Pantas Kabur Pakai Helikopter Penuh Uang Tunai, Ternyata Segini Kekayaan Presiden Afghanistan, Intip Foto Mewah Ashraf Ghani

Selasa, 17 Agustus 2021 | 16:05
Instagram

Ashraf Ghani yang tinggal di Kabul ternyata memiliki kekayaan yang fantastis. Intip foto mewah Presiden Afghanistan sebelum digulingkan rezim Taliban.

Fotokita.net - Presiden Afghanistan Ashraf Ghani kabur memakai helikopter yang penuh dengan uang tunai. Ashraf Ghani yang tinggal di Kabul ternyata memiliki kekayaan yang fantastis. Intip foto mewah sang presiden sebelum digulingkan rezim Taliban.

Ashraf Ghani yang kini berusia 72 tahunmelarikan diri dari Afghanistan pada Minggu 15 Agustus setelah pasukan Taliban mengambil alih kekuasaan politik ketika AS menarik pasukannya dari negara yang dilanda perang itu.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di halaman Facebook-nya, Ashraf Ghani mengatakan bahwa dia memutuskan untuk meninggalkan negara itu “untuk menghindari banjir yang berdarah.”

“Hari ini, saya menemukan pilihan yang sulit; Saya bisa berdiri menghadapi Taliban bersenjata yang ingin memasuki istana atau meninggalkan negara tercinta yang saya dedikasikan hidup saya untuk melindungi dan melindungi selama dua puluh tahun terakhir,” tulis Ashraf Ghani.

“Taliban telah memenangkan penilaian dengan pedang dan senjata dan sekarang mereka bertanggung jawab untuk melindungi kehormatan, kekayaan, dan harga diri warga negara.”Ia menyatakan akan terus mengabdi kepada bangsanya. “Lebih banyak bicara untuk masa depan. Hidup Afghanistan,” tulis Ashraf Ghani.

Ashraf Ghani kabur memakai helikopter penuh uang tunai dan empat mobil. Ternyata segini jumlah kekayaan Presiden Afghanistan yang dilaporkan mengungsi ke Oman itu. Dalam artikel ini, Fotokita.net merangkum foto mewah Ashraf Ghani dari akun Instagram resminya, @ashrafghani.af.

Baca Juga: Dihujat Menhan Afghanistan Usai Kabur dari Taliban, Presiden Ashraf Ghani Bangga Berjumpa Jusuf Kalla di Istana Mewahnya, 5 Foto Ini Jadi Buktinya

Ashraf Ghani menyerahkan kekuasaan ke Taliban yang sudah mengepungnya. Kedutaan Besar Rusia di Kabul mengeklaim, Ashraf Ghani angkat kaki dengan pengawalan empat mobil dan helikopter yang penuh uang tunai.

Dalam klaim kedutaan, Ashraf Ghani sampai terpaksa meninggalkan beberapa lembar uangnya di bandara karena tak muat. Kini berdasarkan sumber dari "Negeri Beruang Merah", Presiden Afghanistan sejak 2014 itu melintasi Teluk Persia dan menuju Kesultanan Oman.

Laporan awal menyebutkan bahwa Ashraf Ghani menuju Dushanbe, ibu kota Tajikistan. Tetapi otoritas lokal membantahnya.

"Pesawat yang membawa Tuan Ashraf Ghani tidak melintasi wilayah angkasa kami, maupun mendarat," jelas sumber pemerintah.

Al Jazeera yang mengutip sumber dari pengawal pribadi Ghani melaporkan, si presiden memutuskan terbang ke Uzbekistan. Salah satu sumber diplomat Afghanistan menuturkan, tidak ada yang tahu di mana lokasi pasti Ghani berada.

"Kabar terbaru menyebutkan dia mengungsi ke Oman. Tetapi pihak Kazakhstan menyanggah ada pesawat masuk wilayah mereka," kata dia.

Baca Juga: Miris! 7 Foto Satelit Ini Rekam Kerumunan Warga Afghanistan di Bandara Kabul, Putus Asa Tak Bisa Kabur dari Rezim Taliban

Instagram

Ashraf Ghani saat berjumpa Jusuf Kalla pada 2018. Dia ternyata memiliki kekayaan yang fantastis. Intip foto mewah Presiden Afghanistan sebelum digulingkan rezim Taliban.

Dilansir Daily Mail Senin (16/8/2021), Ghani berdalih dia memilih pergi dari Kabul demi menghindari pertumpahan darah. Dia pergi setelah Taliban, yang mengeklaim menguasai 90 persen wilayah sejak Mei, dilaporkan mengepung ibu kota.

Jatuhnya seluruh Afghanistan ke tangan pemberontak dianggap bencana kebijakan luar negeri terbesar sejak Terusan Suez.

"Kabar terbaru menyebutkan dia mengungsi ke Oman. Tetapi pihak Kazakhstan menyanggah ada pesawat masuk wilayah mereka," kata dia. Dilansir Daily Mail Senin (16/8/2021), Ashraf Ghani berdalih dia memilih pergi dari Kabul demi menghindari pertumpahan darah.

Instagram

Ashraf Ghani yang tinggal di Kabul ternyata memiliki kekayaan yang fantastis. Intip foto mewah Presiden Afghanistan sebelum digulingkan rezim Taliban.

Dia pergi setelah Taliban, yang mengeklaim menguasai 90 persen wilayah sejak Mei, dilaporkan mengepung ibu kota. Jatuhnya seluruh Afghanistan ke tangan pemberontak dianggap bencana kebijakan luar negeri terbesar sejak Terusan Suez.

Ashraf Ghani telah menjabat sebagai presiden Afghanistan sejak 2014. Namun, jalannya menuju kepresidenan sama sekali tidak mulus.

Baca Juga: Tragis, Foto Ini Rekam 2 Warga Afghanistan Jatuh dari Pesawat Militer AS Usai Coba Kabur dari Negeri Taliban

Pada putaran pertama pemilihan, Ashraf Ghani dan Abdullah Abdullah adalah kandidat terdepan, tetapi tidak ada kandidat yang memenangkan lebih dari 50 persen suara.

Dalam pemilihan putaran kedua Juni 2014, Ghani memenangkan mayoritas suara, tetapi tuduhan kecurangan pemilihan memperumit hasilnya. Pendukung Abdullah mengancam akan melakukan kekerasan dan berbicara tentang pembentukan pemerintahan paralel.

AS turun tangan untuk membantu membentuk “pemerintah persatuan” di mana kedua lawan akan berbagi kekuasaan, dengan Ashraf Ghani sebagai presiden dan Abdullah sebagai kepala eksekutif.

Ashraf Ghani terpilih kembali pada 2019. Namun, pemilihan itu juga terperosok dalam kekerasan. Ghani tidak pernah menjadi favorit Taliban.

Pada September 2019, setelah ancaman Taliban untuk mengganggu pemilihan presiden Afghanistan, 48 orang tewas dalam dua serangan bom bunuh diri terpisah, salah satunya terjadi di dekat rapat umum pemilihan umum untuk Ghani.

Ashraf Ghani adalah orang tertua yang memerintah Afghanistan sejak Kekaisaran Afghanistan didirikan pada 1747. Ia lahir 19 Mei 1949, di Provinsi Logar negara itu. Dia meninggalkan Afghanistan untuk melanjutkan sekolah menengah atas sebagai siswa pertukaran di Danau Oswego, Ore.

Baca Juga: Dilarang di Jabodetabek, Foto Lomba 17-an Ini Bikin Ngakak, Netizen: Tendangan Si Madun

Instagram

Ashraf Ghani yang tinggal di Kabul ternyata memiliki kekayaan yang fantastis. Intip foto mewah Presiden Afghanistan sebelum digulingkan rezim Taliban.

Setelah lulus dari sekolah menengah pada tahun 1967, Ghani memperoleh gelar sarjana dari American University di Beirut. Kemudian, ia kuliah di Universitas Columbia dan mendapatkan gelar master dan Ph.D.

Setelah menerima gelar Ph.D., Ashraf Ghani bekerja sebagai profesor antropologi di Universitas John Hopkins hingga tahun 1991, ketika ia bergabung dengan Bank Dunia.

Ashraf Ghani kembali ke negara asalnya Afghanistan pada tahun 2001 untuk mengambil posisi sebagai kepala penasihat Presiden Hamid Karzai. Selang beberapa bulan, Karzai mengangkat Ghani sebagai Menteri Keuangan. Peran utamanya adalah memimpin pemulihan negara setelah runtuhnya pemerintahan Taliban.

Perjalanan pertama Ashraf Ghani untuk menjadi presiden Afghanistan pada tahun 2009 tidak berhasil dan dia hanya menerima sekitar 3 persen suara.

Ashraf Ghani bertemu istrinya, Rula Saade, ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Columbia. Pasangan ini menikah sejak tahun 1975. Mereka dikaruniai dua orang anak, Mariam dan Tariq.

Rula Saade, yang lahir dalam keluarga Kristen Lebanon, adalah istri Ashraf Ghani. Selama studi mereka di American University of Beirut di Lebanon pada 1970-an, pasangan itu bertemu dan menikah. Mereka akhirnya membuat rumah mereka di Amerika Serikat dan menjadi warga negara.

Baca Juga: Foto Ardelia Muthia Zahwa Banyak Dicari, Ternyata Ayah Pembawa Baki Bendera Merah Putih Bekerja di Ladang Uang Erick Thohir

Instagram

Ashraf Ghani yang tinggal di Kabul ternyata memiliki kekayaan yang fantastis. Intip foto mewah Presiden Afghanistan sebelum digulingkan rezim Taliban.

Ashraf Ghani, di sisi lain, menanggalkan kewarganegaraan Amerikanya pada tahun 2009 untuk ikut serta dalam pemilihan Afghanistan.

Ashraf Ghani dan Rula Ghani memiliki dua anak: Mariam, seorang seniman visual yang berbasis di Brooklyn, dan Tariq, seorang putra. Keduanya lahir di Amerika Serikat dan memiliki paspor dan kewarganegaraan AS.

Dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seorang politisi Afghanistan, Ashraf Ghanisecara resmi menghormati istrinya pada pelantikan presidennya pada tahun 2014, memanggilnya dengan nama Afghanistan-nya, Bibi Gul.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pasangan saya, Bibi Gul, atas dukungannya yang tak tergoyahkan untuk saya dan Afghanistan,” kata Ashraf Ghani. “Dia selalu menjadi pendukung kuat wanita Afghanistan, dan saya berharap dia akan terus menjadi pendukungnya.”

Lantas, berapa jumlah kekayaan Ashraf Ghani yang kabur pakai helikopter penuh uang tunai ke Oman?

Baca Juga: Sandal Karet dalam Foto Jokowi Pakai Baju Baduy Bikin Salfok, Netizen Merasa Keputusan yang Ditunggu-tunggu Ini Jauh Lebih Penting Buat Rakyat

Instagram

Ashraf Ghani yang tinggal di Kabul ternyata memiliki kekayaan yang fantastis. Intip foto mewah Presiden Afghanistan sebelum digulingkan rezim Taliban.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang kabur seharusnya memiliki cukup uang untuk membantunya pindah ke tempat yang lebih aman daripada negara asalnya. Ashraf Ghani dilaporkan memiliki kekayaan bersih antara 5 juta dan 9 juta dolar.

Pada tahun 2021, Ashraf Ghani menjadi kaya raya secara signifikan. Namun, kami tidak tahu berapa keuntungannya pada tahun 2020 atau 2021.

Dia pasti salah satu orang terkaya di negaranya sebagai presiden. Namun, Mirwais Azizi, yang memiliki $ 80 juta, saat ini memegang perbedaan.

Gaji Ashraf Ghani menjadi lebih rendah karena status Afghanistan sebagai negara berkembang. Selain itu, epidemi COVID-19 2020 menghambat ekonominya secara signifikan.

Baca Juga: Ahli Sebut Pesan Covid-19 dalam Foto Jokowi Pakai Baju Baduy, Netizen Blak-blakan Ngomong ke Presiden: PPKM Jangan Diperpanjang!

Instagram

Ashraf Ghani yang tinggal di Kabul ternyata memiliki kekayaan yang fantastis. Intip foto mewah Presiden Afghanistan sebelum digulingkan rezim Taliban.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya