Pantas Putri Haji Isam Bisa Pamer Foto Jokowi di Pabrik Ayahnya, Ternyata Begini Hubungan Presiden dengan Pengusaha yang Sempat Disebut Teman Dekat Syahrini

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:30
Setkab

Putri Haji Isam bangga memamerkan foto bisnis baru ayahnya yang langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi. Terkuak hubungan keduanya.

Fotokita.net - Putri Haji Isam atau Andi Syamsuddin Arsyad bangga memamerkan foto bisnis baru milik ayahnya yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dulu Liana Saputri atau biasa disapa Liana Jhonlin mencak-mencak gegara rumor skandal Syahrini masuk akun gosip.

Hati putri Haji Isam sedang berbunga-bunga. Liana Jhonlin baru saja mengikuti acara penting terkait bisnis baru ayahnya. Hal ini tampak dari foto yang diunggah di Instagram Story miliknya.

Putri Haji Isam bangga memamerkan foto bisnis baru ayahnya yang langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi. Liana Jhonlin mengikuti acara peresmian itu sejak awal. Dia juga membuat video kedatangan Jokowi ke lokasi acara. Jokowi datang ke acara itu dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Liana Jhonlin begitu bangga ayahnya, Haji Isam atau Andi Syamsuddin Arsyad mendampingi orang nomor satu di Indonesia. Kamera milik Liana Jhonlin terus diarahkan ke Jokowi saat penandatanganan prasasti peresmian bisnis baru sang ayah.

Rupanya, Haji Isam sekarang telah melirik bisnis biodiesel. Dia telah membangun pabrik biodiesel senilai Rp 2 triliun di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pabrik milik PT Jhonlin Agro Raya ini yang diresmikan Jokowi pada Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Foto Istri Haji Isam Muncul, Sahabat Nikita Mirzani Respons Begini Usai Juragan Batu Bara Disebut Kirim Bunga Buat Syahrini

Dalam acara peresmian itu, Jokowi menegaskan pentingnya hilirisasi dan industrialisasi kelapa sawit untuk dilakukan di Tanah Air mengingat potensinya yang sangat besar. Menurut Presiden, potensi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang dimiliki Indonesia mencapai 52 juta ton per tahunnya sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Hilirisasi, industrialisasi harus dilakukan dan harus kita paksa untuk dilakukan," ujar Jokowi saat meresmikan pabrik biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Jokowi menjelaskan bahwa memperkuat industri biodiesel merupakan pilihan yang sangat strategis di masa mendatang dalam rangka meningkatkan ketahanan energi nasional serta menekan besarnya defisit neraca perdagangan akibat impor solar.

"Artinya kalau kita sudah bisa memproduksi sendiri biodiesel di sini dijadikan campuran menjadi solar, impor kita juga akan turun drastis. Sehingga ini catatan saya di tahun 2020 menghemat devisa sebesar Rp38 triliun, diperkirakan di tahun 2021 akan menghemat devisa Rp56 triliun," sebut Jokowi.

Baca Juga: Foto Haji Isam Jarang Beredar, Bos Tambang yang Dikabarkan Dekat dengan Syahrini, Kini Jadi Incaran KPK Gegara Kasus Ini

Setkab

Putri Haji Isam bangga memamerkan foto bisnis baru ayahnya yang langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi. Terkuak hubungan keduanya.

Selain itu, pembangunan pabrik biodiesel tersebut juga diyakini akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan, menjaga stabilisasi harga minyak sawit mentah (CPO), dan membantu meningkatkan kualitas lingkungan melalui kontribusi pengurangan emisi gas rumah kaca.

Jokowijuga mengingatkan pentingnya memegang teguh komitmen untuk meninggalkan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan. Oleh karena itu, Jokowi mendorong agar produksi biodiesel terus ditingkatkan. "Tahun 2021 ditargetkan kita mampu memproduksi dan menyalurkan 9,2 juta kiloliter dan saya minta nanti ini tahun depan juga bisa meningkat lebih tinggi lagi," ujar Jokowi.

Jokowi pun mengapresiasi PT Jhonlin Group yang telah membangun pabrik biodiesel dalam rangka industrialisasi CPO ke biodiesel sehingga dapat memberikan nilai tambah yang lebih besar dan menciptakan produk-produk turunan dari CPO.

"Kita berharap juga nantinya ada perusahaan-perusahaan lain yang mulai menghilirisasikan, mengindustrialisasikan CPO-nya baik menjadi minyak goreng, baik jadi kosmetik atau menjadi barang setengah jadi atau barang jadi lainnya," ungkapnya.

Bagi Jokowi, Haji Isam bukanlah orang asing.Dalam dunia politik, Haji Isam sempat menjadi Wakil Bendahara Kampanye Tim Jokowi - Amin dalam Pilpres 2020.

Baca Juga: Tak Peduli Suaminya Dibilang Jalin Asmara dengan Syahrini, Begini Foto Cantik Istri Haji Isam yang Senang Tenteng Tas Seharga Rumah, Ternyata Jadi Teman Dekat Krisdayanti

Liana Jhonlin

Putri Haji Isam bangga memamerkan foto bisnis baru ayahnya yang langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi. Terkuak hubungan keduanya.

Kedatangan Presiden Jokowi ke perusahaan Haji Isam bukan kali pertama. Sebelum meresmikan pabrik biodiesel milik Haji Isam di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang, Kamis 21 Oktober, Presiden Jokowi juga pernah memeresmikan pabrik gula dan perkebunan tebu milik PT Prima Alam Gemilang (PAG).

Pabrik gula di Bombana, Sulawesi Tenggara itu, adalah anak perusahaan PT Jhonlin Batu Mandiri yang tak lain adalah bisnis milik Jhonlin Group milik Haji Isam.

Haji Isam memiliki nama lengkap Andi Syamsuddin Arsyad. Pengusaha kelahiran Batu Licin, Kalimantan Selatan pada 1 Januari 1977 tercatat sebagai pemilik Jhonlin Group.

Johlin memiliki lini usaha batubara di bawah bendera PT Jhonlin Baratama, lalu ada perusahaan perkapalan Jhonlin Marine and Shipping, Jhonlin Air Transport, perusahaan sewa atau rental jet pribadi hingga perusahaan biodiesel Jhonlin Agro Raya sampai pabrik gula dan dan pekebunan tebu PT Prima Alam Gemilang, anak perusahaan PT Jhonlin Batu Mandiri.

Baru-baru ini, nama Haji Isam membetot perhatian lantaran ada dugaan perusahaan Haji Isam menyuap pejabat pajak berkaitan dengan nilai pajak perusahaannya.

Baca Juga: Suaminya Dibilang Kirim Helikopter Pribadi Buat Jemput Syahrini, Begini Foto Paras Cantik Istri Haji Isam Pengusaha Batu Bara yang Berteman Dekat Diva Musik Indonesia

Liana Jhonlin

Putri Haji Isam bangga memamerkan foto bisnis baru ayahnya yang langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi. Terkuak hubungan keduanya.

Dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Senin 4 Oktober, sidang itu mengadili terdakwa Angin Prayitno Aji, mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dan Dadan Ramdani selaku Kepala Subdirektorat Kerja Sama dan Dukungan Pemeriksaan di Ditjen Pajak terungkap sepak terjang dugaan penyuapan itu.

Adalah saksi Yulmanizar yang juga mantan anggota tim pemeriksa pajak di Ditjen Pajak yang menyebut keterlibatan Haji Isam dalam Berita Acara Perkara no 41 itu.

Yulmanizar mengaku sempat bertemu orang bernama Agus Susetyo yang tak lain adalah konsultan pajak PT Jhonlin milik Haji Isam. Dalam pertemuan itu, Yulmanizar menyebut Jhonlin minta agar nilai perhitungan pajak PT Jhonlin Baratama dikondisikan Rp 10 miliar saja.

Yulmanizar menyebut, dalam pertemuan itu, permintaan pengkodisian nilai pajak Jhonlin adalah permintaan langsung dari pemilik PT Jhonlin Baratama yakni Samsuddin Andi Arsyad atau Haji Isam.

Menelusuri kepemilikan Haji Isam di Jhonlin Baratamata juga nampak dari data Kemenkumham. Jhonlin Baratama dimiliki Jhonlin Group dengan kepemikikan 408.000 saham atau senilai Rp40,8 miliar, lalu ada nama Hj Nurhayati sebanyak 359.840 saham atau senilai Rp 35,9 miliar, sementara Haji Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam sendiri 32.160 atau senilai Rp3,2 miliar.

Baca Juga: Pernah Disebut-sebut Kirim Bunga Buat Syahrini, Pengusaha Batu Bara Ini Punya Istana Megah Sekelas Hotel Bintang 5 Bali. Intip Foto-fotonya

Setkab

Putri Haji Isam bangga memamerkan foto bisnis baru ayahnya yang langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi. Terkuak hubungan keduanya.

Perusahaan ini memiliki modal dasar sebanyak Rp 320 miliar dengan modal ditempatkan senilai Rp80 miliar.

Beberapa tahun silam, putri Haji Isam, Liana Jhonlin mencak-mencak gegara skandal Syahrini yang dihubungkan dengan ayahnya masuk akun gosip. Meski sempat tutup mulut, Liana Jhonlin akhirnya merasa gerah.

Ketika itu,publik sempat dibuat penasaran dengan sosok Mr, H yang disebut-sebut tengah menjalin hubungan dengan Syahrini. Banyak publik yang kemudian menyebut jika pria tersebut merupakan ayah dari offroader cantik bernama Liana Saputri atau Liana Jhonlin.

Ketika muncul berita terkait Syahrini, para netizen berbondong-bondong menandai akun Instagram Liana. Tentu Liana sangat merasa terganggu. Dilansir dari akun Instagram Lambe Turah, Selasa (13/3/2018). Liana pun akhirnya buka suara.

Liana Jhonlin membantah keras jika sang ayah mempunyai hubungan dengan Syahrini. Offroader cantik ini juga meminta agar netizen tak membuat kesimpulan sendiri.

Ia juga meminta agar keluarganya tak disangkut pautlan dengan srama yang dibuat oleh Syahrini. Tentu pernyataan Liana tersebut kemudian membuat banyak netizen semakin heboh.

Baca Juga: Foto Arief Direktur TV Swasta Jadi Sarjana Teknik Muncul, Selalu Tagih Janji Kampanye Jokowi, Kini Dicokok Polisi Gegara Raup Miliaran dari Konten Hoaks

Liana Jhonlin

Putri Haji Isam bangga memamerkan foto bisnis baru ayahnya yang langsung diresmikan oleh Presiden Jokowi. Terkuak hubungan keduanya.

Tak sedikit netizen yang menyebut jika kabar tersebut hanya sebagai pengalihan isu ketika Syahrini berfoto manja di jalan tol. Komentar pun berdatangan dari para warganet.

@luckyalz_zulfikar, "Ya i yalah dari mana coba duitnya dari mana..........kaga mingkin tu duit dateng sendiri."

@cucun_sunarti, "Please jgn jdi pelakor ...nti fans nya pada jdi gk suka...tetaplah menjadi bintang di langit."

@shaanggie, "ini ky pengalihan isu yg kasus tol."

@titiananugrah69, "Pengalihan isu Dan Cari sensasi."

Baca Juga: Foto Mantan Presiden Dewan Keamanan PBB yang Puji Jokowi Jenius Beredar, Rupanya Diplomat Ini Juga Bikin Wajah Ahok Memerah

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya