Banyak yang Belum Sadar, 7 Kesalahan Ini Bikin Mesin Cuci Cepat Rusak

Sabtu, 19 Juni 2021 | 22:55
Istimewa

Ini 7 kesalahan yang kerap dilakukan orang saat menggunakan mesin cuci hingga bikin cepat rusak.

Fotokita.net - Berikut ini 7 kesalahan yang kerap dilakukan orang saat menggunakan mesin cuci. Akibatnya, mesin cuci menjadi cepat rusak.

Mencuci baju saat ini bukan lagi menjadi sebuah pekerjaan rumah tangga yang berat. Dulu mencuci baju memerlukan tenaga dan waktu yang lama, kini membersihkan pakaian kotor cukup dimasukkan ke dalam sebuah mesin.

Sejak ditemukan, mesin cuci diakui telah membantu banyak rumah tangga di zaman modern. Mesin cuci telah menjelma sebagai barang elektronik penyelamat peradaban.

Bila dipakai dengan benar, mesin cuci tidak hanya membersihkan pakaian kesayangan kita, tapi juga dapat membuat pakaian kita terlihat segar dan baru.

Baca Juga: Terbukti Manjur, 5 Tanaman Ini Ampuh Basmi Tikus di Rumah Tanpa Racun

Akan tetapi, apabila mesin cuci tidak digunakan dengan benar, kita dapat membuat banyak masalah pencucian yang mungkin tak disadari.

Ada banyak kesalahan yang tidak disadari banyak orang saat mencuci baju dengan mesin cuci. Sebut saja, dari terlalu banyak deterjen hingga muatan yang terlalu besar. Akibatnya, kesalahan itu membikin mesin cuci menjadi cepat rusak.

Baca Juga: Satu Indonesia Syok, Efek Buruk Ini Bikin Kapok Minum Kopi Sachet Lagi

Mengutip beberapa sumber, Sabtu (19/6/2021), berikut ini 7 kesalahan yang belum disari banyak orang saat mencuci baju dengan mesin cuci. Akibatnya, mesin cuci menjadi cepat rusak.

1.Tidak menutup ritsleting pakaian

Jika kita tidak menutup ritsleting celana jeans, hoodies, dan kemeja kita sebelum meletakkannya ke mesin cuci, ada kemungkinan risleting akan rusak dan merusak pakaian lain maupun elemen mesin di dalam mesin cuci.

Baca Juga: Banyak yang Nyesal Kalau Baru Tahu Sekarang, Kopi Bikin Area Rumah Terasa Berbeda dengan Manfaat Rahasianya Ini

Luangkan waktu untuk menutup semua ritsleting saat kita menyortir pakaian untuk dicuci.

2. Tidak menuang deterjen dengan tepat

Jika kita berpikir bahwa memberi banyak detergen akan membuat pakaianmu lebih bersih, maka inilah saatnya untuk berpikir lagi.

Menambahkan terlalu banyak detergen akan mempersulitmu untuk membilas sabun dari pakaian kita. Sebaliknya, terlalu sedikit detergen mungkin tidak menghilangkan kotoran dan noda dari pakaian kita.

Baca Juga: Satu Indonesia Bisa Kegirangan, Ternyata Bau Badan Hilang Cuma dengan 3 Bahan Dapur Ini, Caranya Gampang Banget

Istimewa

Ini 7 kesalahan yang kerap dilakukan orang saat menggunakan mesin cuci hingga bikin cepat rusak.

Bersihkan pakaian kita dan lihat buku petunjuk manual mesin cuci kita untuk mengetahui rekomendasi deterjen spesifik.

Periksa juga label kemasan detergen yang kamu gunakan untuk mengetahui jumlah pasti detergen yang disarankan saat mencuci pakaian di mesin cuci.

3. Cenderung menggunakan deterjen biasa

Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci tidak sama seperti mencuci dengan tangan. Ini juga termasuk dengan penggunaan deterjen.

Baca Juga: Warga Indonesia Nyesal Baru Tahu Sekarang, Cuma Makan Ini Hasil Tes Jantung Bikin Dokter Terkejut

Sebaiknya gunakan deterjen khusus untuk mesin cuci yang sudah banyak dijual di pasaran. Formula pada detergen khusus mesin cuci bisa mencuci pakaian lebih bersih.

4. Memuat pakaian kotor dengan berlebihan

Tidak ada yang membuat mesin cucimu bekerja lebih keras daripada membebaninya secara berlebihan.

Itulah mengapa mesin cuci memiliki kapasitas beban cucian yang berbeda-beda, sehingga kita dapat mengatur berapa banyak pakaian yang dapat kita masukkan ke dalam satu mesin cuci.

Baca Juga: Dijamin Kapok Datang Lagi, Ini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah Hanya dengan 3 Bahan Alami

Istimewa

Ini 7 kesalahan yang kerap dilakukan orang saat menggunakan mesin cuci hingga bikin cepat rusak.

Tak hanya merusak mesin cuci, saat kita memuat terlalu banyak pakaian yang ingin dicuci, hanya ada sedikit ruang bagi pakaianmu untuk bersirkulasi dalam detergen dan air. Itu artinya pakaianmu tidak akan dibersihkan dengan baik.

Sebagai aturan praktis, jangan pernah mengisi bak mesin cuci lebih dari tiga perempat penuh, demi menghindari risiko merusak mesin cuci dan memiliki pakaian yang kurang bersih.

5. Memaksa pengering mesin cuci kerja keras

Tidak sedikit orang ingin pakaian yang mereka cuci bisa cepat kering agar bisa digunakan lagi, sehingga sangat bergantungan dengan mesin pengering yang dipaksa untuk bekerja keras untuk mengeringkan.

Baca Juga: Nyesal Baru Tahu Sekarang, Pengobatan Autoimun Ternyata Gampang, Stop Konsumsi 2 Makanan Ini

Tapi, apabila kita tidak buru-buru dan cuaca di luar rumah mendukung untuk menjemur pakaian, sebaiknya kita tidak perlu mengeringkan pakaian dalam waktu penuh, agar dapat menghemat energi listrik sekaligus ketahanan mesin pengering.

Selain itu, jangan membuat mesin pengering mendapatkan beban berlebih saat akan mengeringkan pakaian karena itu bisa membuat komponen mesin di dalam mesin pengering jadi tidak awet.

Baca Juga: Banyak yang Nyesal Kalau Baru Tahu, Mengusir Semut di Rumah Ternyata Bisa Segampang Ini

Istimewa

Ini 7 kesalahan yang kerap dilakukan orang saat menggunakan mesin cuci hingga bikin cepat rusak.

6. Menumpuk pakaian kotor di dalam mesin cuci

Bagi orang-orang yang tidak memiliki keranjang pakaian kotor, biasanya mereka kerap menumpuk pakaian kotor langsung ke dalam mesin cuci.

Padahal, pakaian kotor yang didiamkan di dalam mesin cuci terlalu lama bukan hanya tidak sehat, tapi juga merusak tujuan untuk mencucinya dan membuat bau dalaman mesin cuci akibat lem.

Baca Juga: Banyak yang Belum Sadar, 5 Hal Sepele Ini Bikin TV Layar Datar Cepat Rusak

7. Tidak membiarkan tutup mesin cuci terbuka setelah digunakan

Jika menutup tutupan mesin cuci setiap selesai mencuci pakaian, kita adalah sosok yang bertanggung jawab atas timbulnya baunya aneh di dalam mesin cuci.

Kelembapan di dalam mesin cuci kita membutuhkan waktu (dan udara) untuk menguap, setelah kamu selesai mencuci pakaian.

Baca Juga: 6 Potret Aglonema Harlequin yang Bikin Kita Yakin Harganya Tembus Ratusan Juta

Istimewa

Ini 7 kesalahan yang kerap dilakukan orang saat menggunakan mesin cuci hingga bikin cepat rusak.

Menutup pintu atau tutupan mesin cuci terlalu cepat dapat mengubah kelembapan menjadi jamur dan bau dengan cepat.

Yang harus kita lakukan hanyalah tetap membuka tutupan mesin cuci setelah selesai mencuci, untuk memastikan mesin cuci kita tetap segar dan bebas jamur.

Baca Juga: Cara Pemupukan Agar Aglonema Cepat Beranak dan Bertunas Banyak, Fotonya Makin Memesona

Untuk terlihat bersih, mesin cuci kita juga perlu dibersihkan secara teratur untuk memastikannya higienis. Isi mesin cuci kita dengan air lalu jalankan siklus mencuci dengan beban kosong dan secangkir cuka (bukan deterjen).

Lakukan hal ini setidaknya setiap satu bulan sekali untuk membunuh jamur dan bakteri berbau busuk lainnya di dalam mesin cuci.

Baca Juga: Foto Bikini Nia Ramadhani Ekspos Tato Lamanya, Komentar Ardi Bakrie Bikin Panas

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya