Acara Nikahnya Jadi Sorotan Hingga Kena Denda Rp 50 Juta, Siapa Sangka Menantu Habib Rizieq Ini Masih Keponakan Wakil Ketua MPR, Begini Faktanya

Minggu, 15 November 2020 | 20:52
Tangkap layar YouTube

Foto menantu Rizieq Shihab, Irfan Alaydrus

Fotokita.net - Acara nikahnya jadi sorotan hingga kena denda Rp 50 juta, siapa sangka menantu Habib Rizieq ini masih keponakan wakil ketua MPR, begini faktanya.

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menggelar pesta pernikahan putri bungsunyaSyarifah Najwa Shihab.

Pesta pernikahan digelar di rumah Habib Rizieq Shihabyang beralamat di Gang Paksi, Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Rahasia Lama Dibongkar Hotman Paris Lewat Foto Ini, Habib Rizieq Shihab Akhirnya Tanggapi Ucapan Nikita Mirzani yang Dianggap Hina Imam Besar FPI

Pantauan Wartakotalive.com, pesta pernikahan cukup lengang. Suasana pesta pernikahan berbeda dengan suasana saat akad nikah yang digelar Sabtu (14/11/2020) malam.

Jalan Petamburan III pun terlihat masih dapat dilalui umum.

Hanya Gang Paksi yang ditutup karena terdapat tenda tamu pernikahan.

Belum terlihat pejabat yang datang ke acara pernikahan tersebut sampai Minggu siang.

Baca Juga: Niat Hati Bela Habib Rizieq, Ustadz Maaher Malah Kepergok Hapus Cuitannya Usai Senggol Ulama Kondang Ini, Netizen Meradang: Jangan Mau Diadu Domba

Tamu dibatasi 50 Orang Tiap Jam

Panitia pernikahan putriHabib Rizieq Shihabmembatasi jumlah tamu undangan yang datang setelah mendapat teguran dan sanksi denda dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Dengan adanya pembatasan tersebut, tamu undangan yang hadir harus menunggu hingga dua jam lamanya.

Hal tersebut disamapaikan seorang tamu pesta pernikahan putri bungsu Imam Besar FPIHabib Rizieq Shihab, Wati.

Baca Juga: Ikut-ikut Sentil Massa Penjemput Habib Rizieq, Denny Siregar Ciut Nyali Usai Ditegur Sosok Ini Hingga Hapus Tweetnya, Warganet Langsung Sinis: Banci!

Wati mengungkapkan pesta tersebut sudah mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Misalnya saja dengan membatasi tamu undangan yang masuk ke kediamanHabib Rizieq.

"Tadi kami sudah Menjaga jarak, Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan itu semua dikerjakan," ujar Wati ditemui di sekitar lingkungan rumahHabib Rizieqdi Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (15/11/2020).

Bahkan kata Wati, para simpatisanHabib Rizieq Shihabdari Mujahidah FPI harus menunggu hingga dua jam lamanya agar dapat masuk ke dalam kediamanHabib Rizieq Shihab.

Baca Juga: Gagah Berani Lawan Ancaman Ustadz Maaher At-Thuwailibi, Siapa Sangka Wanita Ini Justru Paling Ditakuti Nikita Mirzani, Simak Alasannya

(KOMPAS.com/Ihsanuddin)
(KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Tamu undangan pernikahan putri Rizieq Shihab, Shafira Najwa Shihab, mulai berdatangan ke Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) malam. Pantauan kompas.com pukul 18.45 WIB, para tamu duduk berdesakan di depan panggung yang telah disediakan. Tak ada jaga jarak minimal satu meter sesuai protokol

Hal itu agar tidak terjadi penumpukan tamu undangan di dalam kediaman mempelai wanita.

Setiap satu jam sekali, hanya 50 tamu undangan yang dapat masuk ke dalam rumah tersebut.

Di tahap pertama, 50 tamu undangan merupakan keluarga dari mempelai pria.

Selanjutnya 50 tamu undangan berikutnya merupakan tamu undangan di luar keluarga pengantin.

Baca Juga: Pesta Nikah Putri Cantik Habib Rizieq Digelar Sehabis Maghrib, Ahli Bingung Sikap Pemerintah di Tengah Pandemi: Ini Maunya Apa?

Para tamu undangan digilir setiap satu jam sekali agar dapat masuk ke dalam rumah mempelai wanita.

"Jadi alhamdulilah semua protokol kesehatan yang saya lihat ini semua yang kami rasakan di dalam betul-betul dijalankan dengan baik," ungkapnya.

Bahkan kata Wati, para tamu undangan diberi faceshield dan masker sebagai suvenir pesta pernikahan.

Baca Juga: Undang 10.000 Orang Ke Acara Nikahnya, Ternyata Calon Menantu Habib Rizieq Masih Keturunan Langsung Nabi Muhammad SAW, Begini Silsilahnya

Tribunnews/Jeprima
Tribunnews/Jeprima

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab saat menyapa pendukung dan simpatisan saat tiba di sekitar markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat (10/11/2020).

Sayangnya, Wati dan ke-18 temannya tidak dapat bertemuHabib Rizieq Shihab.

Kemungkinan kata Wati,Habib Rizieq Shihabsedang beristirahat.

"Jadi tadi kami sempat ketemu pengantinnya saja dan salam-salaman," katanya.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin memastikan sejumlah acara yang diselenggarakan terkait Imam Besar FPIHabib Rizieq Shihabdi Petamburan, Jakarta Barat, akan dikenakan sanksi.

Baca Juga: Alih-alih Minta Maaf Usai Singgung 'Habib Tukang Obat', Nikita Mirzani Bikin Geram 2 Ulama Kondang Ini: Ultimatum Mulut Sampah Nyai

"Ya sanksinya ada di sebagaimana diatur di protokol Covid-19, ada denda. Berlaku semua, sama. Penegakan protokol Covid-19 itu berlaku untuk semua, ya. Tidak ada pengecualian," kata Arifin di Jalan KS Tubun, Minggu (15/11/2020).

Habib Rizieq, dikatakan Arifin, sudah dilayangkan surat oleh pihak terkait. Dendanya sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni Pergub DKI no 41 tahun 2020.

Baca Juga: Disambut Meriah Puluhan Ribu Pengikut Hingga Tokoh Nasional, Ahok Akhirnya Buka Suara Terkait Kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air

"Ya, karena memang pergubnya kan administratif, Rp 50 juta maksimal," lanjutnya.

Meski demikian, Arifin tak menjelaskan apakah sanksi yang dikenakan kepada Habib Rizieq Shihabadalah acara pernikahan, maulid, atau termasuk juga saat dirinya datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 10 November lalu.

"Pokoknya acara apapun yang dilakukan ketika bertentangan prokotol Covid-19, maka itu akan dikenakan ketentuan kedisiplinan dan penegakan hukum," katanya.

Arifin meyakini Habib Rizieqakan bijak merespons hal tersebut.

"Ya saya rasa tetap secara bijak ya, bahwa semua ketentuan daripada aturan protokol itu bagaimana kita mencegah penularan Covid-19 dan memutus mata rantai," ujar dia.

Baca Juga: Bak Disambar Petir, Jennifer Jill Tiba-tiba Minta Ajun Perwira Berhubungan Intim dengan Artis Sensasional Ini, Alasannya Bikin Terkejut

Habib Rizieq bayar denda Rp 50 juta

Pihak keluarga Ketua Front Pembela Islam (FPI)Habib Rizieq Shihabmengklaim telah membayar denda Rp 50 juta kepada Satpol PP DKI Jakarta terkait pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 dalam acara pernikahan anaknya.

Seperti diketahui dalam acara pernikahan putri Habib RizieqShihab, Syarifah Najwa Shihabdengan Irfan Alaydrusyang dilangsungkan, Sabtu (14/11/2020) malam di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat dipadati ribuan orang.

Akibatnya protokol kesehatan Covid-19 dalam hal ini menjaga jarak dan tidak membuat kerumunan orang sulit dihindari.

Imbasnya Satpol PP DKI Jakarta pun melayangkan sanksi administrasi berupa denda Rp 50 juta.

Baca Juga: Nikahi Nathalie Holscher Hari Ini, Ternyata Sule Beri Tugas Spesial Raffi Ahmad dan Andre Taulany, Inilah Link Live Streaming Akad Nikah Sang Komedian

Terkait denda tersebut, perwakilan Keluarga Habib RizieqShihab, Hanif Alatas, mengatakan Ketua Satpol PP DKI Jakarta Arifin telah bertemu pimpinan FPI tersebut, Minggu (15/7/2020).

"Tadi sudah dibayar. Detailnya saya tidak tahu berapa, tapi yang disurat itu dikenakan sebesar Rp 50 juta," kata Hanif, kepada awak media, Minggu (15/7/2020).

"Jadi, Habib Rizieqmemang sudah menerima surat sanksi tersebut dari Satpol PP," lanjutnya.

Dia menjelaskan, pihak keluarga Habib RizieqShihab pun memaklumi sanksi tersebut.

Baca Juga: Ngaku Tak Tutupi Apa Pun Pada Putri Semata Wayangnya, Gisel Pilih Jawaban Ini Saat Ditanya Peluang Rujuk dengan Gading Marten

Sebab, menurutnya, antusiasme pecintaHabib Rizieq Shihabtak terbendung sehingga sulit diatur.

"Kami dari pihak keluarga menerima dan memaklumi karena memang antusias umat tak terbendung," jelasnya.

"Kami sudah mengimbau untuk mematuhi protokol Covid-19. Tapi antusias umat tak terbendung," tutupnya.

Perempuan cantikSyarifah Najwa Shihabadalah anak keempat Habib Rizieq Shihab.

Baca Juga: Jumlah Penerima BLT Karyawan Gelombang 2 Berkurang, Ternyata Ini Penyebab Subsidi Gaji Belum Ditransfer Ke Rekening BCA BRI Mandiri dan BNI

Diketahui calon suami putri Habib Rizieq itu adalah seorang pria keturunan arab.

Irfan Alaydrus, sosoknya tak asing di Indonesia ternyata bukan orang sembarangan.

Dikutip dari Tribunnews, hal itu diketahui dari asal usul keluarganya.

Dari nama belakangnya, keluarga atau marga Irfan adalah Alaydrus.

Baca Juga: Bak Disambar Petir di Siang Bolong, Orang No 1 DKI Jakarta Gembira Habib Rizieq Pulang Ke Tanah Air, Anak Buah Anies Baswedan Malah Bilang Imam Besar FPI Lakukan Pelanggaran Ini

Marga Alaydrustermasuk Qabilah Saadah Alba’alawiy di Indonesia.

Qabilah Saadah Alba’alawiy merupakan trah keturunan Nabi Muhammad SAWyang masuk Nusantara ketika penyebaran Islam.

Mereka tersusun silsilahatau asal usul keluarga hingga berabad-abad dari Hadramut (Yaman) hingga ke Tanah Abang (Jakarta).

Baca Juga: Kasus Habib Rizieq Dihentikan Mabes Polri, Mantan Anggota DPR Langsung Meradang: Tak Ada Alasan Polisi Untuk Tidak Menindaklanjuti

YouTube via Wartakota
YouTube via Wartakota

Sosok calon suami Syarifah Najwa Shihab bernama Muhammad Irfan Alaydrus

Silsilahketurunan Nabi Muhammad SAWberdasarkan garis keturunan Sayyidah Fatimah Ra yang menikah dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib Ra.

Dari trah inilah penamaan untuk menghormati para keturunan Nabi Muhammad SAWdisebut Habib atau Habaib (jamak).

Adapun, keturunan Alawiyyin di Indonesia terbanyak berasal dari keluarga Al Attas atau Alatas.

Di urutan kedua adalah Al Haddad, ketiga Assegaf dan Alaydrus.

Baca Juga: Disambut Ribuan Pendukungnya yang Telah Rindu, Habib Rizieq Shihab Segera Nikahkan Sosok Cantik Ini, Siapakah Dia?

Akurasi silsilahketurunan Nabi Muhammad SAWdi Indonesia dicatat oleh Rabithah Alawiyah.

Rabithah Alawiyah merupakan organisasi pencatatketurunan Nabi Muhammad SAW.

Keorganisasian tersebut disahkan sejak 1928 silam di Bogor.

Baca Juga: Akhirnya Bertemu Usai Terpisah Lama, Foto Anies Baswedan Duduk Bareng Habib Rizieq Terkuak, Mulai Bahas Politik?

dok. Google

Muhammad Irfan Alaydrus

Berdasarkan Rabithah Alawiyah inilah, keturunan Alaydrusdiketahui menjadi pengurus pertama perkumpulan tersebut.

Kala itu, Abdullah Ali Alaydrusdidapuk menjadi Wakil Ketua II seperti yang dimuat di majalah “Ar-Rabithah” edisi Perdana bulan Sya’ban 1346 H Tahun Pertama yang ditulis sendiri oleh sekretaris Rabithah Alawiyah waktu itu yaitu Syd. Ahmad Abdullah Assagaf.

Tak banyak informasi yang didapatkan dari calon suami Syarifah Najwa Shihab.

Baca Juga: Talkshow ILC Bertema Kepulangan Habib Rizieq Shihab Dibatalkan Mendadak, Fadli Zon Penasaran Alasannya: Ada Telepon Ghaib Bang Karni?

Tentu tak ada yang menduga, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Kabinet Indonesia Bersatu II, Fadel MuhammadAl-Haddar, ternyata besan dari Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib RizieqShihab.

Adapun hal itu diketahui saat istri Fadel Muhammad, Hana Hasanah Shahab, datang ke pesta pernikahan putri keempat Habib RizieqShihab, Syarifah Najwa Shihabdi Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Hasanah datang dengan keluarga besarnya menggunakan Toyota Alpahrd hitam.

Menggunakan baju muslim berwarna abu, Hana mengungkapkan maksud kedatangannya ke kediaman Habib RizieqShihab.

"Kebetulan saya masih keluarga dengan mempelai priaIrfan Alaydrus. Saya bibinya," ujar Hana ditemui perwarta depan gang rumah Rizieq Shihab, Minggu (15/11/2020) siang.

Fadel Muhammad dikenal sebagai politisi senior Partai Golkar dan mantan Gubernur Gorontalo.

Hana terlihat tidak datang dengan suaminya Fadel Muhammad yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI.

Menurut Hana, suaminya sudah datang pada akad nikah Najwa dan Irfan, Sabtu (14/11/2020) malam.

Fadel bahkan sempat menjadi wali dari mempelai pria.

"Suami sudah datang semalam jadi wali. Hari ini saya datang ditemani sepupu, tante dan keluarga besar lainnya," jelas Hana.

Hana berharap baik Najwa dan Irfan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah.

Ia juga berharap kedua pasangan pengantin itu segera dikaruniai anak.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya