Foto Yosef Hidayah Kini Makin Sering Diunggah Sahabatnya, Suami Korban Penuhi Permintaan Terakhir Sang Istri Sebelum Pergi ke Rumah Bini Muda

Jumat, 01 Oktober 2021 | 16:09
Instagram

Terlepas dari foto Yosef Hidayah yang makin sering diunggah sahabatnya itu, polisi tanpa kenal lelah memeriksa sejumlah saksi kunci berulang-ulang.

Fotokita.net - Foto Yosef Hidayah kini tampak semakin sering diunggah sahabatnya melalui media sosial. Suami korban pembunuhan di Subang, Jawa Barat mengaku memenuhi permintaan terakhir sang istri sebelum pergi ke rumah bini mudanya.

Polisi terus berupaya mengungkap misteri yang menyelimuti kasus pembunuhan di Subang. Tim penyidik yang berasal dari Bareskrim Polri, Polda Jabar dan Polres Subang bekerja keras mengurai satu per satu fakta yang dapat dijadikan dasar sebagai penetapan tersangka pelaku pembunuhan.

Kasus pembunuhan di Subang sudah berjalan lebih dari 40 hari, namun polisi terus meminta publik bersabar untuk menantikan hasil penyelidikan. Sedari awal, netizen terus melemparkan isu panas berkaitan dengan pelaku pembunuhan.

Isu yang dilemparkan semakin liar sejak beredar video mediasi arwah kedua korban melalui jin qarin yang disebarkan melalui platform YouTube. Dalam video itu, paranormal memancing reaksi netizen untuk menuding seseorang tanpa berdasarkan fakta.

Netizen semakin menjadi-jadi menuduh keterlibatan salah satu saksi yang diperiksa polisi sebagai pelaku pembunuhan. Mereka melontarkan tudingan tanpa dasar itu di berbagai kolom komentar yang membahas kasus pembunuhan di Subang.

Melihat kenyataan itu, Rohman Hidayat, pengacara sekaligus sahabat Yosef Hidayah tak tinggal diam. Foto suami korban pembunuhan di Subang ini kini makin sering diunggah sahabatnya di akun Instagram pribadinya.

Baca Juga: Foto Tampang Ki Joko Buono Muncul, Paranormal yang Mengaku Kirim Gendam ke Pelaku Pembunuhan di Subang, Kepala Desa Buka Suara

Saat mengunggah foto Yosef Hidayah, Rohman Hidayah melontarkan pesan yang jelas. "Ayo pastikan azas praduga tak bersalah; hati-hati dengan jari kalian saat membuat komen," tulis sahabat suami korban pembunuhan di Subang itu seperti dikutip Fotokita.net, Jumat (1/10/2021).

Dalam foto yang diunggah Rohman Hidayah, Yosef tampak bersantai bersama sahabatnya. Bukan hanya ini, Rohman Hidayat juga mengunggah foto wawancara eksklusif yang dilakukan Aiman Witjaksono dari Kompas TV dengan kliennya.

Tentu saja, Rohman Hidayat merasa perlu untuk makin sering mengunggah foto Yosef Hidayah di Instagram sebagai bentuk dukungannya. Terlebih lagi, di tengah tudingan yang semakin membabi buta terhadap kliennya.

Sebelumnya, Rohman Hidayah juga memberikan pesan lewat foto Yosef Hidayah yang bersantai bersama kedua sahabatnya usai menjalani pemeriksaan polisi yang kesepuluh kalinya.

"Sudah ke 10x dipanggil kepolisian … cukup melelahkan; let the truth enlighten me ????," tulis Rohman Hidayah pada keterangan foto Yosef Hidayah yang diunggah pada 16 September lalu.

Dalam sebuah kesempatan, Roihman Hidayah juga menginginkan polisi bisa cepat mengungkap pelaku pembunuhan di Subang. Tujuannya, Yosef Hidayah dapat terlepas dari hukuman publik yang dilontarkan tanpa memiliki dasar yang jelas.

Baca Juga: Pengacara Yosef Pamer Foto Wawancara Eksklusif, Ini Alasan Suami Korban Pembunuhan di Subang Dicoret dari Daftar Penerima Gaji Yayasan Miliknya

Instagram

Terlepas dari foto Yosef Hidayah yang makin sering diunggah sahabatnya itu, polisi tanpa kenal lelah memeriksa sejumlah saksi kunci berulang-ulang.

Terlepas dari foto Yosef Hidayah yang makin sering diunggah sahabatnya itu, polisi tanpa kenal lelah memeriksa sejumlah saksi kunci berulang-ulang. Pembunuhan di Subang yang sudah merenggut nyawa Tuti Suhartini dan anaknya, Amalia Mustika Ratu itu membuat polisi bekerja ekstra hati-hati di antara masalah yang sangat kompleks.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, mengabarkan pihaknya hingga kini belum dapat memberikan informasi terkait siapa dalang kasus pembunuhan di Subang.

Rusdi menyebut kasus ini sangat kompleks sekali, apalagi tidak ada seorang pun saksi yang mengetahui kejadian nahas ini. Sehingga pihak penyidik kesulitan mencari titik terang terkait kasus ini.

"Yang jelas, masalahnya ini kompleks sekali. Karena apa? Terutama adalah tidak ada saksi yang melihat daripada kejadian itu sendiri. Tidak ada saksi itu," kata Rusdi kepada Tribunnews.com, Jumat (24/9/2021).

Untuk itu, kata Rusdi, penyidik harus memiliki bukti-bukti lain yang bisa merujuk untuk mengungkap dalang pembunuhan ibu dan anak di Subang tersebut, termasuk tes kebohongan kepada para saksi.

"Bagaimana Polri mengungkap daripada kasus ini dengan melakukan olah TKP mencari bukti yang berhubungan dengan kejadian itu. Dari bukti-bukti itulah akan diteliti oleh penyidik sehingga penyidik dapat mengungkap kasus itu."

Baca Juga: Pantas Foto Amalia Mustika Ratu Liburan Bareng Keluarga Sering Diunggah, Ternyata Gaji Korban Pembunuhan di Subang Bikin Melongo

Instagram

Terlepas dari foto Yosef Hidayah yang makin sering diunggah sahabatnya itu, polisi tanpa kenal lelah memeriksa sejumlah saksi kunci berulang-ulang.

Polisi terus melakukan pendalaman dari olah TKP kasus pembunuhan di Subang. Dari hasil pendalaman ditemukan beberapa hal yang dicurigai dan mengarah kepada pelakunya. Di antaranya CCTV maupun yang lainnya saat kejadian pembunuhan sadis tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar Erdi A Chaniago berharap masyarakat bersabar dan menunggu hasil kepolisian. "Supaya semua tidak menduga-duga dan mereka-reka, biarkan penyidik bekerja," kata Erdi A Chaniago, Kamis (30/9/2021).

Erdi mengatakan, saat ini penyidik gabungan dari Bareskrim Mabes Polri, Polda Jabar dan Polres Subang masih dan sedang melakukan pendalaman.

Penyidik melakukan kegiatan penyelidikan secara konvensional. Pendalaman terkait masalah pembuktian-pembuktian secara konvensional mulai dari olah TKP kemudian mengarah kepada ditemukan beberapa hal yang dicurigai. "Baik CCTV maupun yang lain," katanya.

Erdi, dalam kesempatan itu, menyebut lamanya pengungkapan kasus Subang bukan karena ada kendala-kendala. Menurut dia, penyidik hanya membutuhkan waktu untuk bisa mengungkap secara jelas.

"Ini sedang kita dalami secara intensif adanya kesesuaian petunjuk dengan bukti yang ada," katanya. Menurutnya, polisi dalam hal ini membutuhkan waktu, tidak bisa semudah itu menuduh seseorang tanpa mempunyai bukti dan petunjuk.

Baca Juga: Foto Anak Istri Muda Yosef Ikut Balapan Motor Ramai Dibahas, Ini Respons Anak Sambung Suami Korban Pembunuhan di Subang Disebut Anggota Geng Motor

Instagram

Rohman Hidayat, pengacara Yosef Hidayah, suami korban mengunggah foto menohok di akun Instagram pribadinya.

"Ini yang masih kita laksanakan. Dalam artian, silakan masyarakat menduga dan sebagainya tetapi kami profesional untuk menentukan tersangka," tegasnya. Selain itu, seluruh petunjuk bukti diterima secara detail dan hasil evaluasi nanti ada gelar perkara untuk menentukan bisa dilanjutkan atau tidak.

"Kami penyidik masih berkonsentrasi dalam upaya pengungkapan dengan menyimpulkan bukti dan petunjuk," kata dia menambahkan. Prinsipnya pengungkapan ini tidak sulit. Hanya saja, kata dia, perlu waktu karena setiap tindak pidana memiliki karakteristik berbeda.

"Pada prinsipnya tidak sulit, hanya kita membutuhkan waktu karena menentukan tersangka ini kan namanya pro justitia," katanya. Erdi menjelaskan dengan menemukan tersangka kita harus mempunyai bukti yang ada. Ini bukan kesulitan tapi membutuhkan waktu.

"Karena setiap perbuatan pidana itu tidak sama pengungkapannya. Karena ini menyangkut menghilangkan nyawa orang lain, ya kita harus benar-benar mencari orang yang benar-benar melakukan," ujar dia.

Itu sebabnya, hingga saat ini, Jumat (1/10/2021), polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus ini. Terbaru, polisi kembali memeriksa suami dan ayah korban, Yosef, Rabu (29/9/2021). Dalam pemeriksaan itu, Yosef mendapat 16 pertanyaan dari penyidik.

Di antaranya, Yosef ditanya soal temuan log telepon Yosef ke Amalia pada Rabu pagi atau saat terjadi peristiwa pembunuhan. "Hari ini berita acara tambahan lagi. Ada 16 pertanyaan tambahan untuk Pak Yosef berkaitan dengan pagi hari ada log telepon."

Baca Juga: Foto Istri Muda Yosef Pamer Motor NMAX Disorot, Suami Korban Pembunuhan di Subang Ternyata Punya Kendaraan Pelaku, Yoris Ungkap Fakta Sebenarnya

Facebook

Yosef Hidayah bersama istri mudanya, Zasmin Hidayah. Foto istri muda Yosef Hidayah yang memamerkan motor NMAX disorot netizen.

"Jadi, Pak Yosef pagi-pagi jam 07.24 WIB telepon Amel, tapi handphone-nya tidak ada yang angkat. Kemudian 07.26 WIB, telepon Yoris (kakak Amel,-Red), tapi yang mengangkat istrinya."

"Istrinya Yoris ditelepon bilang bahwa Yoris tidur. Nah kemudian ketika Pak Yosef ada di kantor polisi, Yoris kemudian nelepon. Hanya mengoonfirmasi keterangan-keterangan saksi lain yang berhubungan dengan Pak Yosef. Hari ini itu saja tambahannya," kata Kuasa Hukum Yosef, Rohman Hidayat, dikutip dari video KompasTV.

Menurut Rohman, Yosef menelepon Amel di hari pembunuhan karena saat datang ke rumah Tuti ia melihat bekas ban mobil di pintu masuk rumah Tuti. Sementara itu, dalam wawancara di program Aiman yang videonya diunggah Kamis (28/9/2021), Yosef membantah ia membunuh istri dan anaknya.

"Tidak sama sekali melakukan apapun," katanya. Yosef kemudian menceritakan detik-detik saat ia pergi ke rumah Tuti di hari pembunuhan. Menurut Yosef, pada Selasa malam, ia masih bertemu dengan Tuti sekitar pukul 21.00 WIB.

Setelah bertemu Tuti, ia kemudian berpamitan. Tuti kemudian menyebutkan permintaan terakhir agar Yosef menutup gerbang depan.

"Pah tolong, kalau mau keluar besinya diselop lagi," ujar Yosef menirukan perkataan Tuti. Suami korban pembunuhan di Subang memenuhi permintaan terakhir sang istri sebelum pergi ke rumah bini mudanya, Mimin Mintarsih.

Baca Juga: Foto Motor Biru Parkir di Rumah Korban Pembunuhan di Subang Dikulik, Potret Mimin Istri Muda Yosef di Atas NMAX Curi Perhatian

Facebook

Tuti Suhartini (kiri) dan Yosef Hidayah (kanan). Emosi suami korban pembunuhan di Subang yang meluap dikulik, pakar ekspresi mengungkap fakta sebenarnya.

Setelah dari tempat Tuti, Yosef langsung menuju rumah bini mudanya, Mimin. Sesampainya di rumah Mimin sekitar pukul 21.30 WIB, ia pun langsung tidur bersama sang istri.

Yosef kemudian mengaku bangun pada Rabu pukul 04.30 WIB. Setelah itu ia pergi ke rumah Tuti untuk mengambil stik dan sepatu golf karena ia berencana untuk bermain golf.

Namun, saat tiba di rumah sekitar pukul 07.15 WIB, rumah dalam kondisi berantakan. Ia memanggil Tuti dan Amalia namun tidak ada jawaban.

Yosef pun berpikir terjadi penculikan karena ia sempat melihat bekas ban mobil di depan gerbang. "Kita kaget rumah sudah berantakan. Langsung saya teriak memanggil anak dan istri, tapi tidak menemukan (keduanya)" ujarnya.

Yosef melanjutkan, setelah itu ia memanggil Ujang, petugas kebersihan di depan rumah dan berencana melapor ke Polsek. Sebelum ke Polsek, Yosef mengaku lebih dulu pergi ke rumah kakak Tuti.

Ia mengabarkan terjadi penculikan. "Wak wak, di sana itu penculikan, setelah itu baru melapork ke Polsek," ujar Yosef.

Dikatakan Yosef, saat kembali ke TKP bersama polisi, di TKP sudah dipenuhi warga. Atas informasi warga juga diketahui mayat Tuti dan Amalia ternyata berada di bagai mobil Alphard. "Informasi ada mayat di mobil itu dari warga," katanya.

Disinggung soal utang atau musuh, Yosef mengaku sama sekali tidak memiliki utang ataupun musuh.

"Tidak sama sekali," ujar dia.

Baca Juga: Terkuak! Foto Kendaraan Pelaku Pembunuhan di Subang, Emosi Suami Korban yang Meluap Dikulik, Ini Fakta Sebenarnya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya