Follow Us

Cara Foto yang Lebih Tajam, Pakai Settingan Begini Plus Alat Khusus

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 04 Februari 2023 | 23:03
Foto yang tajam membuat kita bangga untuk mengunggahnya di media sosial. Begini caranya.
Istimewa

Foto yang tajam membuat kita bangga untuk mengunggahnya di media sosial. Begini caranya.

Fotokita.net - Salah satu faktor penting dalam fotografi adalah ketajaman dari sebuah foto. Tapi, hal ini menjadi masalah yang seringkali dijumpai oleh para fotografer pemula.

Biasanya hasil foto yang tidak tajam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah karena guncangan dan kurangnya informasi tentang pengaturan kamera sehingga membuatnya tidak pas.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dipelajari oleh para pemula untuk mendapatkan hasil foto yang lebih tajam atau tidak mengalami blur.

Dalam fotografi dikenal dengan istilah 'tack sharp' yaitu foto yang menunjukkan objek utama yang fokus, lebih detail atau bisa dikatakan terlihat tajam.

Nah, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk membuat foto yang tajam dan lebih jelas sebagaimana dirangkum dari laman Shutterbug dan B&H:

1. Gunakan Aperture Rendah

Ada baiknya saat menginginkan foto yang lebih tajam, bisa menggunakan aperture atau bukaan rendah antara F/8, F/11, atau F/16.

Sebab, jika apertur terbuka sangat lebar, dapat memungkinkan cahaya masuk dari segala arah ke dalam lensa. Sehingga pencahayaan pun jadi tidak teratur dan membuat lensa sulit untuk fokus.

Tentunya, apertur ini juga harus disesuaikan dengan pengaturan lain seperti ISO dan shutter speed agar komposisi yang dihasilkan bisa lebih baik.

Selain itu, penggunaan aperture ini juga dapat mempengaruhi depth of field (bokeh), rentang fokus pada foto yang akan dibidik oleh lensa kamera.

Baca Juga: Bagaimana Cara Foto yang Bagus Pakai iPhone Agar Hasilnya Seperti DSLR

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular