Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 2-16

Minggu, 31 Januari 2021 | 06:15
Sylvana Toemon

Rempah-rempah asal Indonesia terkenal di seluruh dunia.

Fotokita.net - Peristiwa kebangsaan masa penjajahan, ini kunci jawaban soal Buku Tematik kelas 5 SD tema 7 halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, dan 16.

Ini kunci jawaban buku tematik tema 7 Kelas 5 Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, dan 16 yang tentang Peristiwa dalam Kehidupan.

Ayo adik-adik simak pembahasan soal berikut ini untuk bahan belajar dari rumah.

Simak dengan seksama dan pahami pembahasan soal yang ada.

Pada artikel ini akan dibahas materi bagi SD Kelas 5 Tema 7 yang membahas Peristiwa dalam Kehidupan.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 145 147 149 150 151

Dalam buku kurikulum 2013, ada soal yang harus dijawab siswa di halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, dan 16.

Kunci jawaban soal halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, dan 16 merupakan materi Pembelajaran 1, Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.

Kunci jawaban ini dirangkum dari berbagai sumber untuk orang tua atau wali murid dalam membimbing ataupun mengkoreksi pelajaran anaknya.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 167 169 171 172 174 175 Panas dan Perpindahannya

Berikut Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, dan 16

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia.

Melimpahnya rempah-rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 155-162 Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 2

  1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
Jawaban : Hal ini dikarenakan harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat mahal/tinggi

  1. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?
Jawaban : Harga dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas (sama dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

  1. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Baca Juga: Ini Jawaban Soal Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 SD Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 139 140 142 Tentang Cuaca

Jawaban : Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453. Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan melakukan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 6

Ayo Membaca

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Baca Juga: Jawaban Soal Agama Islam Kelas 5 SD Arti Iman Menurut Istilah, Yuk Kita Cari Tahu

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain sebagai berikut.

a. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold) Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah.

Sekitar abad XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold).

Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

b. Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel).

Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus.

Baca Juga: Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21-26 Mengenal Letak Geografis Indonesia

Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya.

Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

c. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)

Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory).

Dengan adanya anggapan ini, negaranegara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyakbanyaknya.

d. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 74 75 76

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Contohnya seperti berikut.

1) Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas.

2) Ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata dapat digunakan untuk melindungi pelayaran dari ancaman bajak laut dan sebagainya.

3) Ditemukannya kompas.

Kompas digunakan sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam.

Untuk menentukan arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga jika angkasa tertutup awan, mereka tidak dapat meneruskan pelayarannya.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Halaman 35-39

Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?

Jawaban : Yang dimaksud bangsa Barat adalah bangsa-bangsa Eropa

2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa melakukan penjajahan di Indonesia?

Jawaban : Ingin menguasai daerah penghasil rempah-rempah

3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Subtema 2 Halaman 63-71 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan

Jawaban : Tahun 1511

4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?

Jawaban : Tidore dan Maluku

5. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?

Jawaban :

Mencari kekayaan (Gold)

Menyebarkan agama (Gospel)

Mencari kejayaan (Glory)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 57-62

6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?

Jawaban : Menderita

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 7

Ayo Berdiskusi

Diskusikan teks peristiwa kedatangan bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.

Jawaban:

Judul teks : Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Bagian yang paling menarik :

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 2-11 Subtema 1 Pembelajaran 1, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

-Harga rempah-rempah sangat mahal, semahal emas

-Bangsa Eropa yang datang pertama kali adalah Portugis/Portugal

-Faktor-faktor penjelajahan dan penjajahan adalah 3G (Gold, Gospel, Glory) dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)

Informasi penting :

Faktor penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat :

-Mencari kekayaan (Gold)

-Menyebarkan agama (Gospel)

-Mencari kejayaan (Glory)

-Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)

Baca Juga: Macam-macam Jaringan Fotosintesis yang Ada di Daun, Ketahui Penjelasan Lengkapnya

Pendapat saya tentang teks ini :

Bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia

Saya menyarankan/tidak menyaranka teks ini karena :

Saya menyarankan teks ini karena berisi pengetahuan yang bermanfaat tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 8

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!

Kedatangan Bangsa Portugis di Indonesia

Tahun Kedatangan : 1511

Tempat/Daerah : Pantai utara Sumatra dan daerah Malaka

Baca Juga: Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya, Berikut Gambar Organ Manusia yang Memompa Darah

Tujuan : Mencari daerah penghasil rempah-rempah dan menguasai pelabuhan Malaka sebagai pusat perdagangan

Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi : Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, membangun benteng di Ternate

Reaksi Masyarakat : Awalnya diterima dengan baik kedatangan Portugis dan mendukung Sultan Ternate, tetapi akhirnya terjadi perlawanan terhadap Portugis yang bertindak sewenang-wenang.

Kedatangan Bangsa Spanyol di Indonesia

Tahun Kedatangan : 1521

Tempat/Daerah : Pantai Tidore, Maluku

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 1-12 Buku Tematik Subtema 1, Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Tujuan : Menyebarkan agama dengan strategi misionaris

Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi : Meletakkan dasar-dasar agama di Ambon, Ternate dan Morotai

Reaksi masyarakat : Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat

Kedatangan Bangsa Belanda di Indonesia

Tahun Kedatangan : 1596

Tempat/Daerah : Pelabuhan Banten

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

Tujuan : Mencari daerah penghasil rempah-rempah

Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi : Pembentukan VOC, pembentukan pemerintahan kolonial Belanda

Reaksi Masyarakat : Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 9

Ayo Menulis

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory). Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 2 Halaman 109-115

Jawaban:

Gold : Adanya keinginan untuk mencari kekayaan

Gospel : Adanya keinginan untuk menyebarkan agama

Glory : Adanya keinginan untuk mencari kejayaan

Tuliskan pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut

Jawaban: Tidak setuju dengan semboyan 3G

Sangat tidak setuju, dikarenakan akibat semboyan 3G tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita, diantaranya:

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100

-Kekayaan yang ada di Indonesia dikuras habis-habisan oleh bangsa Eropa tanpa peduli atas akibat yang ditimbulkan terhadap kehidupan rakyat Indonesia

-Dengan adanya pemaksaan terhadap agama tertentu kepada rakyat Indonesia

-Rakyat Indonesia menjadi sangat tertindas, menjadi budak di negeri sendiri, kekuasaan bangsa Eropa di Indonesia menjadi tidak terbatas/tidak terkendali dan merusak hak asasi rakyat pribumi

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 10

Ayo Berlatih

Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan... kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 123-129

Jawaban: Menolak

Penjajah...kehidupan rakyat Indonesia

Jawaban: Menyengsarakan

Sikap para penjajah awalnya... Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu...

Jawaban: baik, menindas dan kejam

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 13, 14, 15, 16

Ayo Mencoba

Lakukanlah percobaan-percobaan berikut bersama dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas 3–4 orang.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 1-12 Buku Tematik Subtema 1, Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Percobaan 1

Alat dan Bahan

  • dua buah pensil
  • penghapus pensil
  • peraut pensil
  • buku catatan
Langkah Kegiatan

  1. Ambillah pensil yang masih utuh. Perhatikan bentuknya dan gambarlah.
  2. Dengan menggunakan penyerut pensil, rautlah bagian ujung pensil hingga dapat digunakan untuk menulis. Perhatikanlah, gambarlah dan bandingkan gambar ini dengan gambar pensil yang utuh sebelumnya.
  3. Ambil penghapus pensil, amati bentuknya dan gambarlah.
  4. Gosokkan penghapus tersebut ke permukaan meja yang rata dan halus selama beberapa saat. Amati bentuknya, terutama pada bagian yang digosokkan. Gambarlah dan bandingkan dengan gambar sebelumnya.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 2-11 Subtema 1 Pembelajaran 1, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Diskusikan

  1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
Jawaban : Ya, berubah ujung pensilnya setelah diraut

  1. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
Jawaban : Ya, berubah bentuk setelah digosokkan

  1. Apakah kesimpulanmu?
Jawaban : Suatu benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu, seperti diberi panas, diberi tekanan yang tinggi, atau diberi perlakuan secara fisik (menggunting, menekan, melipat/menyobek)

Baca Juga: Contoh Cara Tumbuhan Berkembang Biak dengan Tunas, Ternyata Ada Tunas yang Bisa Dimakan Manusia!

Percobaan 2

Alat dan Bahan

  • gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
  • wadah lain yang transparan
  • nampan atau papan kayu
Langkah Kegiatan

  1. Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.
  2. Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah.
Bandingkan dengan gambar sebelumnya.

  1. Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.
  2. Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.
Baca Juga: Apakah Cita-cita Andrea Hirata, Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 6 Halaman 138 139 141 142 143

Diskusikan

  1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum maupun sesudah dimiringkan?
Jawaban : Tetap mendatar bentuk permukaan airnya, baik sebelum maupun sesudah dimiringkan

  1. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
Jawaban : Maka bentuk dari air mengikuti wadahnya

  1. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
Jawaban : Sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah

  1. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? kemanakah air itu mengalir?
Jawaban : Air akan meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat yang lebih rendah, sehingga air di permukaan tanah tersebut lama-lama akan habis

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 145 147 149 150 151

  1. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
Jawaban :Cara air mengalir adalah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah

  1. Apa yang terjadi ketika air dituangkan ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
Jawaban : Lama-lama air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori dalam tanah (meresap)

  1. Apakah kesimpulanmu?
Jawaban : Bahwa sifat dari benda cair adalah bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air adalah datar, benda cair bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah serta meresap melalui pori-pori/celah-celah.

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 155-162 Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Percobaan 3

Alat dan Bahan

  • gelas plastik
  • ember
  • air
  • buku catatan
Langkah Kegiatan

  1. Isilah ember air sampai 3/4-nya.
  2. Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.
  3. Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.
Baca Juga: Ini Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Panas dan Perpindahannya Halaman 94 97 98 99 102 103

Diskusikan

  1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa
Jawaban : Gelas akan terangkat kembali, karena mendapat tekanan/dorongan udara yang terperangkap dalam gelas tersebut

  1. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
Jawaban : Akan keluar gelembung udara, karena dalam gelas berisi udara yang terperangkap

  1. Apakah Kesimpulanmu dari percobaan ini?
Jawaban : Bahwa sifat benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah

Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 155-162 Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya

  1. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster.
Jawaban : Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar danketerangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah

kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah wujud bendabenda di rumahmu. Identifikasilah, lalu tuliskan benda berwujud padat, benda berwujud cair, dan benda berwujud gas.

Baca Juga: Ini Jawaban Soal Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 SD Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman 139 140 142 Tentang Cuaca

Sifat Benda-benda yang ada di sekitar kita itu berbeda-beda. Pada umumnya benda di sekitar kita terbagi atas 3 jenis, yaitu padat, cair, dan gas. Setiap benda-benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda juga. Untuk benda padat, sifat bentuk benda padat adalah tetap. Benda padat bisa dirubah bentuknya dengan perlakuan tertentu, seperti ditumbuk, dipotong atau digosok. Sifat benda cair adalah bentuknya tidak tetap, mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah serta dapat meresap melalui celah-celah kecil. Adapun sifat dari benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempati serta selalu menekan ke segala arah.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Baca Juga: Bikin Kagum Karena Terbebas Covid-19, Ini Fakta Menarik Suku Baduy yang Jarang Diketahui

(Tribun Pontianak/Syahroni)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya