Picu Malapetaka, Ikan Mas Raksasa Bikin Pemkot Pusing, Foto Penampakannya Jadi Sorotan

Jumat, 16 Juli 2021 | 10:42
Twitter

Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau sebuah kota di Minnesota, AS menjadi sorotan.

Fotokita.net - Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau kota ini menjadi sorotan. Pemerintah kota (pemkot) dibikin pusing atas kehadiran ikan mas raksasa yang memicu malapetaka bagi ekosistem sekitar.

Penampakan ikan mas raksasa telah membuat heboh warga kota kecil di negara bagian Amerika Serikat, Minnesota. Pemerintah kota yang bernamaBurnsville itu menemukan ikan mas raksasa di sebuah danau di wilayah mereka.

Ikan mas biasanya dipelihara warga di rumah. Namun, ketika dibuang ke danau, ikan mas itu tumbuh jauh lebih besar hingga memicu malapetaka bagi ekosistem sekitarnya.

Baca Juga: Bikin Bencana, Ini Foto Ikan Mas yang Dibuang Sembarangan ke Danau Tumbuh Jadi Raksasa

Ikan mas hias tampak menarik untuk dipelihara di rumah. Ikan mas yang dipelihara di akuarium rumah biasanya tumbuh hingga panjang tubuhnya sekitar 5,1 cm.

Disebut raksasa karena tidak seperti saat dipelihara di akuarium atau semacamnya, ikan mas ini dapat tumbuh sampai 38 centimeter.

Akan tetapi ternyata jika dibuang atau dibebaskan ke danau atau sungai, ikan mas ini bisa tumbuh sangat besar dan menjadi persoalan berbahaya bagi lingkungan.

Baca Juga: Foto Baliho di Sragen Bikin Heboh, Isinya Memaki Pemerintah, Ternyata Pemasangnya Punya Jabatan Mentereng

Wikimedia Commons

Ikan mas yang hidup di akuarium.

Ketika mereka dilepas ke perairan umum, kata petugas pengendalian satwa liar, ikan mas dapat tumbuh lebih besar dan sulit dikendalikan. Ikan mas ini berkembang biak dengan cepat dan mendominasi spesies alami.

Akibat temuan itu, pemkot yang dibikin pusing atas gangguan ekosistem dari ikan mas raksasa telah meminta warga kota untuktidak sembarangan membuang ikan peliharaan.

Pemkotmembagikan gambar-gambar yang menunjukkan beberapa ikan mas raksasa yang ditangkap dalam survei di Danau Keller.

Baca Juga: Banyak yang Nyesal Baru Tahu Sekarang, 3 Faktor Ini Bikin Wanita Lebih Mudah Alami Long Covid

Pemkot mengatakan ikan mas dapat turut menyebabkan penurunan kualitas air dengan mengacak-acak sedimen dan mencabut tanaman.

"Tolong jangan buang ikan mas piaraan Anda ke kolam dan danau!" kata Pemkot Burnsville dalam sebuah twit.

Di Minnesota, ikan mas merupakan salah satu spesies invasif yang diregulasi. Melepasnya ke perairan publik adalah tindakan ilegal.

Baca Juga: 9 Foto Cantik Pulau Papagarang, Wisata Kampung Nelayan di Taman Nasional Komodo

Twitter

Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau sebuah kota di Minnesota, AS menjadi sorotan.

Dalam peringatannya, pemkot Burnsville menyarankan para pemiara hewan untuk "mempertimbangkan pilihan lain dalam menemukan rumah baru bagi mereka".

Semakin banyak populasi ikan mas di danau, dikhawatirkan tanaman air semakin tidak berkembang dan berdampak juga pada spesies asli. Misalnya, spesies asli itu jadi kelaparan karena serbuan ikan mas.

Petugas pengendalian satwa liar sempat berurusan dengan masalah serupa di distrik terdekat, Carver County, tempat 50.000 ikan mas diangkat dari sebuah anak sungai pada Oktober tahun lalu.

Baca Juga: Cara Pencairan BPUM 2021, Cek Penerima BLT UMKM di BRI dan BNI Lewat eform.bri.co.id/bpum

Twitter

Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau sebuah kota di Minnesota, AS menjadi sorotan.

Pengangkatan itu merupakan bagian dari rencana tiga tahun untuk mempelajari dan mengelola spesies tersebut, yang telah menyebabkan masalah di seluruh AS.

Ikan mas, seperti ikan karper, dapat dengan mudah berkembang biak dan hidup di lingkungan rendah oksigen sepanjang musim dingin di Minnesota. Departemen Sumber Daya Alam Minnesota memperingatkan, "Beberapa ikan mas mungkin tampak seperti tambahan yang tidak berbahaya bagi badan air setempat, tetapi sebenarnya tidak."

Baca Juga: Foto Risma Marah-marah Disorot, Ucapan Mensos Justru Bikin Hati Orang Papua Terluka

Twitter

Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau sebuah kota di Minnesota, AS menjadi sorotan.

Meskipun ikan mas kurang mendapat perhatian dibandingkan spesies invasif lainnya seperti ikan mas Asia dan kerang zebra, peringatan telah dikeluarkan di Virginia, Washington, Australia, dan Kanada.

Menurut Scientific American, para peneliti pernah menyisir Danau Tahoe di Amerika Serikat pada tahun 2013 dan kemudian menangkap ikan mas yang panjangnya sekitar 45 sentimeter dan beratnya hampir dua kilogram.

"Secara global, perdagangan ikan akuarium telah menyumbang sepertiga dari spesies akuatik dan invasif terburuk di dunia tersebut," menurut penulis penelitian tentang perdagangan ikan akuarium di California, sebagaimana dilansir Nature World News.

Baca Juga: Air Rebusan Bawang Putih Sembuhkan Covid-19, Ini Fakta Sebenarnya

Namun AS bukan satu-satunya negara yang mengalami masalah ikan mas.

Pada 2017, dewan kota Muncih di Jerman mengatakan gerombolan ikan mas di kolam-kolam dan danau-danau membuat spesies lainnya kelaparan dalam persaingan untuk mendapatkan makanan. Masalah itu menjadi begitu buruk, dewan kota mengancam akan mendenda warga yang ketahuan melepas piaraan mereka ke perairan publik.

Ikan mas raksasa juga pernah ditemukan di perairan Inggris. Pada 2020, seorang remaja Inggris menangkap ikan seberat 2,2 kg dari sebuah danau di Dorset.

Baca Juga: Luhut Syok Covid Makin Ganas, Foto Masker Prabowo Jadi Sorotan, Ternyata Ini Keunggulannya

Twitter

Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau sebuah kota di Minnesota, AS menjadi sorotan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya