Satu Indonesia Syok, Efek Buruk Ini Bikin Kapok Minum Kopi Sachet Lagi

Sabtu, 19 Juni 2021 | 15:43
Shutterstock

Bila kita sudah tahu efek buruk ini, dijamin kita kapok minum kopi sachet lagi.

Fotokita.net - Kebiasaan minum kopi sachet sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi warga Indonesia.

Buat kebanyakan orang di Indonesia kopi merupakan bagian vital dari ritual harian dan hal pertama yang mereka pikirkan di pagi hari.

Banyak orang di Tanah Air yang juga bilang bahwa memulai hari tanpa ngopi dulu bisa mengubah mereka menjadi monster galak dan menjengkelkan.

Itu sebabnya, minum kopi sachet saat pagi hari menjadi solusi praktis dan cepat bagi kebanyakan orang, yang terus diburu waktu.

Baca Juga: Dijamin Manjur, Ini Racikan Bahan Dapur yang Bikin Cicak Mati Bergelimpangan di Rumah

Namun selain minum kopi sachet, banyak pula pakar kesehatan yang mengingatkan dampak minum kopi saat perut kosong.

Jika ingin tetap mendapatkan dosis kafein harian kita tanpa harus berhadapan dengan perut mulas, para pakar menyarankan untuk minum kopi setelah makan makanan padat.

Minum secangkir air hangat begitu bangun tidur, dan kemudian lahap sarapan kita sebelum akhirnya bisa menyeruput kopi favorit kita.

Baca Juga: Malas Bersihkan 8 Tempat Ini dengan Vacuum Cleaner, Nyawa Seisi Rumah Jadi Taruhannya

Jika sarapan bukanlah solusi yang baik untuk kita saat ini, tambahkan susu atau sesendok mentega ke dalam kopi hitam kita untuk membantu tubuh kita mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga dapat mengurangi efek buruk dari kafein pada perut kosong.

Selain minum kopi pada perut kosong, meneguk kopi sebelum tidur malam juga buruk untuk kesehatan kita.

Baca Juga: Satu Indonesia Bisa Kegirangan, Ternyata Bau Badan Hilang Cuma dengan 3 Bahan Dapur Ini, Caranya Gampang Banget

Berikut ini beberapa kondisi yang mungkin kita alami setelah minum kopi saat belum sempat makan.

1. Asam Lambung

Asam lambung memiliki peran penting dalam menundukung kelancaran pencernaan makanan, dan ini diproduksi ketika kita makan, mencium aroma makanan, atau bahkan saat sedang memikirkan makanan.

Di sisi lain, asam lambung adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa ada makanan apapun untuk diolah, dapat merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

Baca Juga: Warga Indonesia Nyesal Baru Tahu Sekarang, Cuma Makan Ini Hasil Tes Jantung Bikin Dokter Terkejut

Istimewa

Bila kita sudah tahu efek buruk ini, dijamin kita kapok minum kopi sachet lagi.

Kopi, bahkan kopi dekafein (decaf) sekalipun, telah terbukti untuk merangsang produksi asam. Oleh karena itu, minum kopi saat perut kosong meningkatkan keasaman perut, yang kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

2. Mudah cemas dan stres

Pada umumnya, minum kopi menimbulkan kegelisahan, stres, dan juga termasuk perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin — hormon pemicu rasa tenang dan bahagia — yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Ketika kita minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif ini dipercaya dapat lebih memburuk.

Baca Juga: Dijamin Kapok Datang Lagi, Ini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah Hanya dengan 3 Bahan Alami

Kafein merangsang sistem saraf kita, yang berarti terlalu banyak kopi dapat mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian, kita lebih mudah merasa cemas dan stres. Selain itu, kafein dapat membuat kita bolak-balik ke kamar mandi sehingga berpotensi memicu gejala dehidrasi, yang bisa menguras energi dan menyebabkan sakit kepala.

Sebaliknya, makanan diketahui memiliki efek menenangkan pada pencernaan dan sistem saraf. Oleh karena itu, makan sambil minum kopi dapat membantu menurunkan efek pemicu stres yang dibawa oleh kopi.

Baca Juga: Banyak yang Belum Sadar, 5 Hal Sepele Ini Bikin TV Layar Datar Cepat Rusak

Nah, sebagian besar orang memang masih mengonsumsi kopi sachet. Praktis menjadi salah satu alasannya. Tak perlu meracik atau menambahkan gula, tinggal seduh pakai air panas, secangkir kopi sudah bisa dinikmati.

Ya, itulah alasan kopi sachet kian digemari, dibandingkan dengan kopi konvensional di mana kita harus meracik terlebih dahulu. Belum lagi jika takaran gulanya tidak pas, akan memengaruhi rasa dan butuh waktu untuk mencoba-coba menambahkan gula.

Tapi hati-hati, konsumsi kopi sachet ternyata memiliki efek buruk ini. Bila kita sudah tahu efek buruk itu, dijamin kita kapok minum kopi sachet lagi.

Baca Juga: 6 Potret Aglonema Harlequin yang Bikin Kita Yakin Harganya Tembus Ratusan Juta

Bahkan, dokter sekaligus pendakwah, dokter Zaidul Akbar, meminta untuk menghindari atau tidak mengonsumsinya lagi. Apa alasannya?

Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram, dokter Zaidul Akbar membahas mengenai kebiasaan banyak orang yang kerap mengonsumsi kopi sachet di pagi hari sebagai 'teman' sarapan.

Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram, dokter Zaidul Akbar membahas mengenai kebiasaan banyak orang yang kerap mengonsumsi kopi sachet di pagi hari sebagai 'teman' sarapan.

Baca Juga: Fotonya Banjir Pujian, 6 Hal Sepele Ini Bikin Sofa Kulit Makin Awet dan Terawat Apik

Istimewa

Bila kita sudah tahu efek buruk ini, dijamin kita kapok minum kopi sachet lagi.

"Pagi-pagi biasanya minumnya kopi sachetan. Saran saya jangan minum lagi lah itu," saran dia dalam sebuah video yang diunggah di Instagram @jurussehatrasulullah_, dikutip, Sabtu 19 Juni 2021.

Lebih lanjut dokter Zaidul memaparkan, meski dia tidak tahu persis bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Namun, dia meyakini sebagian besar isinya adalah gula.

"Itu enggak tahu isinya apa. Sebagian besar mungkin Wallahu alam saya gak tahu isinya. Tapi kayak bau kopi udah enggak ada. Kita cuma minum gula doang di situ sama karbon," ungkap dia.

Baca Juga: Satu Indonesia Baru Sadar, 5 Bumbu Dapur Ini Ternyata Ampuh Usir Ular dari Rumah

Asal tahu saja, gula yang berlebihan itu bisa memicu penyakit diabetes, yang menjadi momok terbesar bagi warga Indonesia.

Diabetes adalah penyakit metabolik endokrin yang kronik progresif atau menahun, ditandai dengan adanya hiperglikemia kronik (gula darah tinggi).

Indonesia menempati urutan ketujuh dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.

Baca Juga: Se-Indonesia Nyesal Baru Tahu, Teh Bisa Digunakan untuk Membersihkan 5 Perabotan Rumah Ini

Istimewa

Bila kita sudah tahu efek buruk ini, dijamin kita kapok minum kopi sachet lagi.

Hal ini berdasarkan data dari International Diabetes Federation pada tahun 2020, jumlah penderita diabetes tipe-2 terus meningkat di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Pria 43 tahun itu menyarankan untuk mengganti kopi sachet dengan minuman yang lebih alami. Yaitu yang terbuat dari jahe dan daun pandan. Bagaimana cara membuatnya?

"Ganti dengan apa? Ganti dengan jahe. Anda bisa bikin jahe, jahe yang dikeprek atau diiris-iris, lalu Anda masukin daun pandan. Sudah cukup untuk sarapan pagi," kata dokter Zaidul Akbar.

Baca Juga: Satu Indonesia Baru Sadar, 5 Bumbu Dapur Ini Ternyata Ampuh Usir Ular dari Rumah

Setelah itu, dokter Zaidul pun menyarankan untuk mengonsumsi virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa, sebagai tambahan sarapan.

"Habis itu minum VCO (virgin coconut oil) satu sendok. Sudah cukup untuk aktivitas sampai siang. Insya Allah cukup. Makan buah sedikit. Itu sarapan namanya," tandas dokter Zaidul Akbar.

Nah, masih mau minum kopi sachet lai setiap pagi hari?

Baca Juga: Dijamin Kapok Datang Lagi, Ini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah Hanya dengan 3 Bahan Alami

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya