Foto Arie Untung Tengahi Permintaan Maaf McDanny Jadi Perdebatan, Komika Penghina Habib Rizieq Dilaporkan ke Polisi, Sudah Cium Tangan Pengacara Imam Besar

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:18
Instagram

Foto Arie Untung di antara permintaan maaf McDanny ke pengacara Habib Rizieq memicu perdebatan netizen.

Fotokita.net - Foto Arie Untung yang menenganhi permintaan maaf komika McDanny ke pihak Habib Rizieq Shihab jadi perdebatan di antara netizen. Komika penghina Habib Rizieq itu dilaporkan ke polisi meski sudah cium tangan pengacara Imam Besar.

Arie Untung mengunggah sebuah konten perdamaian antara komika McDanny yang sebelumnya tertangkap basah menghina Habib Rizieq Shihab dengan pengacara mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu. Konten video perdamaian ini diunggah Arie Untung di Instagram pribadinya yang sudah terverifikasi pada Rabu (20/10/2021).

McDanny juga mengunggah foto Arie Untung yang berdiri bersama komika yang sudah menghina Habib Rizieq dan pengacara Imam Besar itu. Namun, respon netizen jauh lebih sedikit ketimbang unggahan Arie Untung di Instagram.

Dalam konten islah McDanny dengan pengacara Habib Rizieq, Arie Untung menuliskan pesan panjang lebar. "To the point. Terkait mengenai beberapa statement mengenai nilai2 agama yang terpapar di video, semalam sudah diutarakan permohonan maaf Mcdanny kepada semua ummat muslim yang terluka dng kata2nya," tulis Arie Untung seperti dikutip Fotokita.net, Rabu (20/10/2021).

Dia lalu melanjutkan, "Terkait Hinaan terhadap pribadi IB (Imam Besar). Alhamdulillah Telah dilakukan ishlah bersama. Pertemuan langsung mcdanny dan Bang @azizyanuarlaw kuasa hukum keluarga Imam Besar semalem dan @irdaan , lancar dijalankan. Mengejutkan Pesan yang disampaikan menyiratkan kelembutan hati IB dalam memandang yang salah faham dng beliau."

Baca Juga: Kerap Pasang Foto Tampang Konyol, Komika McDanny Kini Disebut Ketakutan, Ahli Ungkap Gestur Asli Komika Usai Hina Habib Rizieq

Arie Untung juga menyebutkan isi pembicaraan islah McDanny dengan pengacara Habib Rizieq telah diunggah di kanal YouTube miliknya. Dia juga meminta agar netizen menyudahi kata-kata kasar terhadap McDanny. "Stop kata2 yang akan menambah dosa. Ganti dengan harapan2 terbaik," tegas Arie Untung.

Foto Arie Untung di antara permintaan maaf McDanny ke pengacara Habib Rizieq memicu perdebatan netizen. Banyak netizen yang menyatakan tidak setuju McDanny bisa langsung dimaafkan. Mereka tetap ingin komika penghina Habib Rizieq itu tetap diproses melalui jalur hukum.

"Jika tdk diproses dgn hukum akan bnyak lahir Mc Danny yg lain.. Krn beranggapan semua bisa selesai dgn meminta maaf.. Sedangkan penghinaan caci maki terhadap ulama dan habaib terus terjadi," kata @adzka_stones."Gak bakalan insaf ini orang yakin gue.Dia minta maaf karena takut aja ntar dimassa sama orang," sebut @yuswati427.

"Proseslah..gak ada kata maaf,kalo gini terus makin bertaburan orang-orang kek gini..kehed siah," timpal @dickypermana_sidik.

Baca Juga: Foto McDanny Digeruduk Gegara Hina Habib Rizieq, Guru Lawak Tukul Arwana Sentil Komika Tanah Air: Pada Bandel Nggak Bisa Dibilangin

Instagram

Foto Arie Untung di antara permintaan maaf McDanny ke pengacara Habib Rizieq memicu perdebatan netizen.

Tampaknya perdebatan netizen di foto Arie Untung yang menjadi tuan rumah perdamaian McDanny dengan pengacara Habib Rizieq telah didengar seseorang yang melaporkan penghina mantan pemimpin FPI itu ke polisi.

Buntut dari ucapannya menghina Habib Rizieq Shihab yang viral di media sosial, McDanny dilaporkan ke polisi. Komika tersebut dilaporkan lantaran ucapannya dianggap mengandung unsur kebencian.

McDanny mendapatkan sorotan hebat setelah sebuah video viral di dunia maya. Lokasi video itu di Kota Bandung. Dalam video itu dia terdengar menyebut nama Habib Rizieq Shihab. Awalnya, McDanny yang berada di depan keramaian melontarkan candaan. Dia juga menyindir soal wanita berhijab yang datang ke lokasi itu.

"Sori, sori baru minum bir. Minum bir di Root's mah halal. Lebih halal dari sabu," kata McDanny. "Dan thank you banget untuk cewek-cewek yang berkerudung di sini, tapi lu asyik banget. Kita ketemu di neraka," sambungnya diiringi dentuman musik dari disc jockey (DJ).

Tak sampai di situ, di atas panggung, McDanny juga melontarkan hinaan untuk Habib Rizieq. "F*** Habib Rizieq," ujarnya. Dia tampak tertawa lepas sambil terus berjoget. "Kalau ada polisi, gue kena nih," sambungnya lagi.

Baca Juga: Foto Tangan Kanan Habib Rizieq Shihab Beredar, Ikut Bantu Jenderal Napoleon Bonaparte Hajar Muhammad Kece di Bui

Instagram

Foto Arie Untung di antara permintaan maaf McDanny ke pengacara Habib Rizieq memicu perdebatan netizen.

Tidak lama setelah itu, McDanny menyadari jika hal itu mungkin melanggar hukum. "Kalau ada polisi gue kena nih," ujarnya lagi sebelum mengganti topik candaannya.

Beberapa netizen geram dengan ulahMcDanny tersebut. Mereka menilaicandaan itu tidak lucu, justru mengarah ke hinaan.

Bahkan warganet juga mendesak agar McDanny memberikan klarifikasinya. Bahkan beberapa dari mereka juga meminta agar komika tersebut ditangkap polisi.

"Cocok nya Ngandang lagi/cukup Tanda tangan Materai ? Me'#TangkapMcDanny kandangin," cuit akun @tauruscu***.

"Setiap manusia berhak untuk bangga dengan potensi yang ia miliki,tapi tidak dengan cara membenci apa yang ia tidak sukai. Bangga menjadi orang Indonesia yang memili tradisi dan prestasi," akun @kehedchoic9*** berpendapat.

Baca Juga: Foto Mantan Panglima FPI Bareng Tommy Soeharto Muncul, Ini Alasan Tangan Kanan Habib Rizieq Lolos dari Kasus Penganiayaan Muhammad Kece

Instagram

Foto Arie Untung di antara permintaan maaf McDanny ke pengacara Habib Rizieq memicu perdebatan netizen.

McDanny sudah meminta maaf atas ucapannya itu. Video permintaan maaf McDanny diunggah si komika di akun Instagram-nya sebagaimana dilihat pada Selasa (19/10). McDanny beristigfar, mengucap syahadat, istigfar lagi, lalu menyampaikan permohonan maafnya.

"Saya McDanny ingin mengucapkan maaf sebesar-besarnya kepada umat muslim, seluruh umat muslim, kepada ormas-ormas Islam terutama kepada para ulama, para habaib, dan keluarga besar Habib Rizieq karena atas apa yang saya katakan, saya ucapkan, tidak pantas untuk saya katakan," tutur McDanny.

Sekalipun sudah cium tangan pengacara Imam Besar Habib Rizieq Shihab, McDanny dilaporkan ke Mapolrestabes Bandung, Selasa (19/10) kemarin. Laporan tersebut tertuang dengan nomor laporan STPB/335/X/2021/JBR/Polrestabes.

Pelapornya merupakan seseorang di Bandung. Perwakilan pihak pelapor, Sonny Chaniago, mengatakan alasan pelaporannya itu dilakukan agar tidak ada konflik di masyarakat. Sebab, ucapan McDanny bisa menimbulkan kegaduhan. "Jangan sampai video ini menimbulkan konflik," ujar Sonny kepada wartawan, Rabu (20/10/2021).

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Rudi Trihandoyo membenarkan adanya laporan tersebut. Pihaknya akan menindaklanjuti laporan yang masuk. "Ada laporan, kita terima, pasti kira tindaklanjuti," kata Rudi.

Baca Juga: Unggah Foto Bareng, Ini Sosok Sahabat Deddy Corbuzier yang Disebut Terlibat Penembakan 6 Laskar FPI

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya