Pengacara Yosef Pamer Foto Wawancara Eksklusif, Ini Alasan Suami Korban Pembunuhan di Subang Dicoret dari Daftar Penerima Gaji Yayasan Miliknya

Kamis, 30 September 2021 | 13:11
Instagram

Pengacara Yosef Hidayah itu merasa perlu menunjukkan foto wawancara eksklusif kliennya lantaran tuduhan netizen yang semakin liar.

Fotokita.net - Pengacara Yosef Hidayah, Rohman Hidayat memamerkan foto wawancara eksklusif kliennya perihal kasus pembunuhan di Subang, Jawa Barat di Instagram. Ternyata ini alasan suami korban pembunuhan di Subang dari daftar penerima gaji yayasan miliknya sendiri.

Kasus pembunuhan di Subang belum juga terungkap hingga saat ini. Kasus yang sudah menyita perhatian publik ini sudah berjalan lebih dari 40 hari terhitung sejak penemuan jasad kedua korban yang bernama Tuti Suhartini (55) dan anaknya, Amalia Mustika Ratu (23) pada 18 Agustus lalu.

Polisi sudah memeriksa puluhan saksi, termasuk suami, kakak, dan keluarga dekat korban. Polisi juga sudah menggelar tes kebohongan terhadap saksi. Namun, semuanya belum bisa mendorong polisi untuk menetapkan tersangka pelaku pembunuhan di Subang.

Baru-baru ini, pengacara Yosef Hidayah, suami korban pembunuhan di Subang, memamerkan foto wawancara eksklusif kliennya dengan Aiman Witjaksono dari Kompas TV. Dalam keterangan foto wawancara eksklusif itu, Rohman Hidayat mengucapkan terima kasih kepada jurnalis yang menggelar sesi tanya jawab untuk konten televisi.

"Hatur nuhun mas. Sudah membantu menyampaikan fakta yang sebenarnya," tulis Rohman Hidayat yang menunjukkan foto wawancara eksklusif Yosef dengan Aiman seperti dikutip Fotokita.net, Kamis (30/9/2021).

Pengacara Yosef Hidayah itu merasa perlu menunjukkan foto wawancara eksklusif kliennya lantaran tuduhan netizen dalam kasus pembunuhan yang masih berjalan semakin liar di media sosial. Netizen beramai-ramai menuduh Yosef sebagai pelaku pembunuhan di Subang hanya berdasarkan asumsi dan rumor yang beredar.

Baca Juga: Foto Tampang Anak Muda Penata Sandal Tamu Masjid Ciater Subang Viral, Netizen Syok Begitu Tahu Fakta Sebenarnya

Dalam wawancara eksklusif itu, Aiman berhasil mengorek keterangan dari suami korban pembunuhan di Subang.

Yosef Hidayah menangis saat memberikan pesan kepada Sang Pembunuh. Yosef mengeluh tentang dugaan yang mengarah pada dirinya sebagai pelaku pembunuhan itu. Ia sedih campur marah.

“Tidak, bukan saya (pelakunya)," kata Yosef.

Yosef menjelaskan seluruh alibinya. Ia bukanlah orang yang berada di balik pembunuhan ini. Ia sama sekali tidak mengetahui kejadian itu dan tidak berada di lokasi kejadian.

Selain itu, Yosef mengungkapkan rasa sayangnya yang luar biasa kepada Amel, putrinya. “Amel itu anak kesayangan saya!” kata Yosef kepada saya, eksklusif, sambil menangis.

Aiman yang sengaja datang langsung kelangsung ke Subang, Jawa Barat, untuk mencari sejumlah fakta atas kasus yang masih misterius ini.

Baca Juga: Pantas Foto Amalia Mustika Ratu Liburan Bareng Keluarga Sering Diunggah, Ternyata Gaji Korban Pembunuhan di Subang Bikin Melongo

Instagram

Pengacara Yosef Hidayah itu merasa perlu menunjukkan foto wawancara eksklusif kliennya lantaran tuduhan netizen yang semakin liar.

Awalnya, polisi menduga pelakunya adalah orang dekat. Sebab, tidak ditemukan jejak-jejak perampokan. Tidak ada barang hilang kecuali 1 ponsel milik Amel. Ini juga jadi pertanyaan, kenapa hanya ponsel Amel yang hilang? Apakah karena Amel sempat memergoki aksi para pelaku dan merekamnya? Entahlah!

Dugaan bahwa pelaku adalah orang dekat diperkuat dengan fakta bahwa tidak ada satu pun pintu dan jendela rumah korban yang rusak. Kemungkinan ia memiliki kunci untuk masuk ke dalam rumah.

Fakta lain, pelaku diduga tahu denah rumah tersebut. Pelaku datang dan langsung menuju kamar Tuti Suhartini. Besar kemungkinan Tuti adalah sasaran utama pembunuhan ini. Hasil autopsi polisi, Tuti dinyatakan tewas pada tengah malam. Sementara Amel berselang beberapa jam kemudian, jelang pagi hari.

Dari hasil autopsi juga diketahui bahwa Amel sempat melakukan perlawanan terhadap pelaku. Dari sinilah muncul dugaan, Amel dieksekusi setelah ibunya. Ada petunjuk Amel bergumul dengan pelaku. Apakah karena Amel memergoki pelaku? Lagi-lagi masih harus dibuktikan lewat penyelidikan.

Memang dalam beberapa tahun terakhir keluarga ini tengah dilanda konflik. Suami Tuti, Yosef Hidayah, telah menikah secara siri dengan perempuan lain bernama Mimin Mintarsih, yang kerap dipanggil Ibu Mimin. Yosef, Mimin, dan Tuti usianya sama, 55 tahun.

Baca Juga: Foto Anak Istri Muda Yosef Ikut Balapan Motor Ramai Dibahas, Ini Respons Anak Sambung Suami Korban Pembunuhan di Subang Disebut Anggota Geng Motor

Instagram

Pengacara Yosef Hidayah itu merasa perlu menunjukkan foto wawancara eksklusif kliennya lantaran tuduhan netizen yang semakin liar.

Mimin secara siri menjadi istri muda Yosef sejak 2009 silam. Setelah menikah, Yosef dan Mimin membangun sebuah yayasan pendidikan untuk tingkat SMP dan SMK tak jauh dari tempat tinggal mereka.

Aiman juga berjumpaputra sulung Yosef dan Tuti, Yoris Raja Amanullah. Menurut Yoris, dalam beberapa tahun terakhir, ibunya mengambil alih kepengurusan yayasan karena di bawah Yosef pengelolaan keuangan berjalan tidak baik.

"Papa sering meminta uang, kenapa?" saya bertanya pada Yoris. "Karena (penghasilannya) sudah di-cut oleh Mama (Tuti)," jawab Yoris. "Hasil dari yayasan tidak lagi ke Papa karena Papa boros!” tambah Yoris.

Yosef Hidayah ternyata sudah lama dicoret dari daftar penerima gaji dari Yayasan Bina Prestasi Nasional milik keluarga besarnya. Pasalnya, setelah yayasan dikelola langsung istri dan kedua anaknya, yakni Yoris dan Amalia Mustika Ratu pengelolaan keuangan menjadi sangat ketat.

Hal ini terungkap dari pengakuan Yoris kepada wartawan beberapa hari lalu. Dia membeberkan kondisi keluarganya, termasuk hubungan dengan sang ayah Yosef, setelah adik dan ibunya, Amalia dan Tuti ditemukan terbunuh pada 18 Agustus 2021 lalu.

Baca Juga: Foto Motor Biru Parkir di Rumah Korban Pembunuhan di Subang Dikulik, Potret Mimin Istri Muda Yosef di Atas NMAX Curi Perhatian

Facebook

Foto Tuti Suhartini bahagia liburan bareng anak Yoris kerap diunggah di akun Facebook milik putra sulungnya itu. Cucunya terus merengek minta ini.

"Keuangan (yang bersumber dari yayasan) untuk Papah (Yosef) sudah di-cut alias tak diberi oleh Mama, Papa boros. Papah hanya dapat sedikit untuk transport saja," sebut Yoris.

Menurutnya, Yosef sering meminta uang kepada anaknya Amalia yang menjabat sebagai bendahara yayasan. Termasuk untuk biaya transport dan kebutuhan lain-lain, yang didapat alakadarnya dari Amalia.

Bahkan ayahnya juga sering meminta uang kepada Yoris. Sementara peran Yosef di yayasan keluarga hanya sebatas mengontrol, jarang dilibatkan terlalu jauh dalam pengelolaan keuangan yayasan.

"Dari yayasan saya mendapatkan gaji Rp12 juta/bulan. Sementara Amel dan Mama masing-masing mendapat Rp10 juta. papah gak dapat," kata dia.

Saat ini Yoris menjabat sebagai ketua yayasan keluargnya tersebut. Sementara ayahnya tidak diperankan untuk memiliki jabatan strategis. Hal itu karena kondisi yayasan sempat bermasalah saat dikelola oleh Yosef bersama istri mudanya, terutama dalam pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Foto Tuti Suhartini Bahagia Liburan Bareng Anak Yoris Diunggah, Cucu Korban Pembunuhan di Subang Terus Merengek Minta ke Rumah Neneknya

Facebook

Foto Tuti Suhartini bahagia liburan bareng anak Yoris kerap diunggah di akun Facebook milik putra sulungnya itu. Cucunya terus merengek minta ini.

Kondisi pengelolaan keuangan yayasan kembali membaik setelah diambil alih oleh keluarga dari Tuti, bersama Yoris dan Amalia. "Kalau butuh uang ya begitu, minta ke Amel. Dari yayasan si Papah gak dapat," tutur Yoris.

Ditanya soal sumber keuangan untuk memenuhi kebutuhan ayahnya dengan isri mudanya Mimin, Yoris mengaku tidak tahu. Dia hanya tau, ayahnya tidak mendapatkan jatah honorarium dari yayasan keluarga.

Bahkan, soal tudingan ayahnya Yosef yang memiliki banyak uang lantaran memiliki hobi main golf, menurut Yoris itu tidak betul. Mobil Alphard untuk keluarga juga bukan hadiah dari sang ayah.

Yoris menceritakan, mulai aktif ikut mengurusi yayasan keluarga sejak tahun 2013. Hanya saja dia tidak langsung duduk sebagai ketua yayasan. Saat itu jabatan ketua masih dipegang oleh ayahnya Yosef. Sampai pada 2016/2017, jabatan ketua yayasan dipercayakan kepada Yoris.

"Saya baru masuk 2013, dari tata usaha, administrasi, sambil belajar lah gitu. 2018 itu almarhumah Amel dan Mamah mulai ikut mengurus. kemajuannnya signifikan, terutama pencatatan keuangan. Guru-guru juga yang sebelumnya gajihan tiga bulan sekali, jadi satu bulan sekali,” tutur Yoris.

Yoris juga mengungkap penyebab renggangnya hubungan dengan Yosef. Keterangan tersebut disampaikan Yoris usai tahlilan ibu dan adiknya (Tuti dan Amel), Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Terkuak! Foto Kendaraan Pelaku Pembunuhan di Subang, Emosi Suami Korban yang Meluap Dikulik, Ini Fakta Sebenarnya

Facebook

Foto Tuti Suhartini bahagia liburan bareng anak Yoris kerap diunggah di akun Facebook milik putra sulungnya itu. Cucunya terus merengek minta ini.

Menurut Yoris, salah satu penyebab kerenggangan hubungan dengan Yosef adalah karena ayahnya itu hanya menghadiri tahlilan sebanyak dua kali. Yoris juga menyebut kali terakhir dirinya berkomunikasi dengan Yosef pada saat acara tahlilan kedua.

"Kata uwak Lilis, papa itu cuma dua hari sih. Tahlilan juga gitu," ucap Yoris.

Yoris mengatakan, inisiatif untuk menggelar tahlilan bahkan bukan datang dari Yosef, melainkan dari dirinya sendiri dan kakak almarhumah Tuti.

"Tidak ada. Paling ya kita aja sih. Saya sama kakak mamah ya, uwak Lilis gitu kan. Ya kita aja keluarganya, keluarga dari mamah aja, kalau papa enggak ada," lanjutnya.

Sebelumnya, Rohman Hidayat mengungkap bahwa hubungan kliennya dengan anak pertamanya Yoris renggang. Penyebab renggangnya hubungan keduanya adalah tempramen keras dari Yoris.

"Pak Yosef menilai anaknya temperamental dan sering marah-marah. Bahkan pak Yosef mengaku sempat diancam dengan senjata tajam," kata Rohman Hidayat, dikutip dari Tribunnews.com, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Pengacara Yosef Unggah Foto Suami Korban, Pelaku Pembunuhan di Subang Disebut Pakai 2 Jenis Kendaraan Ini

Instagram

Pengacara Yosef Hidayah itu merasa perlu menunjukkan foto wawancara eksklusif kliennya lantaran tuduhan netizen yang semakin liar.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya