Foto Pemain Si Doel Anak Sekolahan Melekat di Hati, Ini Fakta yang Jarang Orang Tahu di Balik Sinetron Garapan Rano Karno

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:26
Instagram

Foto pemain Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati penggemar, ternyata ini sederet fakta yang jarang orang tahu di balik serial favorit.

Fotokita.net - Foto para pemain sinetron Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati para penggemarnya. Ternyata ini fakta yang jarang orang tahu di balik sinetron garapan Rano Karno yang menjadi favorit sepanjang masa.

Bagi pemirsa acara televisi tahun 90-an tentu sinetron Si Doel Anak Sekolahan selalu menjadi tayangan favorit. Maklum, ketika masa jayanya, sinetron ini berhasil merajai acara TV hingga awal tahun 2000-an.

Pada masa awal penayangannya, sinetron Si Doel Anak Sekolahan sempat mendapatkan banyak kritik. Entah itu, dari sisi pemerannya maupun jalan cerita. Namun, lambat laun sinetron berhasil meraih hati pemirsa televisi. Bukan hanya itu, penayangan sinetron ini selalu ditunggu-tunggu pemirsa.

Si Doel Anak Sekolahan adalah salah satu sinetron tayangan favorit era 90-an. Ditayangkan di RCTI, sinetron ini menceritakan keseharian masyarakat Betawi yang sangat kental. Hingga kini, Si Doel Anak Sekolahan masih memegang rekor bergengsi, sinetron yang paling lama ditayangkan di televisi Tanah Air.

Lantaran menjadi tayangan favorit sepanjang masa, foto pemain sinetron Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati. Ternyata ini fakta yang jarang orang tahu alias tersembunyi di balik sinetron garapan Rano Karno itu.

Baca Juga: 'Selamat Jalan Sahabatku, Rest In Love Sayang' Kekasih Rano Karno Unggah Foto Duka, Lawan Main Mandra di Sinetron Si Doel Meninggal Karena Covid-19

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan adalah sinetron keluarga yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Cerita yang ringan, alur cerita yang seru, dan para pemainnya yang memiliki akting natural. Menjadikan sinetron ini layak menjadi salah satu sinetron terbaik Indonesia.

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan ditayangkan di RCTI pertama kali pada tahun 1994 sampai dengan tahun 1999. Lalu dipindahkan dari RCTI ke Indosiar pada tahun 2000 sampai tamat pada tahun 2004. Lalu pada tahun 2005 dilanjutkan oleh sinetron Si Doel Anak Gedongan.

Doel yang diperankan oleh Rano Karno diceritakan mencoba mengubah imej yang melekat pada anak Betawi. Berkat kerja kerasnya, dia membuktikan bahwa anak Betawi bisa meraih kesuksesannya di dunia tanpa melupakan agama.

Kisah percintaan juga tak ketinggalan dihadirkan dalam sinetron ini. Lantas, setelah puluhan tahun berlalu, bagaimana kabar para pemain sinetron ini? Beberapa di antaranya ada yang terjun ke dunia politik dan masih eksis di industri hiburan.

Baca Juga: Innalillahi, 'Saya Ditelepon Sama Abang' Lawan Main Rano Karno Syok Bintang Sinetron Si Doel Meninggal Habis Main Bola, Foto Almarhum Ditangisi

Instagram

Foto pemain Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati penggemar, ternyata ini sederet fakta yang jarang orang tahu di balik serial favorit.

Rano Karno pernah menjabat sebagai Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut Chosiyah karena terjerat kasus suap. Sebelumnya, Rano Karno menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten, Wakil Bupati Tangerang, bahkan anggota MPR RI. Kini, Rano Karno mengabdikan diri di DPR RI untuk menyambung suara rakyat dan terus berharap bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Berperan sebagai Zaenab, Maudy Koesnaedi masih cukup aktif di dunia hiburan. Di tahun 2019, ada empat judul film yang dibintangi, termasuk Keluarga Cemara, Dilan 1991 hingga Si Doel The Movie 2. Teater pun masih dilakoni perempuan berusia 46 tahun tersebut. Terbaru, None Jakarta 1993 itu membintangi serial web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berjudul Bali Mon Amour.

Cinta segitiga Doel terjadi pada Sarah yang diperankan Cornelia Agatha. Perempuan kelahiran 11 Januari 1973 tersebut rupanya hingga sekarang masih cukup eksis di dunia hiburan. Lia, sapaan akrabnya pada tahun 2020 kemarin membintangi film Akhir Kisah Cinta Si Doel dan beberapa judul teater lainnya seperti Negeri Impian pada tahun 20019.

Mandra merupakan komedian sejak tahun 1989. Candaan yang ditawarkan Mandra pun tidak jauh-jauh dari aksen Betawi dan keluguannya. Mandra membintangi dua film pada tahun 2020, yaitu Akhir Kisah Cinta Si Doel dan Warkop DKI Reborn 4. Tak banyak yang berubah darinya, hal itu bisa dilihat di sinetron Amanah Wali 4 yang dibintanginya dengan peran Aden.

Baca Juga: Foto Rano Karno Duduk di Atas Makam Ramai Dibahas, Rupanya Ada Pemeran Si Doel Anak Sekolahan yang Sudah Meninggal Tanpa Terekspos

Instagram

Foto pemain Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati penggemar, ternyata ini sederet fakta yang jarang orang tahu di balik serial favorit.

Atun, karakter kuat lainnya yang ada di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Karakter lucu nan menggemaskan itu diperankan Suti Karno. Perempuan kelahiran 27 April 1966 tersebut adalah putri dari pasangan Soekarno M. Noor dan Istiati M. Noor. Suti diketahui membintangi film Akhir Kisah Cinta Si Doel pada tahun 2020. Diperkirakan, judul film Ashiap Man yang dibintangi dirinya pun segera tayang.

Tidak begitu banyak informasi yang didapat mengenai Suti. Namun, lewat Instagram pribadinya, dia terlihat sering membagikan kebersamaan dengan keluarganya.

Setelah 25 tahun berlalu saat pertama kali sinetron Si Doel Anak Sekolahan tayang di televisi, banyak para pemainnya yang sudah meninggal dunia.

Diawali dengan meninggalnya H. Benyamin Sueb pada tahun 1995 lalu kemudian Pak Tile pada tahun 1998 yang membuat para penggemar sinetron ini kehilangan sosok Babe Sabeni dan Engkong Ali. Ternyata masih ada lagi pemain sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang sudah meninggalkan kita semua.

H. Enun Tile atau yang sering dipanggil dengan Pak Tile ini berperan sebagai Engkong Ali, Engkong atau kakeknya si Doel di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Baca Juga: Foto Jenazah Bintang Sinetron Si Doel Terbujur Kaku Bikin Trenyuh, Lidah Rano Karno Kelu Ungkap Tabiat Asli Almarhum: Kaya Anak Monyet di Depan Kamera

Facebook

Foto pemain Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati penggemar, ternyata ini sederet fakta yang jarang orang tahu di balik serial favorit.

Pak Tile wafat pada tanggal 2 November 1998 saat umur 65 tahun, dua tahun setelah Benyamin Sueb meninggal dunia. Pak Tile dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Nyak Rodiah istri dari Engkong Ali ini memiliki karakter yang sedikit bawel dan cerewet. Pernah di salahsatu episode Nyak Rodiah marah-marah cuma gara-gara nasi berkatnya diambil si Mandra.

Nyak Rodiah yang memiliki nama asli Hj. Nachi ini meskipun beliau buta huruf, beliau mampu memerankan sosok Nyak Rodiah dengan baik.

Pada tanggal 16 Oktober 2002 beliau menghembuskan nafas terakhir di RS. Sentra Medika, Jakarta Timur. Dikarenakan penyakit komplikasi dan diabetes yang di deritanya.

Agus Basuki atau yang lebih dikenal dengan Basuki adalah anggota Srimulat. Beliau seorang anak dari mantan anggota Srimulat, Pete alias Suwito.

Baca Juga: Bukan Hanya Ashanty yang Syok, Pemeran Sarah di Si Doel Anak Sekolahan Ikut Tersentak Hingga Sebut Pesan Terakhir Buat Rina Gunawan

Instagram

Foto pemain Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati penggemar, ternyata ini sederet fakta yang jarang orang tahu di balik serial favorit.

Di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Basuki berperan sebagai Mas Karyo. Mas Karyo adalah seorang perantau dari Jawa yang mencari peruntungan di Jakarta dengan menjual batik.

Mas Karyo memiliki sifat suka mencampuri urusan orang lain. Karena sifatnya itu, orang lain akhirnya banyak yang tidak suka kepada Mas Karyo termasuk Babe Sabeni dan Mandra.

Agus Basuki meninggal seusai bermain futsal, diduga Alm. Basuki terkena serangan jantung. Beliau meninggal dunia pada tanggal 12 Desember 2007.

Saparbe Notowidagdo atau yang lebih dikenal dengan Pak Bendot adalah pelawak senior anggota Srimulat, sama seperti Mas Karyo.

Pak Bendot ini diceritakan sebagai mertua dari Mas Karyo yang datang dari kampung ke Jakarta untuk menemui Pak Besut untuk mengucapkan terimakasih karena telah membantunya dulu. Pak Bendot meninggal dunia diakibatkan oleh serangan jantung pada tanggal 23 Desember 2001. Sebelumnya ia terjatuh di kamar mandi saat ingin buang air kecil.

Baca Juga: Rintis Karir dari Panggung Kampung Hingga Menderita Komplikasi Penyakit, Mandra Kenang Kelakuan Mendiang Omas Wati yang Bikin Gemas Keluarga: Liat Dokter Aja Dia Lari

Instagram

Foto pemain Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati penggemar, ternyata ini sederet fakta yang jarang orang tahu di balik serial favorit.

Tino Karno merupakan seorang kakak dari Rano Karno (Doel) dan Suti Karno (Atun). Di sinetron ini, Tino Karno berperan sebagai Sape'i pedagang ikan yang sukses. Sape'i ingin menawarkan pekerjaan kepada si Doel, namun si Doel menolak karena masih kuliah.

Tino Karno meninggal diduga karena mengonsumsi obat-obatan terlarang. Beliau meninggal pada tanggal 3 Januari 2001 di RS. Puri Cinere, Depok.

Djoni Irawan adalah seorang aktor sekaligus pengacara. Di sinetron ini dia berperan sebagai Roy, seorang lelaki yang mengejar-ngejar cintanya Sarah (Cornelia Agatha).

Roy diceritakan sangat membenci si Doel, karena Sarah lebih memilih si Doel daripada dirinya. Pernah suatu ketika, dia sempat mempermalukan si Doel di hadapan teman-teman Sarah di pesta ulang tahunnya. Djoni Irawan meninggal pada tanggal 15 Oktober 2012 pada saat usia 54 tahun. Beliau meninggal dikarenakan mempunyai penyakit jantung.

Lalu, terakhir ada Rina Gunawan yang meninggal dunia pada 2 Maret 2021. Rina Gunawan sempat memerankan tokoh Ati, sahabat dari Sarah yang diperankan Cornelia Agatha.

Baca Juga: Sehabis Berikan Amplop Cokelat Tebal, Raffi Ahmad Dapat Pesan Menohok dari Artis Senior yang Tergolek Lemah di Atas Ranjang: Ampun, Ampun Mak Nyak!

Instagram

Foto pemain Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati penggemar, ternyata ini sederet fakta yang jarang orang tahu di balik serial favorit.

Foto pemain Si Doel Anak Sekolahan selalu melekat di hati penggemar, ternyata ini sederet fakta yang jarang orang tahu di balik sinetron garapan Rano Karno yang menjadi favorit sepanjang masa itu.

Banyak yang setuju, Si Doel Anak Sekolahan adalah sinetron yang menggunakan naskah atau skenario hanya 10 persen. Selebihnya, improvisasi yang dilakukan para pemerannya.

Berikut fakta yang jarang orang tahu di balik sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

1. Oplet si Doel yang dulu dibeli dengan harga 500 ribu sekarang ditawar Rp 1 miliar.

2. Salbieh/Ipeh/nyaknya Zaenab, sebenarnya kakak Munaroh (dalam kehidupan nyata).

3. Cang Daim babenya Munaroh, dalam kehidupan nyata adalah kakak ipar Munaroh.

4. Hans /Adam Stardust, sebenarnya orang Singapura bukan orang Belanda

5. Hans/Adam Stardust, berhenti dari Si Doel Anak Sekolahan lantaran visa Hans di indonesia sudah habis.

Baca Juga: Lama Tak Terlihat di Layar TV, Tiba-tiba Rano Karno Bagikan Kabar Kurang Enak Soal Kondisi Atun Si Doel: Cukup Doain Saja dari Rumah...

Facebook

Foto Rano Karno bersama pemeran Si Doel Anak Sekolahan.

6. Semua dialog percakapan 90% improvisasi pemain (inilah yang bikin sinetron Si Doel Anak Sekolahan hidup)

7. Rumah syuting kong ali dengan rumah doel cuman bersebelahan, tetapi pas di sinetron di bikin seperti berjauhan

8. Pagar rumah Sarah yang bisa buka sendiri adalah bohongan, belum ada teknologi pagar buka sendiri pada saat itu.

9. Rano karno atau Doel bukan orang Betawi tetapi orang Minang (dalam kehidupan nyata).

10. Pengarang buku/novel Si Doel Anak Jakarta bukan orang Betawi melainkan juga orang Minang.

11. Selain sinetron SDAS PT karnos film juga memproduksi 2 sinetron yg berbarengan KEMBANG ILALANG dan USAHA GAWAT DARURAT.

12. Pada adegan di mana Mandra didandani seperti perempuan, pas pulang dari ujian rias penganten, Mandra dan Atun kena tilang beneran, dan akhirnya dibikin menjadi adegan syuting.

13. Mobil Mitsubishi Lancer yang dipakai Sarah adalah mobil Bang Doel.

Baca Juga: Sehabis Ikut Nimbrung Komentari Oplet Si Doel yang Mau Ditukar Rolls Royce Raffi Ahmad, Artis Senior yang Jarang Terekspos Ini Tiba-tiba Bikin Panik Maudy Koesnaedi: Alhamdulliah, Enggak Apa-apa...

Facebook

Foto Rano Karno bersama pemeran Si Doel Anak Sekolahan.

14. Djoni Irawan/Roy, adalah sahabat akrab Rano Karno di kehidupan nyata, di sinetron menjadi musuh.

15. Babe pernah bilang, "sekali-kali lu jadi gubernur, jangan cuman jadi supir oplet kyak gua". Di kehidupan nyata rano karno pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten. Rano Karno lalu menjadi Gubernur Banten setelah menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang tersangkut kasus korupsi.

16. Pada saat Doel berangkat ke Swiss, seharusnya ada beberapa episode yang menayangkan kegiatan kerja doel di Swiss dan Prancis, tetapi dibatalkan, karena waktu itu indonesia dilanda krisis moneter 1998, jadi cuman diambil beberapa footage saja di SDAS 4 di episode pertama.

17. Pemeran Lala di SDAS adalah pemeran saras 008.

Baca Juga: Sudah Lama Dirawat, Ternyata Komedian Jadul Omas Wati Meninggal Dunia Lantaran Dua Penyakit Kronis Ini

18. Rumah makan Doel yang ada di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, adalah rumah makan milik Rano Karno.

19. Sarah/Cornelia Agatha selalu belajar sama Mandra di sela-sela istirahat syuting bagaimana caranya melakukan improvisasi yang alami atau natural.

20. Cornelia/Sarah di kehidupan sehari-sehari malah akrab dengan sebutan Sarah, dimana image sarah sudah melekat pada dirinya.

21. Pada episode, dimana doel di terima kerja di cabang Pertamina dan Doel di tugaskan di kepulauan natuna, sebenarnya adegan merobek surat panggilan kerja tidak ada di dalam skrip, lantaran Babeh Sabeni marah beneran karena di kehidupan nyata banyak anak-anak dan pemuda-pemuda Betawi yang kerja merantau dan meninggalkan kota betawi, yang seharusnya dijaga dan dilestarikan kebudayaannya.

Baca Juga: Foto Ariel Noah Bersanding Dina Lorenza Dibilang Serasi, Rupanya Mantan Ratu Sinetron Ini Alami Trauma Gegara Dua Kali Jadi Janda

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya