Keponakan Prabowo Merana, Ini Daftar Kekalahan Jagoan Gerindra, Simak Link Hasil Pemungutan Suara Pilkada 2020

Kamis, 10 Desember 2020 | 07:52
Instagram @rahayusaraswati

Keluarga Rahayu Saraswati

Fotokita.net - Keponakan Prabowo Subianto merana, ini daftar kekalahan jagoan Partai Gerindra, simak link hasil pemungutan suara Pilkada 2020.

Hasil hitung cepat Pilkada serentak 2020 di 9 provinsi telah dirilis sejumlah lembaga survei.

Hingga malam ini, penghitungan secara cepat beberapa di antaranya telah mencapai 99 persen.

Hasilnya sangat mengejutkan karena sejumlah gubernur atau wakil gubernur petahana (incumbent) bertumbangan.

Baca Juga: Jagoan Megawati dan PDIP Menang dalam Hitungan Sementara, Wali Kota Risma Nurut Diminta Pose Begini di Depan Kamera: Saranghae Surabaya!

Setidaknya ada lima gubernur/wagub petahana yang diperkirakan gagal memenangi Pilkada 2020 ini.

Petahana yang tumbang itu terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Utara.

Di Kalimantan Utara, baik gubernur maupun wagub petahana yang sama-sama maju sebagai kandidat gubernur, tumbang.

Baca Juga: Disebut Gagal Jadi Pemenang, Jagoan Risma Malah Menang Telak di Kandang Lawan, Ini Hasil Hitung Cepat Pilkada Surabaya 2020

Di samping itu, semua pemenang pemilihan kepala daerah tingkat provinsi adalah yang diusung oleh partai politik (parpol) atau gabungan partai politik.

Dari 3 partai politik peraih kursi terbesar di parlemen (PDIP, Golkar, dan Gerindra), Partai Gerindra lah yang paling merana.

Dari 9 provinsi yang menggelar pilkada, partai yang dipimpin Prabowo Subianto ini hanya unggul di dua provinsi, yaitu Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara.

Di 2 provinsi ini, jagoan Gerindra diusung juga oleh PDI Perjuangan.

Baca Juga: Selalu Tampil Sederhana di Depan Kamera, Selvi Ananda Buka Suara Usai Anak Jokowi Diprediksi Menang Telak di Pilkada Solo 2020

Jagoan partai berlambang kepala burung ini bahkan kalah di provinsi yang pada Pemilu 2019 dimenangi Partai Gerindra, seperti Sumatera Barat.

Pada Pileg 2019, Gerindra menjadi pemenang di Sumatera Barat dengan meraih 20,67 % dan PKS di posisi kedua dengan meraih 15,1 persen.

Sementara PDI Perjuangan dan Golkar sama-sama unggul di 6 provinsi.

Baca Juga: Dibenci Seluruh Anggota DPRD Hingga Dimakzulkan, Bupati Jember Malah Disebut Bakal Sukses di Pilkada 2020 Karena Keputusan Terbaru Mahkamah Agung

Tribunnews.com

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020.

Golkar unggul di Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

PDI Perjuangan unggul di Jambi, Bengkulu, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Utara.

Hanya saja di Jambi ada dua pasang kandidat yang suaranya hampir sama.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 telah digelar secara serentak pada Rabu (9/12/2020) hari ini.

Baca Juga: Dibenci Seluruh Anggota DPRD Hingga Dimakzulkan, Bupati Jember Malah Disebut Bakal Sukses di Pilkada 2020 Karena Keputusan Terbaru Mahkamah Agung

Pergelaran Pilkada 2020 diselenggarakan untuk memilih kepala daerah di 270 daerah, dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Banyak anggota masyarakat yang tentu menunggu-nunggu hasil dari Pilkada Serentak 2020 yang digelar hari ini.

Oleh karena itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pihaknya menyediakan situs web untuk memantau hasil sementara penghitungan suara Pilkada 2020.

Baca Juga: Cuma Didukung 2 Partai Politik, Petahana Pilkada Medan Disebut Sukses Bikin Menantu Jokowi Pulang ke Solo, Ini Hitungannya

TRIBUN MEDAN/HO
TRIBUN MEDAN/HO

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu melakukan pencoblosan di TPS 22

Masyarakat dapat memantau hasil penghitungan suara sementara Pilkada 2020 di situs web berikut ini: https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp.

"Laman itu tampilan hasil sementara pilkada," kata Pramono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga: Hasil Otopsi 6 Jenazah Pengawal Habib Rizieq Ditemukan Luka Tak Wajar, FPI Berharap Bantuan Lembaga Ini Usai Bentrokan Berdarah di Jalan Tol

Pramono menjelaskan, karena Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) tidak disetujui sebagai metode penetapan hasil, maka fungsinya hanya menjadi alat bantu dalam rekapitulasi dan fungsi publikasi.

Dalam laman https://pilkada2020. kpu.go.id/#/pkwkp, terdapat disclaimer sebagai berikut:

1. Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

2. Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Baca Juga: Dilarang Ambil Foto-foto, 6 Jenazah Pengawal Habib Rizieq Dishalatkan di Masjid Petamburan, Anak Yatim Itu Susul Kepergian Sang Ayah

3. Apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan.

4. Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara.

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka.

Daftar 270 daerah yang gelar Pilkada 2020

Adapun berikut ini rincian 270 daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember 2020 ini:

- Pemilihan gubernur dan wakil gubernur (9 provinsi), yaituSumatera Barat Jambi Bengkulu Kepulauan Riau Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan Kalimantan Utara Sulawesi Utara Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Ayah Korban Tewas dalam Penembakan Rombongan Pengajian Habib Rizieq Gembira, Aa Gym Ingatkan Umat Islam untuk Lakukan Ini

- Pemilihan wali kota dan wakil wali kota (37 kota), yaituDenpasar, Bali Cilegon, Banten Tangerang Selatan, Banten Sungai Penuh, Jambi Depok, Jawa Barat Semarang, Jawa Tengah Surakarta, Jawa Tengah Pekalongan, Jawa Tengah Magelang, Jawa Tengah Blitar, Jawa Timur Surabaya, Jawa Timur Pasuruan, Jawa Timur Banjarbaru, Kalimantan Selatan Banjarmasin, Kalimantan Selatan Samarinda, Kalimantan Timur Bontang, Kalimantan Timur Balikpapan, Kalimantan Timur Batam, Riau Metro, Lampung Ternate, Maluku Utara Tidore Kepulauan, Maluku Utara Mataram, Nusa Tenggara Barat Dumai, Riau Palu, Sulawesi Tengah Manado, Sulawesi Utara Tomohon, Sulawesi Utara Bitung, Sulawesi Utara Solok, Sumatera Barat Bukittinggi, Sumatera Barat Binjai, Sumatera Utara Medan, Sumatera Utara Sibolga, Sumatera Utara Pematangsiantar, Sumatera Utara Tanjung Balai, Sumatera Utara Gunung Sitoli, Sumatera Utara Bandar Lampung, Lampung Makassar, Sulawesi Selatan

Baca Juga: Dituding Terima Uang Ilegal Saat Tinggal di Arab Saudi, Rahasia Habib Rizieq Dibongkar Mahfud MD: 'Ada Intervensi Amerika?'

- Pemilihan bupati dan wakil bupati (224 kabupaten)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya