Disambut Meriah Puluhan Ribu Pengikut Hingga Tokoh Nasional, Ahok Akhirnya Buka Suara Terkait Kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air

Jumat, 13 November 2020 | 06:07
Tribunnews

Habib Rizieq Shihab pulang, fasilitas Bandara Soekarno-Hatta rusak saat penyambutan.

Fotokita.net - Disambut meriah puluhan ribu pengikut hingga tokoh nasional, Ahok akhirnya buka suara terkait kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air.

Kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia setelah 3 tahun berada di Arab Saudi disambut puluhan ribu pendukungnya.

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tiba Indonesia pada Selasa (10/11/2020).

Setelah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pukul 09.00 WIB, Habib Rizieq Shihablangsung menuju rumahnya di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

Simpatisan Habib Rizieq Shihab pun berkerumun melakukan penyambutan baik di Bandara maupun di Petamburan.

Baca Juga: Kasus Habib Rizieq Dihentikan Mabes Polri, Mantan Anggota DPR Langsung Meradang: Tak Ada Alasan Polisi Untuk Tidak Menindaklanjuti

Setelah tiba di rumahnya, Habib Rizieq Shihab juga masih melakukan silaturahmi dengan banyak orang.

Hal itu terlihat dari siaran langsung akun YouTube Front TV.

Bahkan pada Selasa malam, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga ikut berkunjung ke rumah Habib Rizieq Shihab.

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Menteri Jokowi Salah Kalkulasi Jumlah Pengikut Habib Rizieq Shihab, Anggota TNI Ini Teriak Begini Sampai Kapendam Jaya Bikin Klarifikasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedandikabarkan sudah bertemu dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihabhingga diajak minum teh di kediamannya kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/11/2020) malam.

Pertemuan Anies dan Rizieq diketahui lewat unggahan foto di akun media sosial Instagram Tengku Zulkarnain pada Rabu pukul 00.00 WIB.

Baca Juga: Talkshow ILC Bertema Kepulangan Habib Rizieq Shihab Dibatalkan Mendadak, Fadli Zon Penasaran Alasannya: Ada Telepon Ghaib Bang Karni?

Dalam unggahan foto yang diberi judul Pertemuan Empat Sahabat tersebut, terlihat Anies Baswedanduduk paling kiri, di sebelahnya ada Rizieq Shihab, disusul Tengku dan Hanif Al-Athos (menantu Rizieq) yang duduk paling kanan.

Tengku mengaku dalam pertemuan tersebut mereka hanya melepas rindu sambil minum teh dan tidak ada pembicaraan yang mengarah ke unsur politik.

Baca Juga: Ungkap Alasan Rizieq Shihab Pulang ke Tanah Air, Sosok Ini Ikut Sambut Kepulangan Imam Besar FPI: Takut Dituntut Sang Habib?

instagram

Anies Baswedan Temui Rizieq Shihab Ngaku Hanya Melepas Kerinduan dan Minum Teh Bersama

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa dalam pertemuan itu tidak dibicarakan rencana Reuni Akbar Persaudaraan Alumni (PA) 212 pada 2 Desember 2020 yang direncanakan dihelat di Monas.

"Enggak juga diobrolin, orang capek kok. Kita cuma minum teh. Senang-senang ketemu, sudah. Kalau saya kan sudah lama enggak ketemunya, bulan Maret kemarin ya terakhir, lalu COVID-19 kan, saya rombongan terakhir yang masuk Makkah," ucap Tengku.

Wakil Sekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin sebelumnya menyatakan Gubernur Anies Baswedaningin menemui Rizieq Shihab pada Rabu (11/11) selesai salat Shubuh.

Baca Juga: Jumlah Pengikutnya Disebut Menteri Jokowi Tak Banyak, Massa Penjemput Habib Rizieq Shihab Bikin Pusing Polisi di Tol Bandara Soetta: Sudah Beratlah...

Menurut Novel, pertemuan tersebut merupakan keinginan dari Anies yang akan dilaksanakan di kediaman Rizieq kawasan Petamburan.

"Iya benar, Anies yang mau bertemu dengan HRS (Rizieq Shihab) di kediamannya. Rencananya besok subuh sesuai protokol kesehatan," ujar Novel.

Baca Juga: Sudah Tes Swab, Habib Rizieq Shihab Tiba di Tanah Air Besok, Begini Kondisi Kediaman Imam Besar FPI dan Fakta Terbarunya

Tribunnews.com

Kedatangan Habib Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain mengatakan, pertemuan tersebut dilakukan selepas waktu Isya.

Tengku mengaku Anies Baswedandan Habib Rizieq Shihabsaling melepas rindu sambil minum teh dan tidak ada pembicaraan yang mengarah ke unsur politik.

"Ngga ada, minum teh bareng aja melepas rindu aja namanya kawan sahabat, sehat-sehat senang gitu lah," ujar Tengku seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Bongkar Alasan Ogah Minta Bantuan Pemerintah, Habib Rizieq Segera Nikahkan Syarifah Najwa Shihab, Ini Sosok Putri Cantik Imam Besar FPI

Dalam pertemuan itu, kata Tengku, mereka menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan selalu menggunakan masker.

Baca Juga: Disebut Bakal Dituntut Habib Rizieq Karena Sebut Overstay di Arab Saudi, Duta Besar RI Ungkap Alasan Tak Prioritaskan Kasus Imam Besar FPI

TribunStyle

Massa memadati bandara Soekarno Hatta saat menjemput Habib Rizieq

"Masih ramai sih, saya aja cari parkir empat sampai lima menit, tapi ketemu Habib tadi tidak ramai. Selain itu kita hanya sebentar bertemunya minum teh saja," kata dia.

Meski demikian, Tengku mengaku, dirinya dengan Anies tidak saling bersepakat untuk sama-sama datang menjenguk Rizieq Shihab selepas waktu Isya.

Baca Juga: Jumlah Rekening Penerima BLT BPJS Berkurang Karena Alasan Ini, Cepat Cek Nama dan Status Penerima Subsidi Gaji di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

"Saya dari habis Isya baru ke sana. Enggak barengan, duluan dia dari saya, itupun nggak janjian," ujarnya.

Baca Juga: Interior Ruangan Disebut Mirip Kamar Gisel Anastasia, Gading Marten Sudah Lama Titip Pesan Ini Buat Mantan Istri: Jangan Dibawa Ke Rumah

Sementara itu, sebelumnya, Komisaris PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahoksudah mengetahui kabar rencana kepulangan Imam Besar Fron Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihabke Tanah Air.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak mempersoalkan jika Rizieq Shihabkembali ke Indonesia. Sebaliknya, Ahokmenyambut baik kepulangan Rizieq Shihabtersebut.

Ia menyampaikan pernyataan sambutan tersebut meski hanya singkat. "Selamat kembali di Tanah Air," kata Ahokdi Jakarta pada Rabu (4/11/2020) seperti dikutip dariKompas TV.

Sebelum, Rizieq meninggalkan Indonesia dan menetap di Arab Saudi selama beberapa tahun, Ahokdan Rizieq diketahui memiliki hubungan tidak harmonis.

Baca Juga: Rajin Ikut Pengajian Hingga Sudah Pakai Hijab, Celine Evangelista Ungkap Keyakinannya Saat Ini, Istri Stefan William Malah Bikin Heran Ustadz Riza

Saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Rizieq memimpin gelombang aksi unjuk rasa besar-besaran untuk menuntut Ahoksegera dipenjara.

Tuntutan tersebut dilayangkan karena Ahokdianggap telah menghina Islam usai mengutip surat Al Maidah ayat 51 pada akhir 2016 lalu.

Gelombang aksi unjuk rasa dimulai pada Oktober 2016. Aksi anti Ahokitu dimotori berbagai organisasi Islam. Itu antara lain Front Pembela Islam (FPI), Forum Umat Islam (FUI) hingga Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi).

Setelah aksi itu, terjadi rentetan aksi unjuk rasa lainnya. Bahkan dengan pengerahan massa yang semakin besar.

Baca Juga: Bak Oase di Gurun Pasir, Paranormal Kejawen Ini Bongkar Tanda-tanda Berakhirnya Pandemi Corona: Sebagai Manusia Saya Khawatir

Tuntutan mereka pun masih sama: meminta Ahok diadili secara hukum.

Aksi tersebut pun dianggap membuahkan hasil. Sebab, tak lama kemudian Ahokditetapkan sebagai tersangka dan diseret ke meja hijau.

Di persidangan, Ahokdinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama.

Oleh hakim, Ahokkemudian divonis dua tahun penjara karena melanggar Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

Baca Juga: Resesi Ekonomi Melanda Tanah Air, Amalkan Doa Ini Agar Rezeki Tak Terduga Cepat Datang, Banyak yang Sudah Membuktikannya

Setelah Ahokdipenjara, tak lama berselang giliran Rizieq tersangkut perkara hukum. Ia dijerat dengan dugaan konten pornografi. Itu sebabnya, ia memilih meninggalkan Indonesia pada pertengahan 2017 silam.

Sejak saat itulah, Rizieq menetap di Arab Saudi selama beberapa tahun. Pada akhir 2020, muncul rencana kepulangan Rizieq Shihabke Tanah Air.

Bahkan, Rizieq Shihabsendiri yang mengatakan akan pulang dan tiba di Indonesia pada 10 November 2020 nanti. Informasi itu disampaikan langsung melalui tayangan video di akun YouTube Front TV.

Baca Juga: Berjumpa Suku Primitif di Belantara Papua, Misi Kopassus Sukses Guncangkan Dunia, Temukan Potongan Kaki Anak Raja Minyak Amerika

"Insya Allah saya dan keluarga hari Senin tanggal November 2020 pukul 09.30 waktu Saudi akan terbang dari Bandara Jeddah dengan pesawat Saudi Arabia Airlines nomor penerbangan SV 816," kata Rizieq Shihabpada Rabu (4/11/2020).

Rizieq menambahkan pesawat yang ditumpanginya diperkirakan tiba pukul 09.00 WIB di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Bukan Ingin Dahului Takdir Tuhan, Ahli Tarot Ini Sebut Bakal Terjadi Banjir Air Mata Karena Bencana Dahsyat di Tanah Air, Kapan Waktunya?

Selanjutnya, Rizieq mengaku akan langsung menuju ke rumahnya yang berada di Petamburan, Jakarta Pusat untuk istirahat.

(Tribunnews.com/TribunPalu.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya