Fotokita.net - Ramai surat komplain review produk ke Youtuber, Dokter Tirta ikut buka suara hingga Eiger beri penjelasan ini.
Merek outdoor Eiger mendadak ramai diperbincangkan lantaran beredarnya surat teguran mereka yang ditujukan kepada seorang konten kreator pemula, Dian Widiyanarko.
Melalui surat keberatan bernomor 19/Legal_Eigerindo/I/2021 itu, tertulis pihak Eiger menyatakan keberatannya atas video review salah satu produk mereka.
Alasannya, selain masalah kualitas video tapi lokasi pengambilan gambar yang dianggap tidak layak untuk mengulas produk mereka.
"Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari Anda. Lebih kaget lagi baca poin keberatannya," tulis @duniadian.
Dian mengatakan, video tersebut dibuat secara mandiri. Dia melakukan review setelah membeli barang Eiger sendiri, bukan endorsement atau mendapat imbalan dalam bentuk apapun.
Merek perlengkapan outdoor Eiger mendadak ramai dibincangkan di media sosial, Kamis (28/01/2021) malam.
Di Twitter, Eiger bahkan berada di puncak topik terpopuler (trending topic) yang dibincangkan warganet.
Ini berawal dari unggahan YouTuber Dian Widiyanarko (@duniadian) di media sosial mengenai surat keberatan yang dikirimkan Eiger untuknya lantaran sebuah video ulasan produk yang diunggah Dian.
Berikut lima faktanya:
1. Tiga poin keberatan
Melalui surat tersebut, pihak Eiger mengungkapkan beberapa poin keberatannya atas video berjudul "REVIEW Kacamata EIGER Kerato | Cocok Jadi Kacamata Sepeda" yang diunggah Dian di YouTube.
Tiga poin keberatan yang disebut Eiger antara lain: Kualitas video ulasan produk yang dianggap kurang bagus dari segi pengambilan, sehingga pihak Eiger merasa detail produk kurang jelas dan terlihat berbeda dari aslinya.
Terdapat suara di luar video (noise) yang dianggap mengganggu. Lokasi pengambilan video dianggap kurang layak.
Atas poin tersebut, pihak Eiger pun berharap Dian dapat memperbaiki videonya atau menghapusnya dari YouTube.
Dian merasa kaget dengan surat keberatan tersebut lantaran dirinya tidak melakukan ulasan dalam rangkaendorsement.
"Jujur kaget saya dapat surat begini dari anda (Eiger)."
"Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu."
"Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri," tulis Dian di media sosial pribadinya yang kemudian menjadi viral.
Dian mengaku kecewa karena dirinya asalah konsumen setia Eiger sejak lama. Dalam unggahannya di Twitter, ia mengatakan video itu tidak akan dihapus.
"Ya maaf kalau gak sempurna karena saya youtuber kaki lima belum bintang lima yang alatnya cinematik."
"Malah seharusnya anda berterima kasih, dapat promosi gratis ke 37ribu subscribers. Wong videonya tone-nya positif."
"Mulai hari ini saya tidak akan beli produk anda lagi dan tidak akan mereview di channel saya lagi. Biar hanya youtuber bintang lima dengan alat canggih saja yang mereview produk anda," tulisnya.
2. Review produk kacamata
Video ulasan produk berjudul "REVIEW Kacamata EIGER Kerato | Cocok Jadi Kacamata Sepeda" yang diunggah Dian di YouTube memiliki durasi 10.08 menit.
Dalam video, Dian menyebut produk kacamata Eiger Kerato cocok untuk orang dengan fitur wajah lebar seperti dirinya.
Ia juga menuliskan bahwa fitur wajah tersebut membuatnya sulit mencari kacamata yang sesuai.
Selebihnya, isi video merinci tentang spesifikasi produk layaknya sebuah video ulasan biasa.
Setelah unggahan Dian viral, kolom komentarnya pun dibanjiri dukungan warganet.
Beberapa di antaranya datang dari sesama YouTuber.
"Bro masih banyak produk lain yang bisa didukung jika yang ini tidak bisa diterima oleh pemilik merek. Keep it up! Tetap berkarya!" tulis YouTuber Budiono Sukses.
"Uda di review gratis, barang beli sendiri, reviewnya bagus....eh di komplain ama Brand nya.. GA TAU DIRI BANGET tuh BRAND. SEMANGAT bro!!" tulis YouTuber Anak Kuliner.
3. Dian bukan satu-satunya
Ternyata, Dian bukan satu-satunya orang yang menerima surat keberatan. Pengguna akun Twitter @AditiyaBoris, misalnya, mengaku pernah menerima kiriman surat serupa dari Eiger.
Ia pun melampirkan foto surat yang sama pada tweet yang diunggahnya.
"Senasib kita Bang, dapet surat "Cinta" dari Eiger.. :D dan video udah saya hapus. Mungkin kedepannya saya investasi buat beli lighting yang mahal khusus untuk review produk eiger :D," tulisnya.
Pengguna akun Twitter @mfahmifath juga berkomentar hal senada di kolom komentar Dian.
"Dulu juga kaget dapet email kek gini, kirain cuman saya doang pak. Taunya yg lain juga ada yg dapet. Mana tanggalnya sama lagii wkwk," tulis dia.
4. Selebriti dan influencer ikut berkomentar
Spontan saja unggahan surat tersebut di Twitter langsung ramai diperbincangkan.
Tak sedikit netizen yang kemudian ikut mengomentari sikap perusahaan karena memberikan kritik pada YouTuber.
Sejumlah selebritas ikut angkat bicara, seperti Reza Arap, Fiersa Besari hingga Ernest Prakasa.
"Gua cuma baca doang tersinggung, boomer," tulis Reza di akun @YBARAP.
Sutradara Ernest Prakasa juga menanggapi lewat beberapa twit. "Absurd banget kayak komplen ke agency, padahal bukan konten buzzingan," tulis Ernest disertai emoji tertawa, lewat akun @ernestprakasa.
Fiersa Besari juga ikut berkomentar atas unggahan yang sedang ramai hingga menjadi trending Twitter malam ini, Kamis (28/1/2021).
"Sebetulnya bukan ranah saya, karena saya bukan staf yang bekerja di Eiger. Tapi sebagai rekan, barusan saya forward tweet ini ke tim Eiger dan bilang'Kok kayak mengekang kebebasan berpendapat? Padahal modalin videonya juga enggak,'", Alias surat yang sangat konyol," tulis Fiersa lewat akun @FiersaBesari.
Beberapa figur selebriti dan influencer pun turut berkomentar. Salah satunya Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dengan nama dr Tirta.
Melalui akun Instagram miliknya, Tirta menuliskan seharusnya merek lokal senang jika ada orang yang mengulas produk mereka secara jujur.
Apalagi jika pelanggan yang mengulas juga membeli produknya sendiri.
"Udah customer beli. Ga d endorsement. Bayar. Direview. Haruse seneng brand dapet awareness."
Baca Juga: Bikin Kaget, Ini Alasan Jokowi Cuma Pakai Kaus Dalam Saat Terima Suntikan Kedua Vaksin Covid-19
"Tapi baru tau. Ada brand yg marah2 ke customer karena “review jujur “ dan ngasi somasi ginian."
"Yaelah @eigeradventure brand kalian emng besar. Saya akui. Brand lokal mantap. Tapi ga gini juga memperlakukan customer yg review," tulisnya dalam keterangan foto.
CEO PT Eigerindo MPI, Ronny Lukito, mengakui bahwa surat keberatan yang dikirimkan kepada YouTuber Dian Widiyanarko, benar dari pihaknya.
Surat ini viral setelah Dian, melalui akun media sosialnya, mempertanyakan surat yang dikirimkan Eiger.
Melalui surat itu, Eiger menyatakan keberatan atas konten review yang dibuat Dian atas produknya.
Padahal, konten itu dibuat bukan karena endorse dan termasukreviewpositif.
Dengan kejadian ini, Ronny menyampaikan permohonan maaf atas apa yang menimpa Dian Widiyanarko.
"Atas nama perusahaan PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI), sebagai perusahaan yang menaungi merk EIGER Adventure, dengan rendah hati kami menyampaikan permintaan maaf sebeasr-besarnya kepada masyarakat atas masalah yang terjadi," ujar Ronny dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis, (28/1/2021).
Ronny membenarkan bahwa surat keberatan yang dikirimkan kepada Dian Widiyanarko dikirimkan oleh PT Eigerindo MPI.
Ia mengakui, apa yang dilakukan oleh pihaknya tidak tepat dan salah.
"Sejatinya maksud dan tujuan awal kami adalah untuk memberikan masukan kepada reviewer agar lebih baik lagi. Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa cara penyampaian kami salah," lanjut dia.
Dengan kejadian ini, ia menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada pelanggan setia Eiger atau Eigerian.
(Kompas.com)