Terbukti Manjur, 5 Tanaman Ini Ampuh Basmi Tikus di Rumah Tanpa Racun

Sabtu, 19 Juni 2021 | 19:04
Istimewa

Ilustrasi tikus di rumah. Ini 5 tanaman yang ampuh untuk membasmi tikus di rumah tanpa racun.

Fotokita.net - Tikus yang berkeliaran di rumah membuat kesal para penghuninya. Berikut ini 5 tanaman yang ampuh untuk membasmi tikus di rumah tanpa racun.

Tikus sudah menjadi musuh bersama saat keberadaannya muncul di dalam rumah. Hewan pengerat ini pun menjadi momok bagi banyak orang. Sebab, tikus menjadi hama yang merusak banyak barang di rumah, mulai dari baju, perabotan hingga furnitur.

Selain merusak barang-barang, tikus jugamemakan berbagai bahan makanan yang ada di dalam rumah. Namun, terkadang pemilik rumah tidak mengetahui adanya tanda-tanda tikus di dalam rumahnya dan akhirnya menjadikan tikus tersebut semakin banyak.

Baca Juga: Satu Indonesia Syok, Efek Buruk Ini Bikin Kapok Minum Kopi Sachet Lagi

Mengutip dari The Spruce, Sabtu (18/6/2021), tanda-tanda tertentu juga dapat menunjukkan ukuran suatu populasi tikus.

Apabila tikus terlihat pada malam hari tetapi tidak pernah pada siang hari, populasinya mungkin tidak terlalu besar dan dapat dikendalikan dengan jebakan dan umpan.

Baca Juga: Dijamin Manjur, Ini Racikan Bahan Dapur yang Bikin Cicak Mati Bergelimpangan di Rumah

Kucing dan anjing dapat menjadi aktif dan bersemangat di area yang terdapat hewan pengerat ini. Ini adalah akibat dari bau tikus dan kemungkinan besar terjadi saat hewan pengerat baru saja memasuki suatu bangunan.

Jika kita melihat hewan peliharaan Anda mengais di area yang sebelumnya tidak diminati, ambil senter dan periksa apakah ada tikus atau tikus di area tersebut.

Jika infestasi besar, kita juga dapat mendeteksi bau apak yang terus berlanjut yang berasal dari area tersembunyi, yang menunjukkan infestasi aktif.

Baca Juga: Banyak yang Nyesal Kalau Baru Tahu Sekarang, Kopi Bikin Area Rumah Terasa Berbeda dengan Manfaat Rahasianya Ini

Apabila kita melihat tikus di siang hari, banyak kotoran segar, atau bekas gigitan baru, kemungkinan populasinya menjadi cukup besar dan mungkin memerlukan layanan profesional.

Jika ada tikus berada di dalam rumah, ada kotoran segar berwarna gelap dan lembap. Seiring bertambahnya usia, kotoran mengering dan menjadi tua serta abu-abu dan akan mudah hancur jika disentuh.

Kotoran paling mungkin ditemukan di dekat paket makanan, di laci atau lemari, di bawah wastafel, di area tersembunyi, dan di sepanjang jalur tikus itu.

Baca Juga: Malas Bersihkan 8 Tempat Ini dengan Vacuum Cleaner, Nyawa Seisi Rumah Jadi Taruhannya

Kita akan menemukan jumlah kotoran tertinggi di tempat tikus bersarang atau mencari makan, jadi periksalah area di sekitar kotoran yang baru ditemukan untuk menentukan apakah masih ada infestasi aktif atau baru.

Berbeda dengan kotoran, bekas gigitan yang lebih baru akan berwarna lebih terang dan menjadi lebih gelap seiring bertambahnya usia. Ini akan sering ditemukan pada kemasan makanan atau struktur rumah itu sendiri.

Salah satu cara untuk menentukan usia adalah dengan membandingkan bekas gigitan yang baru saja kita perhatikan dengan tanda pada bahan serupa yang kita ketahui lebih tua.

Baca Juga: Dijamin Kapok Datang Lagi, Ini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah Hanya dengan 3 Bahan Alami

Jika tanda yang baru ditemukan warnanya lebih terang, itu bisa menjadi indikasi infestasi berkelanjutan. Tanda tersebut juga dapat menunjukkan jika bekas gigitan lebih besar, dihasilkan oleh tikus yang lebih besar juga.

Lantas bagaimana cara membasmi tikus di rumah? Selain pestisida dan racun tikus, ada cara alami yang bisa dilakukan untuk membasmi tikus di rumah, yakni menggunakan tanaman.

Baca Juga: Banyak yang Belum Sadar, 5 Hal Sepele Ini Bikin TV Layar Datar Cepat Rusak

Istimewa

Ilustrasi tikus di rumah. Ini 5 tanaman yang ampuh untuk membasmi tikus di rumah tanpa racun.

Setidaknya, 5 tanaman ini terbukti ampuh membasmi tikus di rumah dan pekarangan tanpa racun. Hal ini karena kelima tanaman tersebut memiliki aroma menyengat yang tidak disukai tikus sehingga tikus secara otomatis bakal menghindar.

Melansir dari berbagai sumber, Sabtu (18/6/2021), berikut ini lima tanaman yang terbukti manjur membasmi tikus di rumah tanpa racun.

1. Mint

Ada banyak varietas tanaman mint yang bisa digunakan untuk mengusir tikus dan serangga. Spearmint adalah salah satu varietas daun mint dengan aroma paling kuat.

Baca Juga: 6 Potret Aglonema Harlequin yang Bikin Kita Yakin Harganya Tembus Ratusan Juta

Seperti kebanyakan tanaman herbal lainnya, daun mint tidak membutuhkan media tanam khusus.

Tanaman ini akan tumbuh subur di tempat yang terkena banyak paparan sinar matahari. Pastikan media tanamnya tetap kering dan rutin menyiramnya agar subur, terlebih pada musim kemarau.

Selain ampuh mengusir tikus, daun mint juga bisa digunakan dalam berbagai campuran makanan atau minuman.

Baca Juga: Banyak yang Tak Sadar, 6 Faktor Ini Jadi Penyebab Warna Ikan Cupang Memudar

Istimewa

Ilustrasi tanama mint. Ini 5 tanaman yang ampuh untuk membasmi tikus di rumah tanpa racun.

2. Mengkudu

Tanaman pengusir tikus selanjutnya adalah mengkudu. Tanaman yang biasanya digunakan dalam berbagai campuran obat-obatan tradisional ini ternyata juga dapat dipakai untuk membasmi tikus di rumah.

Untuk mengusir tikus, campurkan mengkudu yang sudah dihaluskan dengan air, lalu disemprotkan di area-area yang banyak didatangi tikus.

Tanaman mengkudu juga mudah ditanam di pekarangan rumah, pot, sertapolybag.

Baca Juga: Fotonya Banjir Pujian, 6 Hal Sepele Ini Bikin Sofa Kulit Makin Awet dan Terawat Apik

3. Sage

Baik sage putih maupun hijau, keduanya adalah tanaman pengusir tikus karena memiliki bau menyengat dan kuat.

Selain itu, perawatan tanaman sage juga mudah selama media tanamnya memiliki drainase yang layak dan mendapat sinar matahari penuh.

Sebagai tanaman abadi, ia akan terus bertambah besar setiap tahun dan dapat berkembang menjadi semak tinggi mencapai91 sentimeter.

Baca Juga: Cara Pemupukan Agar Aglonema Cepat Beranak dan Bertunas Banyak, Fotonya Makin Memesona

Istimewa

Ilustrasi tanama sage. Ini 5 tanaman yang ampuh untuk membasmi tikus di rumah tanpa racun.

4. Bawang putih dan bawang bombai

Meski kedua bawang ini memiliki jenis dan bentuk berbeda, tapi keduanya memiliki aroma sama yang dapat membasmi tikus di rumah.

Untuk memanfaatkannya, haluskan empat sampai lima siung bawang putih, lalu tambahkan satu liter air dan semprotkan ke area yang menjadi sarang tikus.

Aroma bawang putih yang kuat dapat membuat tikus enggan mendekat ke rumah.

Baca Juga: Cara Pemupukan Agar Aglonema Cepat Beranak dan Bertunas Banyak, Fotonya Makin Memesona

5. Lavender

Bukan rahasia lagi jika tanaman lavender digunakan untuk mengusir nyamuk karena aromanya yang kuat. Tak hanya itu, lavender juga dapat menjadi tanaman pengusit tikus serta serangga lainnya.

Tanamandengan bunga ungu yang cantik ini cocok ditanam pada suhu kering serta perlu mendapat banyak sinar matahari.

Baca Juga: 6 Potret Aglonema Harlequin yang Bikin Kita Yakin Harganya Tembus Ratusan Juta

Istimewa

Ilustrasi tanama sage. Ini 5 tanaman yang ampuh untuk membasmi tikus di rumah tanpa racun.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya