Follow Us

Cara Foto Tanpa Efek Flare Berlebihan, Hasil Editannya Bikin Lega

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 09 Februari 2023 | 23:19
Foto dengan efek flare berlebihan tentu mengesalkan pemotretnya.
Istimewa

Foto dengan efek flare berlebihan tentu mengesalkan pemotretnya.

Fotokita.net - Buat pemburu foto aesthetic masalah flare pada gambar hasil jepretan tentu mengesalkan. Terlebih lagi, foto yang didapatkan saat berada di tempat estetik yang jauh dari kota.

Flare pada foto sendiri adalah kilauan warna membentuk bulatan tertentu yang akan muncul akibat subjek berhadapan langsung dengan sumber cahaya.

Dalam fotografi terdapat dua jenis flare yang perlu diperhatikan. Dengan mengetahui kedua jenis flare tersebut sedikit banyak akan membantu dalam cara foto tanpa efek flare yang berlebihan dalam sebuah ganbar.

Yang pertama disebut dengan specular flare yaitu flare yang akan muncul di sepanjang frame pada foto.

Sedangkan yang kedua disebut dengan veiling flare yang mana masuk ke bagian gelap dalam foto sehingga mengurangi kontras, ketajaman dan definishing detail.

Untuk jenis veiling flare lebih tersamar dan tidak terlalu mencolok. Nah, lantas bagaimana sih cara foto tanpa efek flare yang berlebihan?

Masalah flare ini sendiri sebenarnya tidak hanya terjadi pada fotografer yang masih awam saja melainkan bisa juga terjadi pada orang yang sudah profesional sekalipun.

Namun, flare biasanya juga terjadi tergantung dari kualitas optik maupun coating lensa yang dipakai.

Dalam dunia fotografi, tips mengurangi flare pada foto sangatlah penting pasalnya flare sangat mengganggu.

Sebab, dapat menutupi objek yang sedang difoto namun untuk dunia sinematografi efek flare lensa justru menjadi daya tarik sendiri.

Nah, untuk menghindari flare pada fotografi sebaiknya mengusahakan agar cahaya tidak langsung menabrak bagian depan lensa.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular