Ketagihan Main Politik, Giring Eks Nidji Ngaku Siap Jadi Capres 2024, Tapi Kenapa Teman Bandnya Malah Bongkar Fakta Lain Sang Vokalis?

Selasa, 25 Agustus 2020 | 09:39
Kompas.com/Dian Reinis Kumampung

Giring Ganesha saat manggung bersama Nidji

Fotokita.net -Ketagihan main politik, Giring Ganesha tak kapok gagal jadi anggota DPR. Kini, Giring Ganesha siapmencalonkan diri sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Sayangnya, personil Nidji bongkar fakta lain sang vokalis sebelum memutuskan pamit dari band yang sudah membesarkan nama Giring Ganesha.

Pada Pemilu Legislatif 2019 lalu Partai Solidaritas Indonesia (PSI)gagal memperoleh dukungan yang cukup. Akibatnya, hal ini turut berpengaruh terhadap proses pencalonan Giring.

Meski ia meyakini perolehan suaranya di Dapil 1 Jawa Barat cukup banyak, kenyataannya Giring tetap tak bisa duduk sebagai anggota dewan.

Baca Juga: Gagal Jadi Anggota DPR Malah Nekat Maju di Pilpres 2024, Personil Nidji Bongkar Fakta Lain Giring Ganesha Sebelum Ketagihan Main Politik

Pasalnya, PSI tak mampu memperoleh dukungan sesuai dengan ambang batas parlemen yang telah ditentukan sebelumnya.

"Sempat lah drop, manusiawi, tapi balik lagi ternyata pemilih saya banyak, ada 47.000 orang percaya memilih saya itu adalah hal yang positif," ucap Giring saat ditemui dalam sebuah acara buka puasa bersama di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada 21 Mei 2019 lalu.

Baca Juga: Plt Bupati Sidoarjo Jadi Korban Corona, Kini Bupati Padang Pariaman Positif Covid-19, Ternyata Keduanya Sama-sama Pernah Datangi Kota Ini

Kendati demikian, Giring mengaku, dirinya tetap ingin terjun ke dunia politik. Bahkan, ia bercita-cita untuk membesarkan PSI di masa mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha merespons munculnya foto-foto di media sosial mengenai baliho dirinya sebagai calon presiden 2024.

Giring pun membenarkan kabar tersebut dan menyebut bahwa ia hendak mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024.

Baca Juga: Digadang-gadang Jadi Calon Presiden 2024, Nidji Bongkar Aib Giring Ganesha Sebelum Pamit Sebagai Vokalis Band Kondang Itu

"Ya, saya memang mencalonkan diri menjadi calon presiden Republik Indonesia di 2024," kata Giring dalam konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

Giring mengatakan, meskipun tak mudah, rencana pencalonannya itu didukung oleh PSI maupun keluarganya.

Pencalonan ini berangkat dari keinginan PSI untuk mengisi ruang politik 2024 dengan anak-anak muda.

Baca Juga: Jadi Partai Penguasa PDI-P Galau Hadapi Pilkada Surabaya, Anak Sulung Risma Malah Sebut Nama Ini yang Cocok Gantikan Ibunya

Instagram @giring

Giring Nidji ungkap kedua anaknya sudah mampu berpuasa penuh.

Setengah dari jumlah pemilih di Pilpres 2024 merupakan anak muda, sehingga anak mudalah yang mengerti kebutuhan mereka sendiri.

Namun demikian, anak muda Indonesia juga mengerti tantangan global, tantangan setiap keluarga Indonesia, tantangan setiap komunitas yang ada, serta tantangan setiap daerah.

"Oleh karena itu bagaimana kalau yang memimpin bukan anak muda, siapa yang lebih mengerti tentang kebutuhan anak muda itu sendiri," ujar Giring.

Giring menyebut, rencana pencalonan dirinya sebagai presiden di Pilpres 2024 ini telah PSI sampaikan ke Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jakarta Terapkan Denda Progresif Buat Warga, Foto-foto Menteri Jokowi Tanpa Masker Jadi Sorotan, Gatot Nurmantyo Khawatir Hal Ini Terbukti: Tajam di Bawah Tumpul ke Atas

Menurut dia, Jokowi menyambut baik kabar ini. "Kita juga memberitahukan cara kita masalah pencapresan ini, Alhamdulillah, Pak Jokowi menyambut sangat baik," ucap Giring.

Instagram @giring

Giring eks Nidji

Menurut Giring, meski Pilpres baru digelar 4 tahun lagi, rencana pencalonan dirinya ini tidak terburu-buru.

Ia menyebut, perjuangan menuju Pilpres 2024 dimulai sejak saat ini. PSI pun telah melakukan komunikasi politik secara informal dengan partai-partai lain terkait hal ini.

"Perjuangan itu dimulai dari sekarang menuju 2024, karena dari sekarang sampai 2024 tugas kita hanya satu yaitu meyakini masyarakat Indonesia bahwa saatnya calon pemimpin dari anak muda. Selain itu juga tugas kita di partai bagaimana menunjukkan kinerja," kata Giring.

Baca Juga: Jokowi Kepergok Pimpin Rapat Tanpa Masker, Kini Anak Buahnya Ketahuan Bebas Foto-foto Tak Pakai Masker, Wakil Rakyat Cuma Bisa Elus Dada

Terlepas dari karir politiknya yang moncer, Giring Ganesha rupanya sempat meninggalkan kesan yang kurang pas pada band yang sudah membesarkan namanya, Nidji.

Sejak 2018, Giring Ganesha memang sudah mengucapkan selamat tinggal pada Nidji.

Dok. Musica's Studio

Nidji

Dua tahun berlalu, banyak perubahan yang terjadi pada psikologis band Nidji.

Pemain kibor Nidji, Randy Danistha menilai kini Nidji bagaikan kembali ke taman bermainnya lagi.

“Psikologisnya kita jadi kayak anak SMP lagi kayak dapet playground lagi,” jelas Randy dikutip dari Youtube Ari Lasso TV berjudul ‘EXCLUSIVE !! PERTAMA KALI NIDJI CURHAT TUNTAS TENTANG KELUARNYA GIRING GANESHA’.

Baca Juga: Soroti Kemampuan Jokowi yang Bikin Indonesia Melempem di Dunia, Rocky Gerung Tertawa Saat Jawab Isu Panas Pergantian Wapres: Saudara Terlalu Cerdik...

Selepas dari Giring Ganesha, Randy merasa band-nya jadi lebih santai.

“Jadi kita yang biasanya apa-apa kayak dikejar waktu kayak serius sekarang itu jadi kayak main-main lagi.”

“Suasana kita itu jadi harusnya kan main-main, bukan kayak vibe kerja,” sambung Randy lagi.

IG nidjiofficial
IG nidjiofficial

Nidji umumkan vokalis baru pengganti Giring Ganesha.

Randy kemudian menceritakan bagaimana suasana ketika Giring masih bersama dengan band Nidji.

Menurutnya, ada banyak perubahan fase yang Giring tularkan ke band hingga akhirnya Randy merasa dia dan personel lainnya berat untuk mengikuti.

Baca Juga: Bikin Hati Guru dan Orangtua Siswa Tambah Lega, Mendikbud Nadiem Makarim Akhirnya Ubah Aturan Pembelajaran Jarak Jauh Secara Online

“Kita itu ngikutin dia dari berbagai fase kita selalu support as a friend. Kita lagi asik nge-band tiba-tiba dia (Giring) suka kamera jadi dia switching as a photographer. Ada pemandangan bagus stop-stop foto-foto.”

“Terus dia naik haji dimana pulang lihat masjid harus solat, kita support,” tutur Randy.

Sebagai teman yang puluhan tahun berkarir bersama, Randy mengaku selalu berusaha mendukung apapun kegiatan Giring.

Tapi Randy sulit mengimbangi ketika Giring terlalu jauh, misalnya membahas bisnis ketika sedang nge-band.

“Sampe pada fase yang menurut kita agak berat nih, masuk ke bisnis asuk ke start up abuis itu fase politik.”

“Wah gila nih udah susah nih ya,” ujar Randy. (Video lengkapnya disimak di sini).

Ist / pekanbaru.tribunnews.com

Grup Band Nidji

Ramadishta Akbar, gitaris Nidji juga sependapat dengan Randy.

“Mungkin kita masing-masing ada kegiatan di luar tapi balik ke playground kita. Tapi kadang terbawa waktu kita ngumpulnya.”

“Kan ga bisa dipungkiri mood-nya sebelumnya ada capek atau mungkin diskusi, perselisihan,” ujar Rama.

Baca Juga: Terungkap, Alasan Soekarno Tak Jalani Puasa Ramadhan Saat Bacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

PIPIT PUSPITA RINI/JUARA.NET

Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez (kanan), bernyanyi dengan vokalis band Nidji dalam a

Rama mengatakan, seringkali kegiatan pribadi di luar band mengubah suasana bermusik mereka.

“Tapi kita ga pernah nanya tapi kita berusaha untuk menciptakan environment yang menyenangkan tapi itu yang akhirnya agak berat,” ujar Rama.

(Kompas.com/Grid.ID)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma