Sebentar Lagi Hirup Udara Bebas, Foto Terakhir Korban Kebakaran Lapas Tangerang Jadi Sorotan, Lidah Ibunda Kelu: Ketemunya Nyawa Udah Nggak Ada

Kamis, 09 September 2021 | 07:39
Instagram

Foto terakhir korban kebakaran Lapas Tangerang di akun Instagram miliknya menjadi sorotan yang sebentar lagi menghirup udara bebas.

Fotokita.net - Insiden maut yang melanda Lapas Kelas I Tangerang meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Salah satu korban kebakaran Lapas Tangerang ternyata sebentar lagi akan menghirupa udara bebas. Dia sempat mengunggah foto terakhir melalui akun Instagram miliknya. Lidah sang ibunda kelu saat mendapati nyawa anaknya sudah tiada.

Ibunda korban kebakaran Lapas Tangerang menangis tersedu saat mendapati anaknya menjadi salah satu napi yang tewas dalam insiden maut di Rabu (8/9/2021) dini hari. Air mata Evi Nilasari (48), ibunda dari Petra Eka, tumpah ketika bercerita tentang anaknya yang tewas dalam kebakaran itu kepada wartawan.

Evi Nilasari mendatangi RSPolri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk mendatangi proses identifikasi korban tewas dalam peristiwa kebakaran Lapas Tangerang. Seperti kita ketahui, sebanyak 41 napi harus meregang nyawa lantaran tak bisa menyelamatkan diri dalam kamar sel yang terkunci. Menurut petugas, api yang membesar dalam sekejap membuat pihak Lapas Tangerang gagal mengeluarkan napi dari setiap kamar sel.

Evi Nilasari mengaku kaget saat dirinya mengetahui kabar meninggalnya sang putra lantaran jadi korban kebakaran di Lapas Tangerang.

"Dia terakhir pasang status di Instagram, "akhir-akhir ini gak tahu kenapa selalu kepikiran pulang". Ternyata apa yang dia tulis bukan pulang ke rumah, tapi pulang ke asal," cerita Evi sembari menangis.

Kata Evi, anaknya sebentar lagi menghirup udara bebas. Korban kebakaran Lapas Tangerang itu sempat mengunggah foto terakhr. Namun, foto unggahan itu malah membuat lidah sang ibunda kelu, "ketemunya nyawa udah nggak ada."

Baca Juga: Foto Korban Kebakaran Lapas Tangerang Jadi Sorotan, Rupanya Napi dalam Kondisi Begini Saat Insiden Maut Terjadi

Petra Eka berusia 25 tahun. Dia tercatat sebagai napi kasus narkoba.Petra Eka menghuni Blok C2 Lapas Tangerang, lokasi terjadinya kebakaran maut. Evi mendapatkan kabar dari suaminya, setelah sang suami melihat pemberitaan soal kebakaran Lapas Tangerang.

"Dia (suami) bilang coba lihat berita. Itu dibilangnya di Blok C, anak saya di Blok C2. Jadi sudah pasti terkurung api, udah gosong anak saya," ujar Evi sambil menangis di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Dalam keadaan kalut, Evi mencoba menghubungi call center Lapas Tangerang yang tertera di layar televisi. Sayangnya, call center tidak mengangkat panggilan Evi.

Tanpa pikir panjang, Evi langsung berangkat ke Lapas Tangerang. Ia mencari tahu nasib anaknya itu.

"Iya datang (ke Lapas Tangerang) karena saya tahu Blok C2 itu tempat anak saya. Jadi bener, data anak saya ada di nama orang mati. Ada namanya dari polisi yang pegang. Belum di berita karena belum teridentifikasi. Tapi isi yang blok-blok itu anak saya ada di situ," ujarnya.

Baca Juga: Foto Korban Kebakaran Lapas Tangerang Bikin Syok, Polisi Curiga Api Berasal dari Sini Hingga Melalap Bangunan

Instagram

Foto terakhir korban kebakaran Lapas Tangerang di akun Instagram miliknya menjadi sorotan yang sebentar lagi menghirup udara bebas.

Evi tidak banyak bercerita soal kasus anaknya sehingga ditahan di Lapas Tangerang. Namun, ia mengungkapkan Petra 5 bulan lagi bebas.

"Iya, 5 bulan lagi mau bebas, tapi saya nggak bisa ketemu lagi. Ketemunya juga nyawa udah nggak ada," katanya sambil terisak.

Sebelum insiden maut terjadi di Rabu dini hari,Petra Eka sempat meng-update status di Instagram dengan tulisan 'ingin pulang'.

"Dia terakhir pasang status di Instagram, 'akhir-akhir ini gak tahu kenapa selalu kepikiran pulang'. Bukan pulang ke rumah, tapi pulang ke asal," tutur Evi Nilasari (48), ibunda Petra, di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/9/2021).

Evi menceritakan ia terakhir kali berkomunikasi dengan anaknya itu pada Sabtu (4/9) malam. Keduanya berkomunikasi via direct message Instagram.

Baca Juga: Hotman Paris Unggah Foto Emak-emak Pencuri Susu Sembari Koar-koar, Pemilik Toko Akhirnya Berungkali Minta Maaf di Depan Polisi

Instagram

Foto terakhir korban kebakaran Lapas Tangerang di akun Instagram miliknya menjadi sorotan yang sebentar lagi menghirup udara bebas.

"Di Instagram, karena dia punya handphone dihancurin petugas katanya. Jadi chatting-nya lewat Instagram, ke Instagram saya," ujarnya.

Terakhir, pada Minggu (5/9), Petra hanya mengucapkan terima kasih kepada Evi setelah dikirimi uang.

"Malam Minggu (terakhir komunikasi). Hari Minggu dia cuma bilang terima kasih Mama udah kasih uang. Udah dikirimin Rp 100 ribu," ujarnya.

Apabila ditelusuri melalui akun Instagram @petraeka.11, korban kebakaran Lapas Tangerang ini mengunggah foto terakhir melalui IG Story. Foto terakhir di lini masa akun Instagram miliknya tertanggal 28 Juni. Dalam unggahan itu, Petra Eka mamerkan foto dirinya berpose di depan kamera.

Dalam foto unggahan itu, Petra Eka menyisipkan pesan menyentuh, "bertahan hidup harus bisa bersikap lembut, walau hati panas bahkan terbakar sekalipun."

Baca Juga: Jadi Pejabat Negara Paling Kaya di Tanah Air, Ini Foto Istri Dato Sri Tahir yang Rela Cuma Makan Bubur Agar Suaminya Tetap Setia

Instagram

Foto terakhir korban kebakaran Lapas Tangerang di akun Instagram miliknya menjadi sorotan yang sebentar lagi menghirup udara bebas.

Sontak foto terakhir korban kebakaran Lapas Tangerang itu menjadi sorotan. Teman-teman Petra Eka terkejut usai mengetahui rekannya itu menjadi salah satu korban tewas.

"Caption lo woyyyy????????????," tulisdandupierre.

"Istirahat yang tenang ya ka, kita semua sayang sama kaka..." kata __ciaomaria.

"God beside u," doa dari @ceksskiess.

Petra Eka sempat mengunggah foto dirinya seakan punya firasat pergi untuk selamanya melalui akun instagramnya pribadinya @Petraeka.11.

Dalam update status di IG Storynya, Petra mengunggah kebersamaannya dengan beberapa temannya sambil mengungkapkan curahan hatinya yang seakan hidupnya tak lama lagi.

Baca Juga: Suami Korban Grogi Dicecar Pertanyaan Kunci Pembunuhan di Subang, Pengacara Yosef Ungkap Pesan Terselubung Lewat Foto Ini

"Weyy Kapan nih Kita bisa ngebolang lagi wkwkwk," tulisnya.

"Perasaan dari kemaren-kemaren Kok tiba-tiba kepikiran ulang mulu yee!!!" tambahnya.

Evi menambahkan, dirinya dan putranya sendiri memang sering berkomunikasi walaupun hanya melalui direct message Instagram lantaran handphone yang dimiliki Petra sudah disita oleh petugas saat pemeriksaan.

"Dia terakhir kasih pesan ke saya pada Sabtu malam kemarin, dia bilang "terima kasih Mama udah kasih uang. Udah dikirimin Rp 100 ribu". Dan komunikasi kita memang hanya melalui itu (direct message) karena handphone-nya sudah dihancurin petugas, jadi chatting-nya hanya lewat Instagram ke Instagram saya," kenang Evi.

Baca Juga: Curhat Lewat Foto Mesra, Kekasih Coki Pardede Sakit Hati Video Penangkapan Sang Komika Viral, Kapolda Metro Angkat Bicara

Instagram

Foto terakhir korban kebakaran Lapas Tangerang di akun Instagram miliknya menjadi sorotan yang sebentar lagi menghirup udara bebas.

Evi sendiri tak menyangka bahwa anaknya yang akan bebas lima bulan lagi termasuk dalam korban meninggal. Setelah anaknya dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara selama 6 tahun.

"Saya sedih lima bulan lagi mau bebas, tapi sayang kami tak bisa ketemu lagi dengan keadaan sehat. Saya malah ketemu dia setelah enggak ada nyawa begini," ucapnya lirih.

Foto terakhir korban kebakaran Lapas Tangerang di akun Instagram miliknya menjadi sorotan yang sebentar lagi menghirup udara bebas. Lidah sang ibunda kelu dan cuma bisa berkata lirih, "ketemunya nyawa udah nggak ada."

Baca Juga: Suami Korban Buat Pengakuan Jujur Soal Pembunuhan di Subang, Pengacara Yosef Unggah Foto Hitam Putih dengan Potongan Ayat Kitab Suci

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya