pemilik kanal Soul Kuta Lombok sudah menyalahi aturan membuat dokumentasi kargo Ducati yang dibuka hanya untuk kepentingan pemeriksaan Bea Cukai. Berita yang berkembang pun jadi kemana-mana.

Lewat Instagram Story miliknya, Adam Deni mengunggah ulang pernyataan maaf dari Syamsul Soul Kuta Lombok itu. Dia menyertakan sebaris kalimat menohok, "Kita unboxing orangnya aja. Bikin malu," kata Adam Deni.

Mendengar pemberitaan yang semakin heboh, tim Ducati Corse justru membuat klarifikasi yang memunculkan fakta tak terduga.Ducati Corse memberikan klarifikasi atas pemberitaan media asing yang menyebut mereka marah soal heboh kargo motor dibuka secara ilegal. Ducati menyatakan tidak pernah memberikan pernyataan apapun perihal soal heboh kargo motor dibuka secara ilegal.

"Bertentangan dengan apa yang diberitakan beberapa media, Paolo Ciabatti dan Ducati Corse tidak pernah memberikan pernyataan apapun terkait kejadian di Sirkuit Jalan Internasional Mandalika," demikian klarifikasi Ducati yang disampaikan melalui Twitter @ducaticorse, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga: Foto YouTuber Panggil Arwah Vanessa Angel Dihujat, Ustaz Abdul Somad Bicara Begini

Facebook

Syamsul pemilik kanal Soul Kuta Lombok sudah menyalahi aturan membuat dokumentasi kargo Ducati yang dibuka oleh pihak Bea Cukai.

Ducati menantikan antusias fans mereka di Indonesia. Ducati memastikan tim mereka akan menggeber motor di WorldSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Kami menantikan untuk melihat semua fans Indonesia kami dan mengunjungi Indonesia untuk putaran WorldSBK dan Grand MotoGP," begitu pernyataan Ducati.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB)Zulkieflimansyah angkat bicara terkait Ducati diviralkan marah karena kargo motor mereka dituding dibuka secara ilegal. Zul menyebut kabar viral yang akhirnya dibantah Ducati Corse tersebut merupakan kegaduhan tidak berdasar.

"Kemarin viral banget Ducati marah-marah karena Motornya dibuka di Mandalika. Ducati baru merilis statement bahwa Ducati nggak pernah marah-marah seperti yang diviralkan tersebut," kata Zul melalui akun Intagram miliknya, Jumat (12/11/2021). Dari kasus viral Ducati marah-marah itu, Zul meminta semua pihak untuk lebih berhati-hati membuat viral suatu kabar yang belum tentu benar adanya.

"Mari hati-hati memviralkan sesuatu yang belum tentu benar. Kegaduhan yang tak berdasar merugikan kita semua," tegasnya. Zul melanjutkan, kesalahan-kesalahan kecil dan kekeliruan dalam pelaksanaan ajang World Superbike (WorldSBK) di Mandalika bagian dari pembelajaran.

"Mari saling mendukung dan menyebarkan energi positif agar tempat kita menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan buat kita semua," ujarnya.

Baca Juga: Foto Muhammad Kece Babak Belur Bikin Heboh, Ulama Buka Suara Soal Ulah Jenderal Napoleon Bonaparte Lumuri Sang YouTuber dengan Tinja

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya